Cara Atasi Hutang Menumpuk Tanpa Menimbulkan Masalah

18 Apr 2018 by Edwin

Cara atasi hutang menumpuk adalah dengan melunasinya. Namun bagaimana cara melunasinya adalah sesuatu yang paling penting. Tetapi sebelumnya, Sobat Pintar perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab hutang menumpuk.

Ada beberapa alasan mengapa hutang Sobat Pintar dapat menumpuk, yaitu:

Terlalu sering Berhutang

Kebiasaan menganggap mudah hutang sehingga berhutang kesana kemari akan menyebabkan hutang menjadi bertumpuk-tumpuk. Untuk itu, Sobat Pintar harus mulai berhenti berhutang untuk alasan-alasan yang tidak jelas.

Untuk menghilangkan kebiasaan berhutang ini, beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  • Mengurangi pengeluaran dengan memperketat anggaran harian
  • Mencoba menabung dengan nominal yang lebih besar
  • Jika harus berhutang, carilah yang memang mampu memberikan pinjaman tanpa bunga

Berhutang pada Orang yang Salah

Ada beberapa orang yang berhutang pada penyedia pinjaman, namun pinjaman tersebut bisa memberikan beban masalah pada Sobat Pintar seperti:

  • Bunga yang cukup besar
  • Bunga yang dapat berbunga sehingga tunggakan juga semakin besar
  • Bunga yang dapat berlipat ganda seiring dengan lama tunggakan
  • Dan tukang tagih yang datang terus menerus menyebabkan Sobat Pintar tidak dapat berkonsentrasi

Cara Atasi Hutang Menumpuk Tanpa Menimbulkan Masalah

Oleh sebab itu, cara atasi hutang menumpuk adalah dengan:

  1. Ketatkan Anggaran / Pengeluaran Harian
    Mulailah berhemat. Mulailah menabung. Dan pastikan setiap pengeluaran yang Sobat Pintar lakukan benar-benar untuk hal yang bermanfaat.
  2. Pilihlah Penyedia Utang dengan Bunga Ringan
    Jikalau memungkinkan, carilah pinjaman dengan bunga rendah, atau bahkan 0%. Pinjaman tersebut dapat digunakan untuk melunasi utang berbunga besar.Dengan cara ini, Sobat Pintar dapat terlepas dari jerat utang bunga berbunga.
  3. Mulailah Mencicil Utang

    Sampai kapanpun Sobat Pintar akan tetap berhutang jika tidak mulai sedikit demi sedikit mencicil dan mengurangi besaran utang menumpuk yang dimiliki. Namun untuk dapat mencicil utang tanpa mengganggu anggaran harian, sebaiknya Sobat Pintar mencari kerja tambahan. Terutama jika pendapatan tergolong kecil.

Manfaatkan Fintech

Nah, Sobat Pintar juga dapat memanfaatkan Fintech atau Teknologi Keuangan untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah. Pinjaman berbunga rendah ini dapat dimanfaatkan untuk melunasi hutang-hutang menumpuk sehingga tidak lagi terbebani oleh tumpukan bunga utang.

Butuh pinjaman uang untuk melunasi hutang yang menjerat? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22

mobile-closeKredit PintarDownload