Bosan Bekerja? Pelajari Tips Memulai Usaha Berikut Ini

28 Apr 2021 by kreditpintar
tips memulai usaha

Tips memulai usaha ini cocok bagi kamu yang sedang berpikiran untuk membangun bisnis sendiri. Banyak sekali orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, merasa ingin berhenti bekerja. Ada yang karena bosan setelah bertahun-tahun berada di gedung yang sama, ada pula yang merasa tidak cukup dengan gaji yang didapat sekarang. Mungkin, kamu adalah salah satu orang yang merasa seperti itu?

Membangun kerajaan bisnis sendiri memanglah hal yang bagus karena bisa menjadi mesin uang suatu saat nanti. Akan tetapi, kamu harus kembali bertanya pada diri sendiri dahulu, apakah ini hal yang benar-benar kamu inginkan? Karena jika kamu hanya ikut-ikutan tren di kalangan teman-teman, alangkah baiknya kamu tetap berkutat dengan pekerjaan saat ini. Membangun usaha, kemungkinan besar membutuhkan waktu yang cukup lama dari yang kamu bayangkan, meski peluang untuk sukses cepat pun selalu ada.

Nah, apabila kamu sudah yakin ingin membuka usaha, kamu bisa meneruskan membaca artikel mengenai tips memulai usaha ini.

Pilih Jenis Usaha yang Akan Dilakukan

Tentu saja ini adalah hal pertama yang harus kamu tahu, jenis usaha atau mau usaha apa. Kebanyakan orang pun di awal usaha, sering merasa bingung, usaha apa yang cocok untuk mereka. Untuk membantu memilih jenis usaha, kamu bisa lihat apa hobimu, hal yang kamu sukai, atau yang kamu pahami. Karena, pilihan-pilihan itulah yang akan membuatmu selangkah lebih maju dibandingkan dengan membuka usaha di bidang yang tidak kamu kenali sama sekali.

Menuliskan Visi dan Misi Usaha

Tips memulai usaha selanjutnya yaitu mempunyai visi dan misi saat hendak memulai usaha adalah hal terpenting yang harus kamu miliki. Visi dan misi ini bisa menjadi semacam guide ketika usaha sudah berjalan agar kamu pemiliknya tidak kehilangan arah. Tidak peduli usaha yang akan kamu bangun adalah jenis usaha kecil atau besar, maupun rumahan. Tetap harus mempunyai visi dan misi yang jelas.

Mempelajari Administrasi

Meski sudah memilih membuka usaha di bidang yang kamu cintai dan sukai, tetap tidak boleh sembarangan saat mengurusnya. Mau tidak mau, kamu harus mempelajari tata cara administrasi yang baik dan benar. Hal ini akan menjaga antara pengeluaran dan pemasukan tidak kacau. Tidak perlu mengambil kuliah untuk bisa memahami ini. Di awal, kamu hanya perlu mengetahui basic dan belajarlah terus seiring berjalannya waktu.

Menggenggam Dukungan Keluarga dan Orang Terdekat

Tips memulai usaha ini akan membantumu dari segi mentalitas. Dengan adanya dukungan baik dari orang tua, kakak, adik, pasangan, atau teman yang memang sudah seperti keluarga, kamu akan memiliki power dari dalam diri. Maka, ketika kamu sedang berada dalam masalah, kamu dapat menenangkan diri bersama keluarga.

peluang usaha

Ketahui Modal yang Mesti Dimiliki

Modal adalah yang selalu dikhawatirkan oleh setiap orang yang ingin memulai usaha. Bahkan, ada juga yang batal memulai usaha karena berpikir tidak mampu mengumpulkan modal. Memang, modal adalah tolak ukur seberapa besar usaha yang ingin kamu bangun. Jika modal semakin besar jumlahnya, usahamu pun akan semakin besar. Namun, saat memulai, tentu saja kamu bisa menghitung modal terendah yang bisa kamu pakai.

Apabila kamu memang tidak memiliki modal sendiri untuk membuka usaha sama sekali, kamu bisa melakukannya dengan cara lain. Yaitu dengan tidak ragu-ragu melakukan pengajuan pinjaman. Pinjaman ini bisa berbagai cara, ada yang bisa didapatkan melalui bank yaitu dengan mampu mempersiapkan persyaratan yang berat dan proses yang rumit.

Ada juga dengan cara yang lebih mudah dan bisa kamu lakukan dimanapun dan kapan saja, yaitu pinjaman modal online melalui aplikasi ponsel. Melakukan peminjaman dana secara online ini hanya memerlukan ponsel pintar yang saat ini sedang kamu pegang dan KTP yang menunjukkan bahwa kamu adalah warga negara Indonesia dan sedang tinggal di Indonesia pula. Nah, salah satu aplikasi pinjaman online adalah Kredit Pintar. Mengapa harus aplikasi ini?

Aplikasi yang Terpercaya

Kredit Pintar merupakan aplikasi peminjaman dana online yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Di sana, kamu bisa melihat deskripsi yang disediakan. Aplikasi ini sudah terdaftar di OJK, sekaligus diawasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan tertipu oleh aplikasi ini. Sudah ratusan ribu orang yang memulai usahanya dengan meminjam modal di sini.

Proses Mudah dan Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu membutuhkan ponsel pintarmu untuk mengunduh aplikasinya, cukup siapkan KTP dan nomor rekening bank.

Pertama kali membuka aplikasi, kamu harus mengisi nomor ponselmu yang aktif untuk registrasi dan mendapatkan verifikasi. Kemudian, langsung ajukan pinjaman. Kamu akan diminta untuk memotret KTP-mu dengan jelas agar data terdata dengan baik, juga swafoto sambil memegang KTP. Kemudian, isi data pekerjaan dan penghasilan per bulannya agar pinjaman disetujui. Jangan lupa untuk mengisikan nomor rekening sesuai dengan KTP karena saat pinjaman modal kamu disetujui, kurang dari 24 jam, dana cair ke rekeningmu.

Biaya Keterlambatan

Saat membuka usaha, ada kalanya pendapatan usaha menurun. Kamu tidak perlu kaget dan sedih karena ini adalah hal yang wajar. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, jangan takut saat kamu terlambat membayar pinjaman karena  biaya keterlambatannya cenderung rendah. Tetap semangat saat menjalankan usaha.

Jangan Berpikir Akan Gagal

Kebiasaan buruk orang yang ingin membuka usaha adalah takut gagal. Padahal, gagal merupakan bagian dari proses jika kamu ingin usahamu maju dan sukses. Tidak ada yang bisa menghindari kegagalan. Orang yang saat ini dinilai sukses pun dulunya pernah gagal. Yang penting, ketika kamu merasa gagal, kamu tidak memutuskan untuk berhenti berusaha atau menyerah. Lakukan lagi, meskipun gagal lagi. Jangan berpikir akan gagal ini termasuk tips memulai usaha agar kamu tidak berhenti sebelum mulai.

Terus Belajar dari Orang-Orang Sukses 

Penyakit lain yang sering menempel pada manusia yaitu merasa sudah di atas angin dan berhenti belajar. Merasa diri sudah banyak pengalaman, jadi tidak perlu belajar lagi. Jika kamu orang yang seperti ini, maka segera hentikan dan langsung mencari materi dari orang-orang sukses lebih dulu. Ini akan membantumu membuka pandangan mengenai dunia usaha.

Tips memulai usaha terakhir, jangan ditunda-tunda lagi, kamu harus memulainya sekarang. Jenis usaha? Sudah dipilih. Modal? Bisa pinjaman modal di Kredit Pintar. Mental? Yang terpenting ada orang terdekat yang mendukung. Jadi, tidak ada lagi alasan yang membuatmu harus menunda lagi. Ayo, mulai sekarang!

kredit pintar