Banyak Waktu Luang? Ini Cara Mendapatkan Uang Bagi Mahasiswa

13 Sep 2018 by Edwin

Nggak kerasa, tahun ajaran baru udah dimulai. Bagi mahasiswa, kesibukan di kampus pun udah mulai terasa lagi. Baik dari kelas tiap hari maupun kegiatan kemahasiswaan. Riuh mahasiswa baru juga pasti terdengar. Mulai dari yang heboh ngomongin kelas jam 7 pagi hingga yang kaget ngekos karena merantau.

Salah satu persoalan serius yang sering dikeluhkan mahasiswa adalah masalah keuangan. Kebanyakan mahasiswa masih bergantung pada uang saku bulanan yang diberi orang tua. Padahal, banyak cara mendapatkan uang yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Artikel ini akan memberi tahu beberapa cara mendapatkan uang agar mahasiswa tidak bergantung pada uang saku saja.

Kerja sampingan

Dengan waktu luang yang dimiliki dan kebebasan mengatur waktu sendiri yang dimiliki, kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan dengan kerja sampingan tentu lebih banyak. Cara mendapatkan uang dengan kerja sampingan bisa dilakukan dari dalam kampus. Misalnya? Menjadi asisten dosen.

Banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan menjadi asisten dosen. Kamu gak perlu belajar materi lama karena sudah belajar untuk mengajarkan materi tersebut. Kamu juga akan terkenal di kalangan adik angkatan dan dapat predikat sebagai mahasiswa pintar dan teladan. Selain itu, yang paling penting adalah Kamu akan mendapat penghasilan tambahan dari kerja sebagai asisten dosen.

Selain jadi asdos, buat Kamu yang ingin merasakan kerja di luar kampus, kerja part time juga bisa dilakukan. Banyak tempat yang memang membuka lowongan part time khusus untuk mahasiswa. Keuntungannya? Selain mendapat uang tambahan yang lumayan, Kamu dapat pengalaman di dunia kerja. Kamu juga bisa memperluas networking yang akan berguna nantinya.

Kerja freelance

Kalau masih ingin jadi mahasiswa unggul dengan IPK sempurna sekaligus jadi mahasiswa aktif, cara mendapatkan uang dengan kerja freelance cocok dilakukan di tengah padatnya jadwal kelas dan rapat kegiatan. Banyak kerja freelance yang bisa dikerjakan, mulai dari buka jasa sendiri hingga kerja freelance yang ditawarkan perusahaan. Banyak keuntungan yang bisa dirasakan dari kerja freelance. Namun Kamu juga perlu hati-hati dalam mengatur keuangan saat bekerja freelance, karena penghasilan kerja freelance tak menentu.

Buka usaha sampingan

Kalau Kamu punya jiwa wirausaha dan bercita-cita menghindari pekerjaan kantoran selepas kuliah, buka usaha saat masih jadi mahasiswa bisa cara dapat uang sekaligus gerbang untuk membangun usaha yang menguntungkan. Misal buka usaha makanan yang yang mengikuti tren di media sosial. Atau bisa juga membuka bimbel, yang selain bisa jadi sumber pemasukan juga bisa memberi dampak positif bagi anak-anak masyarakat sekitar.

Memang sih, membuka usaha pada saat masih kuliah akan menjumpai berbagai tantangan. Misal tantangan dalam membagi waktu atau keterbatasan modal. Namun jika usaha tersebut berhasil, usaha ini dapat menjadi tangga yang menghantarkan menuju kesuksesan.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload