Efek Kurang Tidur Pada Fisik dan Kesehatan Mental

Efek Kurang Tidur Pada Fisik dan Kesehatan Mental

12 May 2021 by kreditpintar
efek kurang tidur

Idealnya orang dewasa usia 18-64 tahun tidur selama 7-9 jam dan memiliki pola tidur yang baik dengan cara bangun dan tidur pada jam yang sama. Sebagai contoh, kita bisa mengatur kebiasaan untuk tidur jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi setiap harinya. Namun sayangnya semakin kita beranjak dewasa kualitas dan kuantitas tidur kita menurun dibandingkan saat kita masih kecil. Hal tersebut diakibatkan oleh tuntutan pekerjaan ataupun tugas sekolah sehingga banyak dari kita yang dituntut untuk begadang. 

Memiliki pola tidur dan durasi tidur yang buruk berpotensi bagi kita untuk kurang tidur yang dapat berefek pada kesehatan fisik dan mental kita. Efek kurang tidur sangatlah beragam dan dalam jangka panjang, kekurangan waktu tidur berpengaruh pada organ-organ tubuh. 

Efek kurang tidur bagi kesehatan fisik 

Saat tidur, organ-organ tubuh kita tidak berhenti bekerja. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu organ tubuh sedang bekerja. Menurut ilmu pengobatan Tiongkok, pada pukul 23.00 – 03.00 merupakan waktu kerja organ hati atau liver untuk membuang racun hasil sisa metabolisme selama seharian digunakan. Selain itu pada jam tersebut organ hati melakukan proses regenerasi sel-selnya. Sebaiknya pada periode tersebut kita sudah berhenti beraktivitas dan bersiap untuk tidur. Jika tidak, hal tersebut dapat mengganggu dan memberatkan organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi sehingga menumpuk racun pada tubuh. 

Tidak hanya organ hati atau liver, paru-paru kita juga melakukan proses detoksifikasi pada jam-jam tersebut. Setiap saat kita bernapas, udara yang dihirup pasti bukan hanya oksigen saja namun kita juga pasti menghirup berbagai macam gas. Akibat dari waktu tidur yang kurang cukup pada jam 23.00-03.00 tidak hanya merusak 1 organ saja namun ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan jangka panjang organ yang lainnya juga.

Efek kurang tidur yang langsung terasa adalah pusing, susah berkonsentrasi dan tubuh terasa lelah. Hal tersebut wajar dirasakan oleh orang yang kekurangan waktu tidur karena jika kita kurang tidur maka tekanan darah kita meninggi sehingga dapat mengganggu aktivitas fisik di siang hari. 

Efek kurang tidur bagi kesehatan mental 

Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, kurang tidur juga dapat berpengaruh pada emosi. Biasanya orang yang kurang tidur menjadi lebih sensitif dan lebih mudah marah karena otak bagian amygdala yang berfungsi untuk mengendalikan emosi terganggu. 

Saat tidur, tubuh menjadi rileks dan santai sehingga saat bangun tidur kita menjadi lebih segar. Hal tersebut tidak berlaku jika kita kurang tidur, sebaliknya, jika kita kurang tidur dapat menyebabkan stress yang lebih parah karena tubuh merasa masih lelah dan waktu untuk pemulihan belum tercukupi. 

Kurang tidur dapat memperburuk beberapa penyakit mental seperti bipolar, depresi, dan gangguan kecemasan. Pada penyakit bipolar, saat fase depresi waktu tidur menjadi lebih lama karena merasa putus asa, depresi dan tidak berharga. Sedangkan saat fase mania, seseorang dengan penyakit bipolar merasa semangat dan bisa tidak tidur sama sekali. Maka pola tidur yang teratur dapat meredakan pasien bipolar. 

Bagaimana cara menghindari kurang tidur ? 

Mengatur dan menentukan pola tidur adalah saran yang terbaik untuk menghindari kurang tidur. kemudian disarankan 1 jam sebelum waktu tidur untuk tidak menggunakan perangkat elektronik karena sinar biru dari layer elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai pemicu rasa kantuk. 

Sebelum tidur sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kafein yang langsung cair dalam tubuh atau makan makanan yang berat. Makan malam sebaiknya tidak lebih dari jam 19.00 karena pencernaan memerlukan waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur. 

Demikian akibat dari waktu tidur yang kurang cukup bagi kesehatan fisik dan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari hingga berefek jangka panjang. Jika kesulitan tidur dirasa sangat mengganggu dan tidak dapat disembuhkan sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter ahli.

Gawatnya kurang tidur sama dengan gawatnya dengan ketika Sobat Pintar kekurangan dana di saat genting. Jika hal itu terjadi, maka inilah saatnya Sobat Pintar gunakan aplikasi Kredit Pintar untuk dapatkan pinjaman cepat cair. Download aplikasinya sekarang juga, hanya di Play Store.

kredit pintar