Belum Punya Pasangan? Alasan Kenapa Masih Jomblo

06 Aug 2021 by Laruan

Apa sebenarnya alasan kenapa masih jomblo yang sering kali dipertanyakan oleh anak muda masa kini? Jomblo, satu kata penuh makna yang sejak dulu selalu jadi julukan sensitif di kalangan kawula muda. Bukan dalam arti kata negatif, julukan yang umumnya diberikan pada mereka yang tidak memiliki pasangan ini kerap kali dijadikan objek senda gurau dalam satu lingkungan pertemanan. 

Belum Punya Pasangan? Ini Alasan Kenapa Masih Jomblo

Bukan perkara terlalu serius, kondisi jomblo atau tidak memiliki pasangan sebenarnya jadi hal yang umum dan normal. Bahkan, bagi segelintir orang yang memang tidak memiliki prioritas dalam hal mencari pasangan, julukan jomblo yang dialamatkan untuk mereka sering kali dianggap candaan semata.

Tapi lain cerita bagi segelintir orang sisanya yang memang punya pandagan kalau memiliki pasangan adalah suatu keharusan, baik dalam hubungan yang akan berlanjut ke jenjang serius seperti pernikahan, atau sekadar hubungan percintaan kawula muda masa kini yang banyak dipandang sebagai bentuk sumber dukungan.

Belum lagi kalau mereka yang masuk kategori menganggap punya pasangan adalah suatu keharusan, dihadapkan dengan situasi lingkungan yang kerap kali memberikan candaan dan membuat ‘jomblo’ yang melekat seolah menjadi status yang memalukan. Karena itu, tak heran kalau sering kali muncul pertanyaan apa sebenarnya yang membuat seseorang menjomblo yang sering kali dilontarkan sejak lama? Bisa jadi, beberapa alasan berikut jawabannya.

1. Terlalu tertutup dan kurang percaya diri

Alasan pertama ini jadi jawaban yang paling tepat bagi mereka yang bahkan belum pernah sama sekali memiliki pasangan atau menjalani hubungan. Ketika melihat orang-orang sebaya di satu lingkungan yang sudah selangkah lebih maju dengan memiliki pasangan dan menjalani hubungan, tak heran jika muncul pertanyaan untuk diri sendiri “apa sebenarnya alasan kenapa masih jomblo”.

Padahal, alasannya bisa jadi disebabkan karena kurangnya rasa percaya diri yang muncul akibat belum memiliki pengalaman sebelumnya. Di samping itu, sifat terlalu tertutup dan kurang yakin dalam membagikan berbagai hal dengan orang lain terutama lawan jenis juga jadi penyebab utama yang membuat Sobat Pintar tidak kunjung memiliki pasangan.

Kalau terlalu menutup diri, bagaimana orang lain mau mengenal dan berusaha mendekatkan diri pada kita?

2. Terlalu pemilih

Hal satu ini jadi level selanjutnya dari alasan utama kenapa seseorang tak kunjung punya pasangan dan membuat predikat jomblo masih melekat erat. Mungkin Sobat Pintar atau beberapa orang lainnya tidak menutup diri atau bahkan sudah merasa percaya diri dalam bersosialisasi, tapi nyatanya terhalang oleh sifat terlalu pemilih dalam mencari pasangan.

Biasanya sifat terlalu pemilih dilatarbelakangi oleh rasa kurang cocok, adanya standar atau kriteria tertentu dalam memilih pasangan yang diinginkan, atau belum mampunya sebagian besar orang dalam menerima kekurangan. Padahal beberapa hal tersebut jadi perhatian yang harus dipahami ketika mau memulai suatu hubungan.

3. Cuek dan kurang memerhatikan diri sendiri

Sudah cukup percaya diri dan tidak lagi pemilih, tapi masih belum kunjung dapat pasangan? Bisa jadi hal satu ini penyebabnya. Ketika ingin memulai suatu hubungan, kita harus memperhatikan segala hal-hal penting mulai dari yang besar sampai kecil sekalipun, mulai dari penampilan, wawasan, dan hal-hal lain yang kita miliki.

Bukan berarti kalau ingin mempunyai pasangan dengan mudah harus rupawan, pintar, dan serba sempurna, tapi alangkah baiknya kalau setiap orang memantaskan diri supaya memiliki nilai dan kesan yang menarik di mata orang lain yang ingin mengenal kita lebih jauh.

Jangan terlalu cuek akan keberadaan diri sendiri, coba rawat diri dari segi tampilan, perluas wawasan dari segi pengetahuan supaya ada topik menarik saat ingin berbincang dengan orang lain saat masa pendekatan. Hal ini tentu berlaku baik bagi pria dan wanita, pasti pernah mendengar istilah “pasangan adalah cerminan diri sendiri”, kan?

4. Masih terjebak kenangan atau trauma masa lalu

Akhirnya masuk ke alasan yang lebih rumit di kalangan anak muda masa kini, bukan bagi mereka yang belum pernah menjalani hubungan sama sekali, tapi bagi mereka yang sudah menjalani hubungan sebelumnya dan berakhir karena penyebab yang biasanya sulit dilupakan, entah itu kenangan manis atau ingatan yang kerap kali juga menimbulkan trauma.

Ingat akan masa lalu memang tidak ada salahnya, tapi akan lebih bijak kalau cerita yang sudah terlewat justru dijadikan pelajaran dalam menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius kedepannya. Terjebak dalam kenangan atau trauma masa lalu hanya membuat Sobat Pintar seolah-olah jalan di tempat dan menyia-nyiakan waktu yang ada, yuk move-on!

5. Terjebak friendzone

Kalau yang satu ini sering kali dinobatkan sebagai level tertinggi dari alasan kenapa masih jomblo yang dialami kebanyakan orang. Semua alasan sebelumnya mungkin sama sekali tak dialami oleh Sobat Pintar, tapi keyakinan dan rasa tertarik pada seseorang yang sayangnya hanya menganggap hubungan yang terjalin dengan Sobat Pintar hanya sebatas pertemanan jadi salah satu alasan jomblo yang paling menyakitkan.

Tidak ada yang bisa memaksa kondisi satu ini, tapi tetap ada dua pilihan yang bisa diambil sesuai dengan keputusan yang menurut Sobat Pintar terbaik, tetap bertahan dalam lingkaran friendzone sampai orang yang dikagumi luluh, atau coba melupakan dan cari pasangan baru. Jangan lupa dengan pepatah “kalau jodoh tak akan kemana” ya.Itu dia beberapa alasan kenapa masih jomblo yang barangkali bisa menjawab pertanyaan yang selalu muncul di benak Sobat Pintar, coba introspeksi kira-kira alasan mana yang membuat Sobat Pintar masih jumbo sampai saat ini?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload