Daftar Pemenang BWF World Tour Final 2021

30 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

BWF World Tour Final 2021 telah selesai digelar pada 5 Desember 2021 lalu. Pertandingan badminton tingkat dunia yang satu ini berhasil mendapatkan perhatian, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang memang sangat menggemari olahraga yang satu ini.

Daftar Pemenang BWF World Tour Final 2021, Indonesia Tidak Juara

Tapi, sayangnya Indonesia tidak berhasil merebut juara pada ajang kompetisi yang satu ini. Lalu, siapa saja pemenang dari kompetisi BWF 2021 kemarin? Dan siapa sebenarnya BWF? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya dalam artikel ini. 

Baca juga: Profil Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 | Kredit Pintar

Apa itu BWF?

BWF atau Badminton World Federation adalah lembaga yang menaungi badminton di seluruh dunia. Kalau di Indonesia kita mempunyai PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia, maka bisa dikatakan BWF ini adalah induk yang juga merangkul PBSI. Tugasnya pun sama dengan federasi olahraga lain, yaitu mengawasi pemain hingga pertandingan yang diadakan. 

BWF berdiri pada tahun 5 Juli 1934 dan pertama kali menggelar kejuaraan bulu tangkis dunia pada tahun 1977. Banyak turnamen bergengsi yang diadakan oleh BWF selain kejuaraan dunia, sebut saja All England dan Thomas and Uber Cup. 

Keberadaan BWF sendiri  juga telah diakui oleh IOC atau Komite Olimpiade Internasional dan IPC atau Komite Paralimpik Internasional. Sehingga bisa dikatakan bahwa BWF sudah resmi menjadi salah satu bagian federasi penting dalam dunia olahraga khususnya badminton. 

Pada tahun 2020-2024 sendiri BWF telah menetapkan beberapa prioritas demi kemajuan dari dunia badminton di seluruh dunia. Dimana prioritas ini sendiri meliputi 5 kategori, yaitu atlet, hiburan, kemitraan, partisipasi hingga peningkatan kapasitas. 

Adapun penjelasan prioritas apa saja yang ditekankan dari kelima kategori tersebut, penjelasannya adalah sebagai berikut: 

  • Dari segi hiburan akan membangkitkan, meningkatkan dan melibatkan seluruh penggemar badminton dari seluruh dunia dengan menyajikan pertunjukan inspirasional dalam pertandingan dunia. 
  • Dari segi partisipasi, BWF ini fokus terhadap pemuda serta memperkuat hubungan di antara konteks rekreasi serta  jalur kompetisi dengan menyediakan fasilitas terbaik seumur hidup. 
  • Sedangkan dari segi Atlet, BWF ingin memberikan lingkungan serta pelatihan terbaik agar atlet bisa berkompetisi dan menampilkan bakat mereka. Bahkan akan memperluas kesempatan belajar bagi atlet muda agar bisa terus berkembang pada bidang lain. 
  • Untuk segi kemitraan, BWF ingin mengembangkan dalam hubungan internasional sehingga bisa membina kemitraan yang strategis dan mampu mencapai tujuan bersama. 
  • Sedangkan untuk peningkatan kapasitas, BWF ingin lebih kuat lagi serta mengaktifkan kapasitas dari federasi mereka agar bisa menciptakan implementasi yang strategis. 

Pemenang BWF World Tour Final 2021 

Sama seperti olahraga lainnya, dimana bila ingin menjadi bagian dari turnamen ini harus menjalani seleksi ketat. Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai prestasi apik dalam cabang badminton. Sudah pasti ada beberapa atlet yang ikut turun dalam pertandingan ini. Sebut saja pasangan Marcus dan Kevin serta Greysia Polii dan Apriyani. 

Sayangnya, Indonesia gagal merebut titel juara dunia. Hal ini sendiri tidak dapat dihindari mengingat bahwa lawan yang mereka hadapi sangatlah kuat. Lalu, siapa saja pemenang dari turnamen badminton tingkat dunia ini? Berikut ini adalah daftarnya: 

  1. Kategori Ganda Putri 

Pemenang turnamen BWF 2021 dari kategori ganda putri adalah pasangan asal Korea Selatan Kim Soyeong dan Kong Heeyong. Kedua pemain ini berhasil menaklukan pasangan asal Jepang Nami Matsuyama dan Chiharu Shida. Dengan perolehan skor pada babak pertama 21- 14 dan babak kedua 21-14. Pertandingan pun berjalan sekitar 44 menit lamanya. 

Diketahui sebelumnya bahwa Nami Matsuyama dan Chiharu Shida melawan pasangan asal Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani. Namun, sayang sekali bahwa pasangan pemenang medali emas Olimpiade tersebut harus menerima kekalahan dengan skor yang sangat tipis. 

Baca juga: Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Rebut Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020 | Kredit Pintar

  1. Kategori Ganda Campuran 

Untuk kategori ganda campuran dimenangkan oleh pasangan asal Thailand Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai. Keduanya berhasil mengalahkan pasangan asal Jepang Yuta Watanabe dan Arisa Higashino. Pertandingan berjalan selama kurang lebih 40 menit dengan skor akhir 21-19 di babak pertama dan 21-11 di babak kedua. 

  1. Kategori Tunggal Putri 

Pada kategori tunggal putri dimenangkan oleh pebulutangkis dari Korea Selatan, An Seyoung. Kala itu, An Seyoung berhadapan dengan Pusarla V. Sindhu yang mewakili India. Permainan dari An Seyoung sangatlah apik dan berhasil mendominasi jalannya pertandingan dengan tidak membiarkan lawan mengejar poinnya. 

An Seyoung dan Pusarla bertanding sekitar 39 menit lamanya dengan perolehan skor akhir adalah 21-16 pada babak pertama dan 21-12 pada babak kedua. Disini bisa dilihat bahwa pemain asal Korea Selatan ini tidak pernah kehilangan fokus untuk menjadi juara. 

  1. Kategori Ganda Putra 

Mungkin dari seluruh kategori di BWF World Tour Final 2021, ganda putra adalah yang paling seru dan sengit. Marcus dan Kevin dari Indonesia terus menekan pasangan Jepang, yaitu Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi. Pertandingan berlangsung 3 babak dengan perolehan skor pada babak pertama adalah 21-16, lalu babak kedua 13-21 dan babak ketiga 21-17. 

Pasangan “Minion” pun harus mengakui kekalahan dari pasangan Jepang yang terus melakukan serangan. Pertandingan ganda putra di BWF World Tournament ini sendiri berlangsung selama 61 menit. 

  1. Kategori Tunggal Putra 

Sepertinya untuk tunggal putra, Viktor Axelsen tidak mendapatkan banyak kesulitan. Pemain terbaik dunia dari Denmark tersebut tidak memberikan celah sedikit pun kepada lawannya yang mewakili Thailand, Kunlavut Vitidsarn. 

Pertandingan pun berakhir dengan cukup cepat yaitu sekitar 43 menit dengan perolehan skor terakhir 21-12 di babak pertama dan 21-8 di babak kedua. Sepertinya pada pertandingan ini pun penggemar sudah bisa menebak siapa pemenangnya. 

Daftar Pemenang BWF Player of The Year 

Sebelum pertandingan final kejuaran BWF, federasi yang satu ini sempat mengumumkan nama-nama Player of The Year dari beberapa kategori. Dimana tentu saja ini menjadi salah satu pengumuman yang dinanti. Mengingat menjadi pemain terbaik setiap tahunnya memiliki persaingan yang sangat ketat. Berikut ini adalah pemenangnya: 

  • Female Player of The Year diraih oleh Tai Tzu Ying yang berasal dari Taiwan 
  • Male Player of The Year diraih oleh Viktor Axelsen yang berasal dari Denmark. 
  • Pair of The Year diraih oleh Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dari Indonesia. 
  • Female Parabadminton Player of The Year diraih oleh Leani Ratri Oktila dari Indonesia. 
  • Male Parabadminton Player of The Year diraih oleh Qu Zimo dari China
  • Pair Parabadminon of The Year diraih oleh Lucas Mazur dan Faustine Noel dari Perancis. 
  • Most Improved Player of The Year diraih oleh Lee Yang dan Wang Chi Lin dari Taiwan. 
  • Most Promising Player of The Year diraih oleh Kunlavut Vitidsarn dari Thailand. 

Sebagai warga negara Indonesia sudah pasti harus berbangga karena berhasil menyabet dua gelar untuk Player of The Year dari BWF ini. 

Demikianlah daftar pemenang BWF World Tour Final 2021 yang diadakan pada awal Desember di Bali. Walau Indonesia belum bisa menyabet juara, tapi prestasi mereka yang bisa masuk kompetisi ini harus mendapatkan apresiasi besar. 

Baca juga: Berikut Peraturan Bola Basket Yang Perlu Kamu Tahu | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download