Butuh Dana di Masa Pandemi? Berikut Cara Dapatkan Pinjaman Online

13 Feb 2021 by Andro
Cara Dapatkan Pinjaman Online

Pandemi Covid-19 tak dapat disangkal telah mempengaruhi sebagian besar lini kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi. Di tengah kondisi sulit ini, banyak yang akhirnya terganggu penghasilannya. Adanya keperluan-keperluan mendesak yang harus dipenuhi setiap harinya kemudian mendorong banyak orang untuk mencari dana darurat, salah satunya adalah dengan mencari cara dapatkan pinjaman secara online.

Cara Dapatkan Pinjaman Online di Masa Pandemi

Pinjaman online menjadi satu-satunya pilihan pada saat ini, karena adanya pembatasan pada aktivitas sehari-hari demi terhindar dari ancaman virus Covid-19. Lalu bagaimana caranya mendapatkan dana melalui pinjaman online? Berikut adalah beberapa cara yang bisa menjadi opsi.

Mencoba Menghubungi Sahabat Dan Kerabat

Opsi yang satu ini mungkin dapat terbilang gampang-gampang susah. Mendapatkan pinjaman online melalui keluarga ataupun teman memang tergolong mudah karena kita sudah kenal betul dengan pemberi pinjaman. Langkah-langkanya pun terbilang simpel, yaitu hanya dengan satu atau dua pembicaraan saja kita ‘mungkin’ sudah bisa mendapatkan pinjaman.

Akan tetapi, terkadang rasa malu dan tidak enak hati mungkin bisa menjadi penghalang kita untuk menghubungi pemberi pinjaman online yang satu ini. Terlebih lagi, kita tidak tahu persis seperti apa kondisi keuangan sahabat atau kerabat kita ini.

Menggadaikan Barang Berharga Di Pegadaian

Alternatif cara dapatkan pinjaman online adalah dengan menggadaikan beberapa barang berharga di Pegadaian. Saat ini proses Pegadaian telah menyediakan aplikasi Pegadaian Digital yang memungkinkan kamu untuk melakukan proses penggadaian barang berharga secara online. Cara ini pun tergolong mudah dan cepat.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu siapkan dalam hal ini adalah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), barang berharga beserta dokumen pendukungnya, serta aplikasi Pegadaian Digital. 

Menggunakan Fitur PayLater

Fitur PayLater adalah suatu fitur yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan dagang elektronik atau yang biasa dikenal dengan sebutan e-commerce. Beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia banyak yang telah menyediakan fitur ini, seperti Shopee, Gopay, Ovo, dll.

Namun, opsi PayLater hanya memungkinkan kamu untuk menggunakan dana tersebut untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh masing-masing e-commerce. Sedangkan, ada beberapa keperluan mendesak yang tidak bisa kamu dapatkan dari penawaran masing-masing e-commerce tersebut.

Mencari Penyedia Pinjaman Online Legal

Legalitas jasa penyedia pinjaman online dalam hal ini sangat penting demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu seperti apa cara mengetahui mana yang merupakan penyedia pinjaman online legal? Salah satu cara termudah dan bisa langsung teridentifikasi adalah dengan melihat apakah pemberi pinjaman online tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu contoh penyedia pinjaman online legal yang banyak digunakan publik adalah KreditPintar. Platform penyedia pinjaman online ini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). 

Untuk kamu yang sedang butuh dana cepat untuk keperluan mendesak, KreditPintar merupakan solusi yang tepat. Selain keamanan dan legalitasnya, KreditPintar juga cukup populer karena proses aplikasi dan pencairan dananya yang tergolong sangat cepat. Dalam 10 menit, kamu sudah bisa mendapatkan dana hingga Rp 20.000.000 loh. 

Itu dia beberapa cara dapatkan pinjaman online di masa pandemi yang bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi keperluan mendesakmu. Gunakanlah dana tersebut dengan bijak, buat perencanaan keuangan yang matang, untuk mengantisipasi permasalahan keuangan di masa depan.