Beberapa Cara Menghilangkan Bau Kaki

22 Jun 2021 by Laruan
Beberapa Cara Menghilangkan Bau Kaki

Kaki yang bau tidak menyenangkan bagi siapa pun, jadi kebersihan diri yang baik dan mengganti sepatu secara teratur akan membuat kaki Sobat Pintar tetap segar dan harum. Secara medis dikenal sebagai bromodosis, bau kaki adalah masalah umum sepanjang tahun. Penyebab utamanya adalah kaki berkeringat yang dipadukan dengan pemakaian sepatu yang sama setiap hari. Ikutilah tips-tips berikut ini untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki.

Mengapa Kaki Berkeringat?

Kaki mengeluarkan banyak keringat karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat daripada bagian tubuh lainnya. Kelenjar ini mengeluarkan keringat sepanjang hari untuk membantu mendinginkan tubuh dan menjaga kelembaban kulit. Lantas secara alami akan menimbul beberapa bakteri di kaki. Jika bakteri dan keringat menumpuk, bau busuk bisa tercium. Bakteri ini cenderung terbentuk ketika seseorang berkeringat di dalam sepatu, melepaskannya, dan kemudian menggunakannya kembali tanpa membiarkannya benar-benar kering.

Menurut Institute for Preventive Foot Health, diperkirakan 16% orang dewasa berusia dua puluh tahun tahun ke atas telah melaporkan masalah bau kaki. Namun, jika Sobat Pintar tiba-tiba mengalami timbulnya bau kaki baru, mereka harus memeriksa kaki mereka untuk mencari tanda-tanda luka yang dapat terinfeksi. Sobat Pintar dapat meletakkan cermin di lantai dan memeriksa bagian bawah kaki untuk mencari kelainan. Jika kaki Sobat Pintar memiliki tanda-tanda luka, Sobat Pintar harus segera menemui dokter. Jika tidak, Sobat Pintar dapat mencoba tindakan yang dijual bebas dan di rumah untuk mencari cara menghilangkan bau kaki.

Apa itu Bromodosis?

Bromodosis adalah istilah medis untuk kaki bau. Kaki yang bau adalah masalah umum yang disebabkan oleh penumpukan keringat. Biasanya dapat diperbaiki dengan kebersihan yang baik dan perawatan kaki yang sederhana.

Kebersihan yang buruk dapat berperan dalam menyebabkan bromodosis. Jarang mencuci kaki atau tidak mengganti kaos kaki Sobat Pintar setidaknya sekali sehari dapat memungkinkan bakteri tambahan mulai tumbuh di kaki Sobat Pintar. Hal ini dapat menyebabkan bau kaki semakin parah.

Bromodosis juga bisa disebabkan oleh hiperhidrosis, suatu kondisi di mana kulit berkeringat secara berlebihan. Jika Sobat Pintar menderita hiperhidrosis dan tidak bisa mengendalikan keringat, ada beberapa perawatan medis yang bisa Sobat Pintar coba, seperti:

  1. Iontophoresis. Ini melibatkan merendam kaki Sobat Pintar dalam semangkuk air yang dilalui arus listrik yang lemah. Diperkirakan ini menghalangi kelenjar keringat. Namun, biayanya bisa mahal.
  2. Suntikan toksin botulinum (Botox) di kaki. Botox dapat memblokir sinyal dari otak ke kelenjar keringat, sehingga mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Kaki memiliki sekitar setengah juta kelenjar keringat, dan ini dapat menyebabkan banyak keringat. Saat Sobat Pintar memakai kaus kaki dan sepatu, keringat akan terperangkap di dalamnya. Bakteri dan jamur dapat berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembab seperti ini, dan dapat menghasilkan bau. Untuk benar-benar menghilangkan aroma itu untuk selamanya, Sobat Pintar harus menyerangnya di dua sisi: kaki Sobat Pintar sendiri, dan kaus kaki serta sepatu Sobat Pintar. Tips berikut dapat membantu Sobat Pintar menghilangkan bau kaki. Kuncinya adalah memastikan Sobat Pintar mengikutinya secara teratur dan hati-hati.

  1. Gunakan sabun lembut dan sikat gosok untuk mencuci kaki setidaknya sekali sehari. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah saat mandi pagi atau sore hari. Penting untuk mengeringkan kaki Sobat Pintar sepenuhnya setelah dicuci. Berikan perhatian khusus di antara jari-jari kaki Sobat Pintar, di mana setiap basah dapat dengan mudah menyebabkan bakteri berkembang biak.
  2. Gunting kuku kaki Sobat Pintar sesering mungkin sehingga pendek, dan pastikan untuk membersihkannya secara teratur sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki.
  3. Ganti kaus kaki Sobat Pintar setidaknya sekali sehari. Jika Sobat Pintar berada di lingkungan yang panas, sedang berolahraga, atau dalam situasi lain yang membuat kaki Sobat Pintar berkeringat, Sobat Pintar harus lebih sering mengganti kaus kaki.
  4. Gunakan dua pasang sepatu secara bergantian setiap hari. Hal ini memungkinkan setiap pasangan benar-benar mengering karena keringat atau kelembaban selama satu hari penuh sebelum digunakan kembali. Sobat Pintar dapat melepas sol dalam sepatu untuk membantunya mengering kembali.
  5. Pilih kaus kaki yang menyerap kelembaban daripada menyimpannya di kaki Sobat Pintar.
  6. Hindari sepatu yang ketat atau dapat menahan kelembaban.
  7. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan sedikit alkohol gosok ke kaki Sobat Pintar setiap malam. Ini akan membantu mengeringkan kaki Sobat Pintar. Hindari mengaplikasikannya ke retakan di kulit Sobat Pintar.
  8. Oleskan semprotan kaki anti jamur atau bedak kaki obat pada kaki Sobat Pintar sekali sehari.
  9. Masukkan sol deodoran obat ke dalam sepatu Sobat Pintar.
  10. Jika Sobat Pintar ingin mengurangi bau kaki dengan cepat, Sobat Pintar dapat mengoleskan antiperspirant atau semprotan deodoran ke kaki Sobat Pintar dengan aman.
  11. Rendam kaki Sobat Pintar sendiri menggunakan Listerine atau cuka.
  12. Ambil jus lobak dan coba gosok kaki Sobat Pintar dengannya. Sebagai deodoran alami, jus ini adalah media yang sangat baik untuk melawan bau badan.
  13. Taburkan bedak talk di seluruh kaki atau debu dengan baking soda untuk membantu mengurangi keringat berlebih. Sebagai alternatif, rendam kaki Sobat Pintar dalam satu bagian cuka dan dua bagian air.
  14. Mandi dengan jahe untuk waktu yang lama membantu seseorang untuk berkeringat dan membuang racun dari tubuh, membeli jahe, tumbuk dan gunakan jus dan gosokkan pada kaki Sobat Pintar.
  15. Gunakan deodoran semprot atau antiperspiran di kaki Sobat Pintar. Deodorant atau antiperspirant ketiak normal bekerja sebaik produk khusus kaki – dan harganya lebih murah!
  16. Cobalah merendam kaki Sobat Pintar dalam teh hitam kental selama setengah jam setiap hari selama tujuh hari. Asam tanat dalam teh menghancurkan bakteri dan menutup pori-pori agar kaki tetap kering untuk waktu yang lebih lama.
  17. Coba letakkan lembaran pengering di setiap sepatu. Ini membantu menutupi bau, namun ini bukan solusi ideal karena Sobat Pintar ingin menghilangkan masalah bau kaki dan tidak menyamarkannya.
  18. Beberapa bau kaki disebabkan oleh bakteri yang sama yang menyebabkan jerawat, jadi pertimbangkan untuk menggunakan 10% benzoyl peroxide. Demikian juga, gunakan sabun jerawat di kaki Sobat Pintar. Ini adalah sabun khusus yang anti bakteri dan membantu melawan racun tubuh.
  19. Jika tips di atas tidak membantu mengatasi masalah bau kaki Sobat Pintar, temui dokter keluarga atau ahli penyakit kaki Sobat Pintar, yang mungkin akan meresepkan larutan aluminium klorida heksahidrat.
Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk