Ekonomi Indonesia Diprediksi Naik 4% di Kuartal II 2021

Ekonomi Indonesia Diprediksi Naik 4% di Kuartal II 2021

15 Feb 2021 by Andro
ekonomi indonesia

Tahun 2021, Negara Indonesia masih dihadapkan dengan masalah yang sama dengan tahun lalu, yaitu pandemi covid-19. Angka penyebaran corona yang masih tinggi menjadi penghambat laju ekonomi Indonesia dan berdampak pada pendapatan negara.  Bahkan per November 2020 lalu, pendapatan negara hanya Rp. 1.423 triliun artinya turun 15,1%. Kondisi seperti ini menimbulkan defisit APBN. Akan tetapi Menteri Keuangan, Sri Mulyani optimis bahwa ekonomi Indonesia akan perlahan membaik di tahun 2021.

Optimisme ini harus dimiliki oleh stakeholder yang berkepentingan, seperti pelaku usaha dan pemerintah. Banyak kebijakan-kebijakan baru yang diambil untuk memulihkan perekonomian Indonesia. Pemulihan perekonomian Indonesia dapat dilihat dari meningkatnya arus perdagangan global, investasi dan daya konsumsi masyarakat.  Proyeksi pemulihan ekonomi Indonesia diprediksi akan berjalan positif hingga 4,8 % – 5,8 % di kuartal II nanti.

Kendati demikian, data inflasi masih lambat, per Januari 2021 baru mencapai 0,26%. Padahal jika dibandingkan dengan inflasi bulan Desember 2020 lalu mencapai 0,45%.  Akan tetapi Pemerintah sudah memiliki strategi untuk menjaga inflasi di tahun 2021. Apa saja itu?

5 Strategi Pemerintah dan Bank Indonesia Menjaga Inflasi 2021

  1. Pertama, menjaga inflasi pada kelompok bahan pangan bergejolak / volatile food di dalam kisaran 3-5 %.

Hal ini perlu dilakukan demi memperkuat 4 pilar strategi selama pandemi ini, antara lain :

  • Keterjangkauan harga
  • Ketersediaan pasokan
  • Kelancaran distribusi
  • Serta komunikasi efektif

Pemerintah berupaya untuk menjaga ketersediaan stok  dan kelancaran distribusi pangan menjelang Ramadhan bulan April mendatang. Hal ini dilakukan  guna mengantisipasi kenaikan permintaan dan harga barang. 

  1. Kedua, Perkuat koordinasi di antara pemerintah daerah dan pusat.

Langkah yang diambil adalah menyelenggarakan rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi bertajuk  “Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan Melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan”.

  1. Ketiga, perkuat sinergi antara Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah dalam menyukseskan program kerja TPIP 2021
  2. Keempat, perkuat ketahanan pangan nasional, dengan cara meningkatkan produksi. Selain itu, demi menjaga kelancaran distribusi pangan pemerintah berupaya untuk  mengoptimalkan pembangunan infrastruktur.
  3. Kelima, menjaga ketersediaan stok beras dan stabilitas harga demi mendukung program pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). PPKM merupakan salah satu cara yang diterapkan pemerintah sebagai ganti PSBB, guna memutus penyebaran virus covid-19.

Selain kelima cara di atas, peran UMKM juga turut membantu pemulihan perekonomian Indonesia. Kehadiran UMKM dianggap sebagai solusi dari krisis ekonomi yang sedang dihadapi Indonesia.  Sebab, UMKM dapat menyumbang kurang lebih 60% Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia.

Berikut 10 ide usaha UMKM yang menjanjikan keuntungan dan mudah untuk dilakukan:

10 Ide Usaha UKM Yang Mudah dan Menjanjikan

ekonomi membaik

1.    Bisnis Furnitur

Salah satu usaha furniture yang bisa dicoba dengan modal kecil adalah pembuatan kursi dari krat botol atau drum bekas. Kamu bisa mencari krat botol/ drum bekas dari toko loak, kemudian hias menjadi kursi cafe yang ikonik. Tawarkan produk tersebut melalui jejaring sosial.

2.    Bisnis busana muslim

Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, cocok sekali jika mencoba jualan busana muslim. Busana muslim atau perangkat sholat merupakan komoditas yang paling dicari ketika Ramadhan. Kamu bisa mulai menjual hijab, gamis, atau baju koko.

3.    Jual makanan atau minuman kekinian.

Di tengah pandemi, bisnis yang seolah tidak pernah sepi pembeli adalah makanan/ minuman kekinian. Meski ada aturan PPKM terkait jam buka operasional restoran, Kamu tetapi bisa melayani penjualan dengan sistem antar atau bawa pulang.

Selain itu, Kamu juga bisa mencoba untuk jualan frozen food yang diminati pembeli karena kepraktisannya. Perlu diketahui, jual makanan beku dengan bumbu lengkap sedang tren belakangan ini. 

4.    Jualan sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan makanan pokok yang sehat dan kaya manfaat. Di tengah pandemi, sepertinya cocok jika menjual sayur dan buah secara online. Banyak orang mencari sayur dan buah sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas. Manfaatkan peluang ini sebagai ide usaha.

5.    Usaha perbengkelan

Jika Kamu mempunyai skill di bidang otomotif, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka usaha otomotif. Kamu bisa merekrut 1 atau 2 orang sebagai teknisi ahli.

6.    Usaha kurir

Era digital lekat dengan hal yang serba online. Apa saja bisa dijual-belikan secara online, hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha jasa kurir/ antar barang. Manfaat peluang tersebut, buka bisnis kurir dengan tawaran yang berbeda dari lainnya.

7.    Ide usaha Barang antik/ khas daerah

Ide usaha barang antik/ khas daerah cocok dijalankan di sekitar destinasi wisata.  Sebab para wisatawan akan membutuhkan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai hadiah buat keluarga atau kenangan.

Kamu bisa menjual barang antik atau yang menjadi ciri khas destinasi wisata tersebut.

8.    Ide usaha kecantikan

Banyak perempuan mendambakan memiliki kulit, wajah atau bentuk tubuh yang bagus. Hal ini bisa menjadi peluang  bagus untuk membuka rumah/ klinik kecantikan. Kamu bisa menggandeng tenaga ahli profesional untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

9.    Usaha jualan tanaman

Bisnis jual beli tanaman belakangan ini sedang diminati masyarakat Indonesia. Kamu bisa mulai membudidayakan tanaman hias yang banyak dicari, seperti monstera, kaktus, janda bolong dan lainnya.

10. Usaha aksesoris gadget

Zaman sekarang, semua orang pasti memiliki gadget, baik dari anak muda hingga dewasa. Bisnis jual pernak pernik kebutuhan gadget cukup menjanjikan. Pastikan kamu mendapatkan supplier yang berkualitas.

Itulah ide bisnis UMKM yang bisa dilirik dan dicoba. Jika membutuhkan pinjaman tunai, Kamu bisa unduh aplikasi Kredit Pintar dan mengajukan pinjaman uang. Syarat yang mudah dan proses cepat dapat membantumu memperoleh tambahan modal untuk membuka bisnis UMKM.

Apa saja syarat pengajuan pinjaman uang di Kredit Pintar?

Kredit pintar merupakan salah satu aplikasi pinjaman tunai yang siap membantu memenuhi segala kebutuhan dan membuatmu mandiri secara finansial. Tanpa agunan seperti di lembaga keuangan perbankan, mengajukan pinjaman uang di Kredit Pintar syaratnya cukup mudah, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP asli
  • Berdomisili di Indonesia. Perlu di ketahui, Kredit Pintar menjangkau nasabah dari seluruh Indonesia, baik di kota besar hingga pedesaan. Jadi siapapun yang tinggal di Indonesia dan memiliki e-KTP dapat mengajukan pinjaman tunai di sini.
  • Memiliki HP android dan kuota internet yang mencukupi, karena proses pengajuan dilakukan melalui online
  • Mempunyai rekening atas nama sesuai KTP
  • Berusia maksimal 55 tahun pada saat pengajuan

Setelah syarat di atas terpenuhi, silakan unduh aplikasi pinjaman tunai Kredit Pintar di Google Play. Lakukan registrasi dengan mendaftarkan nomor ponsel. Isi beberapa pertanyaan dengan jujur, agar proses pengajuan pinjaman uang disetujui. Kurang dari 24 jam, dana akan dikirim ke rekeningmu.

Limit pinjaman tunai yang ditawarkan cukup beragam, mulai Rp. 600 ribu hingga puluhan juta rupiah. Semua informasi terkait pinjaman tunai dapat dilihat secara transparan di aplikasi, termasuk biaya layanan, tanggal jatuh tempo dan nominal pengembalian. Jangan telat membayar tagihan agar berpeluang mendapatkan hadiah menarik.

Demikianlah beberapa informasi lengkap, semoga bermanfaat dan dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia. Selamat mencoba!