CPNS 2021 Semakin Dekat, Bagaimana Cara Cepat Urus SKCK Online?

13 Feb 2021 by Andro
Cara Cepat Urus SKCK Online

Setelah ditiadakan pada 2020, akhirnya seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka kembali di tahun ini. Pengumuman ini disambut dengan sukacita oleh banyak pencari kerja yang selama ini menganggur dikarenakan pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini.

Tahapan seleksi penerimaan CPNS melalui tiga proses, yang diawali dengan tahapan seleksi administrasi. Pada tahapan ini, para calon pelamar diwajibkan mengumpulkan beberapa dokumen pribadi, yang salah satunya adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian. 

Selain pada seleksi CPNS, dokumen SKCK juga digunakan pada seleksi kerja perusahaan-perusahaan lainnya. Dokumen ini diperlukan untuk mengetahui apakah calon pelamar memiliki rekaman catatan kriminal.

Lalu, bagaimana cara mengurus SKCK ini? Apakah benar saat ini SKCK bisa diurus secara online? Simak terus penjelasan cara cepat urus SKCK online berikut ini.

Cara Cepat Urus SKCK Online

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan, ada beberapa langkah cara cepat urus SKCK online. Adapun tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan dokumen-dokumen pribadi, seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, Pas Foto Ukuran 4×6 dengan latar belakang merah, rumus sidik jari, dan surat pengantar kelurahan.
  2. Buka website resmi pembuatan SKCK online (https://skck.polri.go.id/)
  3. Pada tampilan awal, di pojok kanan atas, pilih “Form. Pendaftaran”
  4. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada sebuah halam dengan formulir untuk diisi. Pilihlah layanan sesuai dengan keperluan pengurusan SKCK, serta wilayah kesatuan. Pada formulir yang sama juga isilah alamat lengkap (sesuai dengan KTP) serta cara pembayaran.
  5. Setelah mengisi formulir, pada pojok kanan bawah, pilih “Lanjut”
  6. Pada halaman selanjutnya, kamu perlu mengisi data diri dan informasi fisik.
  7. Unggah dokumen yang sudah disiapkan dalam bentuk digital.
  8. Pilih “Proses”, dan selanjutnya akan diberikan bukti permohonan.
  9. Simpan bukti permohonan tersebut, untuk selanjutnya dibawa ke kantor Kepolisian terdekat. Pada saat pengambilan dokumen SKCK yang asli, kamu akan dimintai rekaman sidik jari.
  10. Sementara berada di kantor di kantor Kepolisian, sebaiknya kamu melegalisir SKCK tersebut, karena beberapa lowongan kerja mempersyaratkan SKCK yang dilegalisir.

Itu dia cara cepat urus SKCK online, sedikit membutuhkan waktu memang, tapi semua proses tadi sangat mudah dan tidak begitu merepotkan. Yang terpenting adalah, sekarang kamu sudah memiliki persyaratan yang dibutuhkan untuk lolos ke tahapan seleksi CPNS selanjutnya.

Selain mempersiapkan persyaratan dokumen untuk seleksi CPNS, sebaiknya kamu juga mempersiapkan Plan B. Hal ini untuk mengantisipasi apabila kamu kurang beruntung pada seleksi CPNS kali ini. Sebagai contoh, kamu bisa memulai usaha kecil-kecilan. Jika kamu kelola dengan baik, usaha ini bisa mendatangkan cuan yang banyak loh. Bahkan kamu bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk para pengangguran Indonesia yang jumlahnya masih sangat banyak.

Tapi kan buka usaha itu butuh modal, dan kalau harus meminjam dana juga tidak punya jaminan. Terkait hal ini, ada yang namanya pinjaman KTA online. Seperti namanya, pinjaman ini memberikan pinjaman tanpa jaminan secara online, jadi kamu tidak perlu repot mendatangi kantornya. Salah satu penyedia pinjaman KTA online yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah KreditPintar.

kredit pintar

KreditPintar selalu hadir sebagai penyedia pinjaman KTA online yang telah membantu jutaan orang. Adapun total pinjaman yang telah diberikan oleh KreditPintar sejak tahun 2018 adalah sebanyak 12 triliun. Dengan begitu, tentunya pendanaan untuk modal usaha kamu sudah bukan hal yang mustahil lagi kan? 

mobile-closeKredit PintarDownload