Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat-obatan

08 Jul 2021 by Laruan

Saat seseorang mengidap diabetes, itu dapat dikarenakan tubuhnya tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Dua-duanya menyebabkan glukosa menumpuk di dalam darah.  Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam gejala dari kelelahan hingga sakit jantung. Ada beberapa cara menurunkan gula darah yang akan kita bahas kali ini. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis.

Ketika gula darah Sobat Pintar terlalu tinggi, cara tercepat yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk menurunkannya adalah dengan fast-acting insulin. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat menurunkan gula darah secara alami. Berikut adalah cara membuat gula darah turun secara alami:

Gula Darah Turun Dengan Cara Berikut

  1. Olahraga rutin

Dengan olahraga secara rutin, berat badan Sobat Pintar akan terjaga dan sensitivitas terhadap insulin juga meningkat. Dengan meningkatnya sensitivitas terhadap insulin, gula di dalam darah tidak akan menumpuk karena sel-sel di tubuh dapat menggunakan ketersediaan gula dengan lebih baik. Olahraga juga membantu otot Sobat Pintar menggunakan gula darah sebagai sumber energi dan pembentukan otot.

Beberapa bidang olahraga yang dapat membantu Sobat Pintar untuk menurunkan gula darah adalah angkat berat, jalan cepat, lari, mendaki, renang, tari dan masih banyak lagi.

Cara Menurunkan Gula Darah Tanpa Obat-obatan
  1. Batasi konsumsi karbohidrat

Tubuh Sobat Pintar memproses karbohidrat menjadi glukosa, setelah itu insulin akan membantu tubuh Sobat Pintar untuk mengubahnya menjadi energi. Ketika Sobat Pintar memakan terlalu banyak karbohidrat atau Sobat Pintar memiliki masalah dengan insulin, maka proses tersebut gagal yang membuat level gula darah Sobat Pintar naik.

Jadi, cara menurunkan gula darah yang kedua adalah dengan menjaga dan memperhatikan konsumsi karbohidrat.

  1. Tingkatkan asupan serat

Dengan asupan serat yang cukup dapat menyeimbangkan kadar gula darah dengan efektif. Secara alami, serat memperlambat penyerapan gula dan karbohidrat di dalam tubuh. Sehingga, hal ini dapat mengurangi risiko diabetes.

Ini adalah beberapa makanan yang tinggi serat:

  1. Sayur-mayur
  2. Buah-buahan
  3. Kacang-kacangan
  4. Gandum utuh

Asupan serat dalam satu hari yang direkomendasikan adalah sekitar 25 gr untuk perempuan dan 38 gr untuk laki-laki atau sekitar 14 gr untuk setiap 1.000 kalori.

  1. Minum air yang banyak

Dengan meminum air yang cukup dipercaya dapat membantu gula darah Sobat Pintar berada di level aman. Selain membuat tubuh Sobat Pintar terhidrasi dengan baik, minum cukup air juga dapat membantu ginjal membuang gula yang berlebih melalui urine. 

Cara membuat gula darag turun dengan minum air ini juga dikuatkan dengan sebuah penelitian. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang minum cukup air punya risiko yang lebih kecil terkena gula darah tinggi.

  1. Tidur yang cukup

Untuk Sobat Pintar yang suka begadang, ada baiknya untuk dikurangi. Tidur yang cukup adalah cara menurunkan gula darah yang sederhana namun cukup efektif. Bukan tanpa sebab, kebiasaan begadang dan kurang istirahat dapat berdampak pada naiknya gula darah dan menurunnya sensitivitas terhadap insulin.

Hal tersebut dikarenakan naiknya nafsu makan yang menyebabkan berat badan bertambah. Selain itu, kurang tidur juga menurunkan produksi dari hormon pertumbuhan serta menaikkan level cortisol. Kedua hal tersebut mempunyai peran yang penting dalam kestabilan gula darah sehingga perlu dijaga dengan tidur yang cukup.
Itulah beberapa cara menurunkan gula darah yang alami dan sederhana. Jika Sobat Pintar ingin melakukan perubahan kebiasaan untuk hidup sehat dan menurunkan risiko gula darah tinggi, pastikan untuk konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional. Ini sangat penting dilakukan terlebih jika Sobat Pintar memiliki masalah dengan gula darah atau sedang dalam pengobatan untuk menurunkan gula darah. Kredit pintar siap membantu Sobat Pintar untuk berkonsultasi dengan tenaga medis yang handal. Caranya sangat mudah dan prosesnya cepat, tidak perlu menunggu lama untuk hidup yang lebih sehat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload