Gaji Mepet? Ini Cara Cari Uang Untuk Tambah Budget Liburan Akhir Tahun

06 Oct 2018 by Edwin

Tahun 2018 sudah tinggal 3 bulan, nih. Ada Sobat Pintar yang sudah punya rencana liburan akhir tahun, ada juga yang masih bingung cara cari uang untuk budget liburan. Hari libur akhir tahun bisa Sobat Pintar pakai untuk liburan bareng teman atau pulang ke kampung halaman. Mumpung masih agak jauh, perencanaan liburan yang matang perlu dipersiapkan dari sekarang. Bagi Sobat Pintar yang punya gaji mepet karena sudah mengalihkan uang untuk pos pengeluaran lain, jangan pesimis dulu! Artikel ini akan memberikan tips dan trik cara cari uang untuk menambah budget liburan di akhir tahun!

Sebelum membahas cara cari uang untuk budget liburan, ada hal yang nggak kalah penting nih. Perencanaan liburan. Perencanaan yang matang harus dipersiapkan agar tidak salah langkah dan menderita bokek di kemudian hari. Yang pertama harus dipikirkan adalah destinasi dan dengan siapa saja Sobat Pintar akan berlibur.

Kalau budget sedang mepet, nggak perlu jauh-jauh kok liburannya! Yang paling penting dengan siapa kita berlibur, kan?

Setelah mantap dengan destinasi yang dipilih, lakukan riset perbandingan harga tiket perjalanan pulang pergi dan harga tiket penginapan dari berbagai website. Beli tiketnya juga jangan mepet dengan tanggal berlibur, karena semakin mepet harganya semakin mahal!

Selain riset harga, Sobat Pintar juga perlu riset mengenai apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata tujuan. Buat itinerary yang jelas namun tidak terlalu padat dan masih bisa fleksibel. Kalau semua hal di poin ini sudah matang dipersiapkan, maka Sobat Pintar sudah hampir siap untuk liburan akhir tahun! Ada satu hal yang gak boleh dilupain nih, yaitu budgeting.

Tapi kan waktu tinggal 3 bulan, mungkin nggak sih ada cara cari uang di waktu yang singkat? Tenang, berikut caranya:

Berburu promo tiket perjalanan

Biasanya menuju akhir tahun seperti sekarang ini banyak situs eCommerce yang memberi banyak promo dan diskon tiket perjalanan. Atau ada juga eCommerce yang memberikan harga miring khusus untuk pemesanan bundling tiket perjalanan plus hotel. Kesempatan ini jangan sampai disia-siakan! Memang sih ini bukan cara cari uang untuk tambahan budget liburan, tapi cara ini bisa dipakai untuk memangkas budget transportasi dan akomodasi.

Ikut Open Trip

Opsi yang satu ini bisa Sobat Pintar coba. Nggak perlu pusing lagi mikirin cara cari uang untuk tambahan budget karena biaya Open Trip pada umumnya jauh lebih murah dari paket liburan biasa. Hanya saja mau nggak mau Sobat Pintar harus liburan bareng-bareng orang yang nggak dikenal. Ini bisa jadi sisi positif buat orang-orang berjiwa supel. Namun kalau nggak mau menghabiskan liburan dengan orang asing, hal ini bisa diatasi kok. Sobat Pintar bisa mengajak teman sebanyak mungkin untuk ikutan Open Trip. Dengan begini bisa dehliburan bareng teman-teman dengan harga miring!

Pinjaman uang

Cara cari uang yang satu ini perlu Sobat Pintar pertimbangkan dengan matang. Sampai sekarang pinjam uang untuk keperluan liburan masih menjadi kontroversi. Mengajukan pinjaman uang sebenarnya cara cari uang untuk liburan sebenarnya adalah cara yang relatif. Maksudnya kesiapan setiap orang dalam membayarkan cicilannya berbeda-beda. Ada yang merasa kewajiban untuk bayar cicilan tidak setimpal dengan kebahagiaan yang dirasakan saat liburan. Karena pinjaman uang untuk keperluan liburan dinilai sebagai pengeluaran konsumtif. Meski begitu ada juga yang merasa kalau pinjaman untuk liburan itu perlu dan tidak keberatan untuk membayarkan cicilannya.

Semua keputusan kembali ke dirimu, ya. Kalau Sobat Pintar ingin mengajukan KTA untuk liburan, pastikan penyedia KTA tersebut aman dan terpercaya.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?