Greek Yogurt: Kenali Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Greek Yogurt: Kenali Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

20 May 2021 by kreditpintar
greek yogurt

Seperti banyak jenis Yogurt pada umumnya, Greek yogurt juga produk imigran. Jenis Yogurt ini pertama kalinya mendarat di AS sekitar 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu, produk susu telah mendapatkan tempatnya sebagai pilihan sarapan sehat yang mudah dan enak. Banyak yang memulai untuk mengubah asupan yogurt nya dari yang biasa ke yogurt khas Yunani ini karena dipercaya memiliki gizi yang lebih baik. 

Perbedaan tekstur

Tekstur yogurt khas Yunani yang lembut, halus, dan sedikit kental terasa nyaman tetapi memanjakan lidah. Rasanya yang asam dan cukup manis membuat penasaran namun Sobat Pintar akan ketagihan. Dan di antara probiotik ramah usus, lemak sehat, dan protein pembentuk otot, ia menawarkan tampilan kegunaan bagi kesehatan yang mengesankan.

Semua orang selalu berbicara tentang betapa enaknya yogurt ini, tetapi apa itu benar? Yogurt khas Yunani lebih berisi daripada yogurt biasa, membuatnya lebih kental dan lebih lembut. Karena produsen membuang lebih banyak whey, yang merupakan komponen cair susu, Sobat Pintar akan mendapatkan produk yang teksturnya lebih padat. Kekentalan murni dari jenis yogurt inilah yang membuatnya banyak disukai karena memiliki perbedaan yang utama daripada yogurt tradisional pada umumnya yaitu pada kekentalannya. 

Kandungan nutrisi protein yang tinggi, rendah gula

Yogurt ini juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak protein karena konsentrasinya yang lebih padat. Greek yogurt umumnya memiliki jumlah protein dua kali lipat jika dibandingkan dengan yogurt biasa. Ini membuatnya sedikit lebih ‘padat nutrisi’ di tiap 100 gramnya yang berarti akan membantu membuat Sobat Pintar kenyang, lebih lama. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan produk ini jika Sobat Pintar ingin melakukan diet tanpa khawatir kelaparan. 

Selain tinggi protein, yogurt jenis Ini lebih rendah gula. Hal ini disebabkan oleh produsennya menyaring whey yang berarti akan ada lebih sedikit karbohidrat dan juga mengurangi kadar gula di dalamnya. Tinggi protein, rendah kalori, sedikit karbohidrat, rendah gula dan juga enak adalah salah satu bentuk makanan yang sangat ideal untuk diet model apapun. Bahkan jika Sobat Pintar mengkonsumsinya lebih dari 100 gram, tidak akan bermasalah. 

Ini juga lebih rendah laktosa. Laktosa adalah sejenis gula, jadi karena yogurt khas Yunani memiliki lebih sedikit gula, ia juga memiliki lebih sedikit laktosa daripada yogurt tradisional. Orang yang sensitif terhadap laktosa dapat mentolerirnya lebih baik daripada yogurt tradisional. 

Banyak yogurt yang dijual di pasaran tidak ditambahkan gula. Jika Sobat Pintar ingin mencari sensasi manis saat mengkonsumsinya, Sobat Pintar bisa menambahkan beberapa potongan buah yang segar dan manis. Yogurt dan buah tidak pernah salah. Sensasi segar dan manisnya akan jauh lebih refreshing ketimbang Sobat Pintar memakannya dalam keadaan terpisah. Perpaduan yogurt dan buah akan menekan sugar craving Sobat Pintar yang bisa sangat berguna bagi tubuh Sobat Pintar. 

Apa manfaat kesehatannya?

Yogurt khas Yunani bukan hanya pengganti yang bagus untuk sereal sarapan manis Sobat Pintar. Rasio protein dan karbohidratnya menjadikannya camilan pasca-workout yang ideal. Tingginya protein ini untuk memperbaiki otot dan mengisi kembali simpanan energi yang dihabiskan. Ditambah lagi, kandungannya yang penuh lemak bisa menjadikannya sebagai makanan penstabil nafsu makan untuk memadamkan peak craving pada jam 3 sore.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, yogurt jenis ini memiliki kebaikan yang signifikan untuk membantu perjalanan Sobat Pintar menuju berat badan yang ideal. Para peneliti telah menemukan bahwa menambahkan camilan yogurt rendah gula dan protein tinggi ke dalam makanan harian Sobat Pintar dapat membantu mendorong upaya penurunan berat badan. Hal ini akan berguna untuk meningkatkan metabolisme dan meminimalkan rasa lapar.

