Cara Memerahkan Bibir dan Macam-Macam Bahan Alami

26 Aug 2021 by Laruan

Terdapat beberapa cara memerahkan bibir yang bisa Sobat Pintar coba sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang berada di sekitar Sobat Pintar, Sobat Pintar dapat membuat warna bibir Sobat Pintar merah merona sehingga mampu mempercantik diri Sobat Pintar. 

Cara Memerahkan Bibir dan Macam-Macam Bahan Alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Bibir merah merona adalah impian setiap wanita. Terlalu banyak menggunakan lipstik dapat membuat warna bibir menjadi hitam dan kusam. Oleh karena itu, bibir membutuhkan perawatan agar tetap merah dan sehat. Berikut merupakan cara untuk membuat bibir Sobat Pintar merah merona :

1.Minum Air Putih Yang Cukup

Cara pertama untuk memerahkan bibir cukup sederhana untuk Sobat Pintar lakukan. Sobat Pintar hanya perlu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh Sobat Pintar. Kekurangan cairan dalam tubuh adalah salah satu faktor penyebab warna bibir menjadi hitam karena tidak terhidrasi sempurna.

Oleh sebab itu, Sobat Pintar harus memenuhi kebutuhan harian asupan cairan tubuh yaitu minum air 8 gelas per hari. Bibir yang terhidrasi dengan baik akan menjadi lembab sehingga mampu mengeluarkan warna merah merona.

2.Mengoleskan Scrub Pada Bibir 

Sobat Pintar dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Sobat Pintar untuk membuat bibir berwarna menjadi berwarna merah. Beberapa bahan alami yang memiliki kemampuan memerahkan bibir antara lain seperti lemon, madu, dan gula pasir. 

Artikel menarik lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

3.Mengeksfoliasi Bibir

Eksfoliasi adalah sebuah proses mengangkat sel kulit mati. Dengan cara ini, sel kulit mati akan mengelupas dan memperbarui kulit pada bibir sehingga menjadi terlihat lebih merah. Sobat Pintar bisa menggunakan lip balm untuk melakukan eksfoliasi pada bibir. Oleskan lip balm secara teratur pada bibir Sobat Pintar. 

Waktu terbaik untuk melakukan eksfoliasi kulit yaitu saat malam hari, karena pada malam hari proses eksfoliasi berjalan dengan optimal. Pada proses eksfoliasi, sirkulasi darah pada bibir juga meningkat sehingga merangsang kolagen untuk berproduksi yang mampu memunculkan warna merah pada bibir.

4.Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Sisa kosmetik pada kulit juga mempengaruhi kondisi kulit Sobat Pintar. Sebelum tidur, Sobat Pintar wajib menghapus make up agar wajah Sobat Pintar bersih dan mampu beristirahat di pagi hari. Begitu juga make up pada bibir, Sobat Pintar dapat menghapusnya dengan kapas yang dibasahi dengan air. Membersihkan make up mampu mencegah iritasi pada bibir yang menyebabkan bibir menjadi hitam.

5.Tidak Merokok

Kebiasaan merokok adalah pemicu paling utama dari menghitamnya bibir. Kandungan nikotin pada rokok yang menjadikan bibir tidak merah dan tampak menghitam. Rokok juga menjadi faktor utama penuaan dini yang menghilangkan unsur kolagen pada kulit yang menyebabkan bibir kusam. Oleh karena itu, berhenti merokok adalah salah satu cara untuk mendapatkan warna merah pada bibir.

6.Menggunakan Lip Balm Yang Mengandung SPF

Paparan sinar matahari juga menyebabkan warna bibir menjadi hitam dan tidak merah. Gunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF di dalamnya. Jika bibir Sobat Pintar terkena matahari, bibir Sobat Pintar sudah terproteksi oleh spf pada lip balm sehingga bibir Sobat Pintar tetap merah merona. 

7. Menggunakan Bantuan Vitamin E

Cara yang mungkin sedikit kompleks untuk memerahkan bibir adalah dengan menggunakan bantuan vitamin E. Tersedia beberapa suplemen vitamin E yang mampu mencerahkan permukaan bibir Sobat Pintar. Kegunaan dari vitamin E pada bibir adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bibir hitam.

Bahan Alami Yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Cara Memerahkan Bibir

Dari cara untuk memerahkan bibir di atas, Sobat Pintar dapat melakukan salah satunya yaitu mengoleskan scrub atau bahan alami pada bibir Sobat Pintar. Beberapa bahan tidak sulit dan tersedia di rumah Sobat Pintar, berikut beberapa diantaranya :

1.Lemon

Sobat Pintar dapat menggunakan buah lemon untuk membantu memerahkan warna bibir Sobat Pintar. Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah sitrus, seperti lemon mampu berperan sebagai penghambat melanin. Cara penggunaannya adalah dengan cara menggosokkan potongan buah lemon pada permukaan bibir Sobat Pintar. 

Gosok dengan lembut secara rutin setiap malam hari. Saat pagi hari, Sobat Pintar dapat membilasnya dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, Sobat Pintar dapat memeras air lemon kemudian mencampurkannya dengan madu. Jika dilakukan secara rutin maka dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir Sobat Pintar. 

2.Buah Delima

Dalam sebuah riset, telah dibuktikan bahwa ekstrak buah delima dapat berfungsi memerahkan bibir secara alami. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 1 sendok makan biji buah delima dengan 1 sendok teh air mawar, dan 1 sendok makan krim susu segar.
  • Aduk campuran bahan-bahan tadi hingga berubah menyerupai pasta kental.
  • Pasta kental tersebut akan menjadi masker bibir. Oleskan masker bibir tersebut pada permukaan bibir dengan lembut.
  • Diamkan selama 3 menit.
  • Terakhir bilas masker bibir dengan air dingin. 

Gunakan masker buah delima secara rutin agar hasilnya maksimal untuk bibir Sobat Pintar menjadi merah merona.

3.Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa sudah tidak diragukan lagi dan terbukti secara klinis dapat memerahkan bibir. Khasiat minyak kelapa terhadap masalah kulit sangat kaya karena mengandung antioksidan. Tidak hanya memerahkan, minyak kelapa juga mampu mengobati bibir kering dan pecah-pecah. 

Cara penggunaannya adalah dengan menambahkan 1 sendok gula pada minyak kelapa sebagai scrub. Oleskan scrub tersebut secara lembut pada bibir Sobat Pintar. Gunakan pada malam dan siang hari agar hasilnya maksimal. Sobat Pintar juga dapat mengganti minyak kelapa dengan minyak zaitun dan minyak almond.

4.Gula Pasir

Gula Pasir merupakan bahan yang paling mudah untuk Sobat Pintar cari sebagai bahan alami pemerah bibir. Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok teh gula dengan 2 sendok the margarin. Aduk merata dan oleskan campuran scrub tersebut pada bibir dengan memijatnya perlahan. Diamkan selama 3 sampai 4 menit. 

5.Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangat ampuh. Lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai bahan baku perawatan kulit. Dalam sebuah penelitian, komponen dari lidah buaya memiliki peran dalam penghambatan produksi melanin. Penelitian inilah yang menegaskan bahwa lidah buaya mampu memerahkan bibir. 

Dalam lidah buaya, terdapat kandungan hormone giberelin dan auxin yang memiliki fungsi sebagai anti peradangan dan dapat mengatasi bibir kering. Lidah buaya juga mengandung vitamin E yang mampu mengembalikan kelembapan bibir.

Cara penggunaan lidah buaya pada bibir, adalah dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan bibir. Diamkan hingga mongering, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin.

Artikel menarik lainnya: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Itulah beberapa cara menjaga bibir Sobat Pintar tetap merah merona dan beberapa bahan alami yang mampu memerahkan bibir Sobat Pintar. Bahan-bahan alami untuk memerahkan bibir Sobat Pintar, bisa dengan mudah ditemukan di dapur Sobat Pintar. Penggunaan bahan alami membutuhkan kesabaran dan kedisiplinan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Sobat Pintar yang lebih menyukai hasil yang instan, mungkin akan lebih memilih cara memerahkan bibir dengan produk kecantikan atau perawatan wajah di klinik kecantikan. Tentu perawatan kulit membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, Sobat Pintar tidak perlu khawatir, karena Sobat Pintar dapat mengajukan pinjaman dana online di Kredit Pintar. Prosesnya mudah, hanya dengan mendaftarkan diri di aplikasi Kredit Pintar. Sobat Pintar mampu mengajukan pinjaman tunai hanya dalam waktu 5 menit.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload