Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Hipotensi

Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Hipotensi

28 May 2021 by kreditpintar
Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Hipotensi

Meskipun Sobat Pintar mungkin pernah mendengar tentang hipertensi atau tekanan darah tinggi, menderita tekanan darah rendah atau hipotensi juga bisa berbahaya. Pembacaan tekanan darah yang optimal adalah kurang dari 120mm Hg dan di atas 80 mm Hg. Angka pertama menunjukkan tekanan sistolik atau tekanan di arteri saat jantung berdetak dan mengisinya dengan darah.

Angka kedua mewakili tekanan diastolik yang merupakan tekanan di arteri saat jantung beristirahat di antara detak jantung. Tekanan darah rendah atau hipotensi dapat menyebabkan aliran darah yang tidak memadai ke jantung, otak, dan organ vital lainnya. Penurunan tekanan darah secara tiba-tiba seringkali terjadi ketika seseorang tiba-tiba bangkit dari posisi berbaring atau duduk.

Ini disebut tekanan darah rendah postural dan dapat menyebabkan pusing dan pusing. Ada beberapa pengobatan rumahan untuk tekanan darah rendah yang dapat Sobat Pintar terapkan untuk mengatasi gejala tekanan darah yang tidak menentu. Tetapi jika Sobat Pintar sudah merasakan gejala-gejala berikut selama beberapa waktu, konsultasikan dengan dokter Sobat Pintar dan periksalah tekanan darah Sobat Pintar.

  • Kelelahan
  • Sakit kepala ringan
  • Pusing
  • Mual
  • Kulit berkeringat
  • Kehilangan kesadaran
  • Pandangan Kabur

Setelah dokter Sobat Pintar memastikan bahwa tekanan darah Sobat Pintar rendah, ikuti nasehatnya dan minum obat jika diperlukan. Diet tekanan darah rendah yang sehat penting untuk pengobatan tekanan darah rendah. Bersamaan dengan itu, berikut adalah bantuan yang lebih sederhana.

Diet Sobat Pintar memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah Sobat Pintar. Beberapa pakar kardiologi pun menyarankan beberapa pengobatan rumahan berupa minuman dan makanan penaik hipotensi:

 1. Makan dalam porsi kecil sesering mungkin

Menyelinap sesi ngemil sehat di antara waktu makan utama hari itu untuk menghindari jeda yang lama. Makan porsi kecil beberapa kali sehari membantu mencegah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba yang mungkin dialami seseorang setelah makan. Jadi, jika Sobat Pintar makan tiga kali sehari penuh, akan lebih baik jika mereka dibagi menjadi lima kali makan kecil sehari. Yang satu ini obat rumah yang bagus untuk juga orang yang menderita diabetes.

2. Konsumsi garam yang cukup

Kelebihan garam itu buruk, tapi di sisi lain itu dibutuhkan oleh tubuh Sobat Pintar dalam jumlah sedang. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, makanan harian Sobat Pintar harus mengandung satu sendok teh garam tambahan selain yang Sobat Pintar peroleh dari buah-buahan dan sayuran alami.

Di musim kemarau atau jika Sobat Pintar berolahraga setiap hari, siapkan air jeruk nipis dengan sedikit garam. Garam bekerja seperti pick-me-up instan. Pastikan Sobat Pintar tidak memiliki terlalu banyak garam yang dapat menyebabkan masalah seperti retensi air dan tekanan darah tinggi.

Penyebab tekanan darah rendah adalah karena Sobat Pintar kekurangan cairan dan juga kekurangan garam di saat yang bersamaan. Oleh karena itu, jeruk nipis yang mengandung garam bisa menjadi solusi.

3. Minum lebih banyak cairan

Minumlah setidaknya 2 hingga 3 liter air setiap hari. Selain itu, sertakan minuman seperti air kelapa, bael ka sharbat dan aam panna dalam diet tekanan darah rendah Sobat Pintar. Ini akan memberi Sobat Pintar elektrolit yang diperlukan untuk menjaga cairan dalam tubuh Sobat Pintar. Dehidrasi adalah penyebab umum tekanan darah rendah. Jus buah delima kaya akan antioksidan yang disebut polifenol dan dapat membantu menurunkan tekanan darah Sobat Pintar. Salah satu cara terbaik untuk melawan dehidrasi adalah air; jadi, jangan lupa untuk mengisi cukup air untuk hari itu.

4. Kafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi dapat membantu meningkatkan tekanan darah Sobat Pintar untuk sementara. Ketika tekanan darah Sobat Pintar tiba-tiba turun, secangkir kopi atau teh dapat melancarkan sirkulasi Sobat Pintar. Ini menyebabkan peningkatan tekanan darah yang singkat namun dramatis. Meskipun tidak ada yang tahu mengapa hal ini terjadi, tetapi diyakini dapat membantu meningkatkan tekanan darah Sobat Pintar.

5. Konsumsi Batang Sereh

Batang Sereh memiliki kadar kalium, magnesium dan vitamin c yang tinggi yang dapat membantu mengatur tekanan darah Sobat Pintar. Itu juga sarat dengan antioksidan yang disebut Eugenol yang menjaga tekanan darah terkendali dan menurunkan kadar kolesterol, sehingga bisa menjadi rekomendasi makanan penaik hipotensi.

6. Konsumsi Susu Almond

Rendam 5 sampai 6 kacang almond semalam, kupas di pagi hari, buat pasta dan rebus menjadi minuman. Minum ini setiap hari untuk mencegah tekanan darah Sobat Pintar turun. Tidak ada kolesterol atau lemak jenuh dalam susu almond

Faktanya, minuman ini kaya akan lemak sehat seperti asam lemak Omega-3 untuk menyembuhkan tekanan darah rendah. Sertakan susu ini dalam diet tekanan darah rendah Sobat Pintar; pada dasarnya, Sobat Pintar bisa menambahkannya ke sereal, smoothie, dkk dan menikmati kebaikan susu almond.

7. Daun Seledri

Sobat Pintar bisa merendam daun seledri semalaman dan kemudian merebusnya dengan susu dan meminumnya di pagi hari. Atau Sobat Pintar bisa menambahkan segenggam daun seledri basah ke dalam menu sarapan Sobat Pintar. Ini meningkatkan vitalitas dan darah dan membantu sirkulasi yang lebih baik, yang selanjutnya membantu Sobat Pintar menurunkan tekanan darah. Kismis India ini persis seperti yang Sobat Pintar butuhkan untuk memastikan tekanan darah yang sehat dan berfungsi sebagai makanan penaik hipotensi.

  • Minum lebih banyak air, lebih sedikit alkohol. Alkohol membuat dehidrasi dan dapat menurunkan tekanan darah, bahkan jika Sobat Pintar minum secukupnya. Air, sebaliknya, melawan dehidrasi dan meningkatkan volume darah.
  • Perhatikan posisi tubuh Sobat Pintar. Pindah perlahan dari posisi tengkurap atau jongkok ke posisi berdiri. Jangan duduk dengan kaki bersilang.
  • Jika Sobat Pintar mulai mendapatkan gejala saat berdiri, silangkan paha Sobat Pintar dengan gaya gunting dan remas, atau letakkan satu kaki di langkan atau kursi dan condongkan tubuh sejauh mungkin ke depan. Gerakan ini mendorong aliran darah dari kaki ke jantung Sobat Pintar.
  • Makan makanan kecil dan rendah karbohidrat. Untuk membantu mencegah tekanan darah turun tajam setelah makan, makanlah dalam porsi kecil beberapa kali sehari dan batasi makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, pasta, dan roti.
  • Dokter Sobat Pintar mungkin juga merekomendasikan minum satu atau dua cangkir kopi atau teh berkafein yang kuat saat sarapan. Jangan minum kafein sepanjang hari karena Sobat Pintar akan menjadi kurang sensitif terhadap kafein, dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Berolahragalah secara teratur. Bertujuan untuk 30 sampai 60 menit sehari latihan yang meningkatkan detak jantung dan latihan ketahanan dua atau tiga hari seminggu. Hindari berolahraga dalam kondisi panas dan lembab.

Itulah beberapa cara mengatasi hipotensi. Ingat, jaga selalu kesehatan dan jangan sampai Sobat Pintar jatuh sakit. Kesehatan adalah hal mahal harganya, apalagi bila berkaitan dengan tekanan darah karena bisa terbawa sampai ke jantung.

Tekanan darah yang rendah sebenarnya tidaklah seberbahaya tekanan darah tinggi. Namun tentu saja hal ini bisa menjadi penyebab tidak nyaman dalam beraktivitas dan juga mengganggu kesehatan. Jadi, terapkan tips di atas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan terhindar dari segala macam penyakit tekanan darah rendah.

Selain itu, jangan stress. Jika ada masalah dalam hidup, segera temukan solusinya tanpa berlarut-larut. Misalkan Sobat Pintar Sobat Pintar punya masalah finansial, maka segera cari solusi dengan mengajukan Kredit Pintar untuk pinjaman online 24 jam atau yang sejenisnya. Ini akan membantu Sobat Pintar untuk rileks dan fokus pada kesehatan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk