Beberapa Penyebab dan Cara Menghilangkan Cegukan Yang Efektif

21 May 2021 by kreditpintar
penyebab dan cara menghilangkan cegukan

Salah satu kondisi yang membuat aktivitas sehari-hari jadi tidak nyaman ialah cegukan, di mana saat itu terjadi tak jarang dada juga ikut nyeri. Cegukan memang umum terjadi pada siapa saja, tidak peduli orang tua maupun anak-anak dan juga bayi. Sehingga kita harus waspada karena cegukan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Oleh karenanya, Sobat Pintar membutuhkan pengetahuan tentang cara menghilangkan cegukan agar tidak salah langkah.

Biasanya cegukan selalu terjadi dalam waktu singkat dan bisa berhenti dengan sendirinya, tapi ada juga yang berlanjut terus-menerus sampai beberapa hari dan itu tentu saja membuat diri sendiri jadi tidak nyaman. Pastinya cegukan tidak datang begitu saja, ada beberapa penyebab yang membuat cegukan bisa saja terjadi.

Penyebab Terjadinya Cegukan yang Harus Sobat Pintar Pahami

Mengetahui apa saja yang menyebabkan cegukan terjadi tak hanya membuat Sobat Pintar bisa mendapatkan penanganan yang tepat, tapi juga bisa membuat Sobat Pintar menghindarinya agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Meski sebenarnya hal itu tidak mungkin, karena setiap orang sangat rentan mengalami cegukan. Lantas sebenarnya apa yang menjadi pemicu segukan dapat terjadi?

1. Melakukan konsumsi jenis makanan tertentu

Penyebab cegukan bisa terjadi tak lain karena konsumsi makanan tertentu seperti misalnya makanan dengan cita rasa pedas atau makanan yang cenderung kering. Contoh makanan kering ini seperti roti, di mana kadang cukup sulit dikunyah dan mampu melukai bahkan mengiritasi tenggorokan sehingga kemudian timbullah cegukan.

Selain itu, makanan pedas juga memberikan efek yang sama di mana kandungan Capsaicin-nya terikat dengan reseptor khusus yang terdapat di diafragma. Ketika mengonsumsi makanan pedas maka otot diafragma akan kerap menegang alias kontraksi yang menjadikan aliran udara kian cepat sehingga menimbulkan cegukan.

2. Makan sesuatu terlalu banyak dan terburu-buru

Ketika Sobat Pintar makan dengan porsi yang cukup banyak, maka hal ini akan membuat perut Sobat Pintar cepat membesar kemudian mampu mendorong diafragma untuk kontraksi, sehingga inilah yang menjadi penyebab cegukan terjadi. Terutama jika makannya dalam kondisi terburu-buru yang mengharuskan Sobat Pintar melakukannya dengan cepat, hingga kemudian akan ada banyak udara masuk saat proses menelan dan membuat Sobat Pintar mengalami cegukan.

Tentu Sobat Pintar cukup sering menjumpai seseorang dengan kasus seperti ini, bukan? Ketika mereka makan kemudian tersedak dan berujung pada cegukan setelahnya, mungkin tidak semua orang dan hanya terjadi pada sebagian besarnya saja.

3. Indikasi penyakit serius dalam tubuh

Penyakit serius juga bisa menjadi pemicu segukan, apalagi jika cegukan yang terjadi ini secara terus-menerus. Maka periksa ke tenaga kesehatan wajib dilakukan. Misalnya saja sudah berlangsung selama berhari-hari dan sulit untuk dihilangkan meski sudah mengatasinya dengan beberapa cara yang benar. 

Cara Menghilangkan Cegukan

Biasanya saat cegukan terjadi, ada banyak orang yang langsung mencari air dan minum sebanyak mungkin sampai cegukan tersebut hilang, tapi saat bulan puasa tentu saja hal tersebut sulit untuk dilakukan. Sehingga Sobat Pintar harus tahu apa saja cara lain yang bisa digunakan agar cegukan cepat hilang dan tidak mengganggu aktivitas Sobat Pintar.

1. Menekan bagian diafragma pada tubuh

Cara menghilangkan cegukan ini tak banyak dilakukan, tapi kemungkinan patut Sobat Pintar coba yakni dengan menekan diafragma. Letaknya sendiri ada di antara perut dan juga dada yang mana dengan menekannya mampu membuat diafragma jadi lebih rileks. Tekan secara lembut dan pelan, tapi jangan terlalu keras agar tidak menimbulkan efek yang fatal untuk diri Sobat Pintar.

2. Mencoba metode tahan napas

Metode tahan napas juga cukup sering dipakai sebagai cara hilangkan cegukan bahkan bisa dibilang cukup populer. Sebab, Sobat Pintar hanya perlu menarik napas panjang lalu menahannya kurang lebih 10-20 detik, setelahnya barulah napas tersebut diembuskan dengan cara perlahan. Tapi selain menahan napas, Sobat Pintar juga bisa mencoba untuk melakukan teknik pernapasan di mana menahannya kurang lebih 5 detik lalu melepaskannya selama 5 detik kemudian. Ini akan membantu tubuh Sobat Pintar untuk rileks dan bisa membuat cegukan cepat reda.

3. Mencoba metode bernapas dengan kantong kertas

Tak banyak orang yang mencoba metode ini, tapi jika cara menghilangkan cegukan lain tak dapat membantu maka bisa melakukan cara satu ini. Sobat Pintar cukup mencari kantong kertas yang cukup kuat, kemudian menempelkan area hidung dan bibir di ke dalam kantong kertas tersebut asalkan tidak sampai tertutup seluruh wajah. Setelahnya barulah Sobat Pintar bisa bernapas di dalam kantong yang dimaksud. Ketika melakukannya, maka secara tak sadar Sobat Pintar akan menghirup karbondioksida di mana membuat otot diafragma yang tadinya tegang menjadi lemas.

4. Menggunakan obat tertentu

Meredakan cegukan juga bisa dilakukan dengan cara penggunaan obat-obatan tertentu, akan tetapi memang sebaiknya tidak dilakukan jika memungkinkan. Sebab, cegukan bila masih bisa diatasi dengan cara alami, maka sebaiknya menghindari penggunaan obat-obatan tersebut. Kecuali memang ada indikasi berkaitan dengan penyakit tertentu dan sudah atas resep dokter, maka Sobat Pintar bisa melakukannya.

Sudah dikatakan bahwa cegukan yang terus-menerus memang harus senantiasa diwaspadai, karena bisa saja itu merupakan suatu gejala yang terjadi saat Sobat Pintar memiliki penyakit serius di dalam tubuh. Sobat Pintar harus memeriksakan diri kepada dokter agar dapat segera menanganinya dengan baik dan supaya cegukan tidak mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Saat mengalami kondisi darurat seperti ini pastinya Sobat Pintar akan kebingungan, di mana ketika Sobat Pintar atau bahkan salah satu anggota keluarga mengalami sakit. Terutama bila sakit yang diderita tersebut cukuplah parah dan mengharuskan Sobat Pintar untuk memiliki dana darurat dengan nominal sangat besar. Di era pandemi ini, ketika membutuhkan dana darurat, meminjam kepada kerabat atau teman bukanlah solusi, karena pastinya mereka juga membutuhkan uang tersebut untuk menghidupi diri sendiri.

Pinjaman Dana, Kredit Pintar

Untuk itu Sobat Pintar harus memutar otak lebih cepat demi memenuhi kebutuhan akan dana yang mendesak. Disini, Sobat Pintar bisa saja mencoba melakukan pinjaman terhadap aplikasi pinjaman dana yang sudah sangat marak keberadaannya, misal saja seperti Kredit Pintar. Kredit Pintar menjadi solusi terbaik bagi Sobat Pintar jika benar-benar membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, entah itu untuk kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan, modal usaha, atau bahkan untuk keperluan saat anggota keluarga sedang sakit.

Tenor yang diberikan cukup panjang dengan suku bunga yang terbilang kecil, bahkan proses pengajuan sangat mudah dan dilakukan secara online bisa di mana saja kapan saja. Tentu Sobat Pintar harus menyiapkan dokumen lengkapnya dan mengunggah foto-foto dokumen tersebut melalui aplikasi resmi di Play Store. Kredit Pintar telah diawasi OJK sehingga segala tindak tanduknya akan dipantau oleh lembaga tersebut dan membuat Sobat Pintar lebih aman serta nyaman melakukannya.

Ingatlah bahwa jangan pernah menyepelekan penyebab cegukan dan sebaiknya segera tangani dengan cara menghilangkan cegukan yang sudah dibagikan di atas. Jangan sampai cegukan menjadi semakin parah dan membuat Sobat Pintar harus berobat ke rumah sakit.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload