Dianggap Menghambat, Fintech Justru Bisa Membantu Pengusaha UMKM

03 Apr 2018 by Edwin

Beberapa orang mengatakan bahwa teknologi keuangan menghambat laju perkembangan UMKM sehingga banyak pengusaha kecil yang terpaksa gulung tikar. Benarkah demikian? Tentunya hal ini harus dilihat dari berbagai sisi.

Pada dasarnya, kesuksesan dan kegagalan dari membangun sebuah usaha tidak dapat terjadi hanya karena 1-2 faktor saja. Adapun beberapa faktor kegagalan dalam membangun bisnis, terutama UMKM antara lain adalah:

  • Ketidakmampuan membaca gerakan dan potensi pasar
  • Buta teknologi untuk memaksimalkan pasar
  • Tidak mendapatkan modal yang cukup untuk bertahan di persaingan bisnis
  • Ketidakcakapan dalam memimpin/mengelola suatu usaha

Oleh sebab itu, dalam memastikan perkembangan UMKM yang sedang dibangun, sudah seharusnya Sobat Pintar tidak terjebak pada jargon bahwa teknologi keuangan menghambat laju perkembangan UMKM.

Justru sebaliknya, teknologi keuangan jika digunakan secara bijak justru dapat meningkatkan UMKM.

Benarkah anggapan teknologi keuangan menghambat laju perkembangan UMKM merupakan sesuatu yang keliru?

Ya, adapun beberapa alasannya antara lain adalah:

  • Teknologi keuangan dapat memberi kemudahan modal membangun usaha
  • Teknologi keuangan menjadi solusi tambahan modal untuk mengembangkan sayap bisnis

Yang terpenting untuk dilakukan pengusaha UMKM adalah menggunakan pinjaman modal dari fintech/ teknologi keuangan secara bijak.

Ya, bagaimanapun juga meminjam uang harus pintar dalam memilih penyedia modal, dan bijak dalam menggunakan dana tersebut. Oleh sebab itu, Sobat Pintar harus:

  1. Memilih Fintech dengan Bijak
    Banyak fintech yang bermunculan dewasa ini. Namun Sobat Pintar harus memilih fintech yang memberikan kemudahan dalam proses peminjaman, kemudahan dalam pembayaran angsuran pinjaman, dan kejelasan biaya-biaya tambahan yang mungkin terjadi di masa depan. Jangan sampai terlena dengan besarnya jumlah pinjaman dan melupakan hal-hal lain yang penting.
  2. Memilih Pinjaman yang Sesuai dengan Kebutuhan
    Ada beberapa orang yang meminjam uang namun sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan.Ketika Sobat Pintar membutuhkan dana sebesar 20 juta, namun dana yang didapat hanya 10 juta. Hal ini tentu akan sangat berbahaya dalam pengembangan usaha. Memaksakan pengembangan usaha dengan dana yang kurang justru akan menyebabkan usaha tersendat di tengah jalan.Ketika modal sudah habis, mungkin saja usaha Sobat Pintar belum jalan karena perencanaan yang kurang. Dan ini menyebabkan Sobat Pintar berpotensi terjebak ke dalam jerat pendanaan dari selalu direpotkan oleh proses penagihan.

Oleh sebab itu, sudah saatnya melupakan anggapan keliru bahwa teknologi keuangan atau fintech menghambat laju perkembangan UMKM. Hal yang terjadi justru sebaliknya, mulailah memanfaatkan fintech untuk meningkatkan usaha UMKM yang sedang Sobat Pintar bangun.

Butuh pinjaman uang untuk mulai membangun atau mengembangkan UMKM Sobat Pintar? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://bit.ly/KePiBLG

mobile-closeKredit PintarDownload