Cara memilih

Semua Greek yogurt bisa dikatakan aman dan sehat jika memenuhi kriteria nutrisi. Berikut beberapa syarat jika Sobat Pintar ingin mendapatkan kegunaan dari yogurt jenis ini lebih maksimal:

Tidak ada gula tambahan

Karena yogurt khas Yunani cenderung lebih padat dan lebih asam daripada yogurt tradisional, produsen dengan cepat menambahkan pemanis. Pakar nutrisi mendesak agar lebih berhati-hati dengan yogurt yang memiliki rasa manis. Sangat penting untuk mendapatkan yogurt yang benar-benar tanpa pemanis.  Karena sebenarnya banyak yogurt yang memiliki tambahan gula sebanyak es krim. Penambahan pemanis dalam yogurt ini tentu akan sangat mengganggu kualitas dan manfaat dari yogurt itu sendiri. 

Pilihlah lemak 2% atau yogurt susu utuh jika Sobat Pintar bisa 

Lemak itu mengenyangkan, dan itu bisa membuat Sobat Pintar kenyang lebih lama. Plus, ini akan membantu Sobat Pintar menyerap vitamin tertentu yang larut dalam lemak seperti vitamin D dan E. Yogurt tanpa lemak mungkin juga memiliki lebih banyak zat tambahan atau pemanis tambahan untuk mengganti tekstur dan rasa yang hilang saat Sobat Pintar. 

Sobat Pintar juga bisa makan tanpa lemak sesekali. 

Ahli gizi biasanya menyarankan untuk mengkonsumsi lemak susu. “Lemak susu mengandung lemak yang lebih sehat”, seperti asam linoleat terkonjugasi (yang terlihat mencegah penambahan berat badan) dan rendah asam lemak omega 6 (yang meningkatkan peradangan). Tetapi jika Sobat Pintar ingin mengawasi asupan lemak harian Sobat Pintar, kami merekomendasikan untuk menonaktifkan antara 0% dan 2% yogurt berlemak. 

Dengan bergantian antara varietas 0 dan 2%, Sobat Pintar pasti akan menjaga asupan lemak Sobat Pintar secara keseluruhan. Di samping itu Sobat Pintar juga mendapatkan beberapa manfaat positif dari lemak sehat

Pilih yang plain

Biasakan untuk memilih yogurt khas Yunani polos daripada yogurt manis. Hanya karena Sobat Pintar membeli yogurt tanpa rasa, bukan berarti Sobat Pintar harus memakannya tanpa rasa. Sobat Pintar bisa menambahkan buah atau rasa Sobat Pintar sendiri, seperti beri, kacang-kacangan, kayu manis, dan vanilla. 

Cara Membuat

Jika Sobat Pintar ragu dengan kandungan tambahan apa saja yang berada di pasaran, Sobat Pintar bisa membuatnya sendiri. Cara-caranya cukup mudah, berikut cara membuat yogurt khas Yunani:

  1. Panaskan susu dengan menggunakan suhu sekitar 80 C
  2. Biarkan susu dingin dan jangan menggunakan panci atau wadah stainless steel. 
  3. Tambahkan bibit yogurt atau biang yogurt. Pastikan sisi mangkuk yang menjadi wadah yogurt ini sudah dingin. 
  4. Pindahkan ke wadah kaca dan hangatkan yogurt Sobat Pintar selama 4 sampai 12 jam. Tutup dengan tutup kaca lalu masukkan dalam oven yang sudah diatur suhunya 42 C. Suhu tersebut adalah suhu umum yang biasa digunakan untuk membuat yogurt. Proses tersebut dinamakan proses fermentasi
  5. Setelah semalaman hangat, paginya Sobat Pintar bisa menyaring yogurt yang sudah difermentasi. Teksturnya sudah berbeda dan tidak cair lagi. Tekstur susunya mulai berubah seperti custard. Biarkan yogurt berada di atas saringan kain sampai benar-benar kering. Untuk tingkat konsistensinya sesuai selera Sobat Pintar. Biarkan proses penirisan yogurt hingga beberapa jam di kulkas sampai tekstur yogurtnya kental. 
  6. Setelah mencapai tekstur yang diinginkan, Sobat Pintar sudah bisa menyajikan yogurt khas Yunani homemade.

Itulah beberapa ulasan mengenai greek yogurt dan cara membuatnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk