Bahaya Makan Tengah Malam Yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

30 Mar 2021 by dan.shen
bahaya makan tengah malam

Ngemil biasa dilakukan setiap orang untuk mencukupi kebutuhan kalori sehari-hari. Biasanya ngemil dilakukan pada siang atau malam hari. Namun, kebanyakan orang zaman sekarang ngemil disaat tengah malam. Bahaya makan malam sendiri sangatlah banyak dan bisa membuat berbagai permasalahan kesehatan yang bisa menyebabkan adanya penyakit. Beberapa ahli sepakat bahwa membatasi ngemil dimalam hari dapat membuat penurunan berat badan akan jauh lebih maksimal.

Memang bagi sebagian menganggap makan tengah malam dapat menghilangkan lapar saat malam hari. Namun, bahaya makan malam begitu sangat mengintai bagi setiap orang. Akan tetapi bahaya makan malam tentu saja cukup banyak dan menyebabkan seseorang mengalami berbagai macam gangguan pencernaan. Buat yang belum tahu bahaya makan malam bisa kamu simak di sini  :

1. Gangguan pencernaan

Bahaya makan malam tentu saja yang paling dirasakan oleh sebagian orang adalah gangguan pencernaan. Sebab jarak antara waktu makan dan waktu tidur sangat berdekatan. Hal ini dapat mengakibatkan asam lambung yang naik. Sehingga menyebabkan bagian pencernaan harus bekerja ekstra lebih keras. Gejala asam lambung sendiri ditandai dengan adanya asam lambung yang naik sampai kerongkongan.

Rasa nyeri di dada dan sampai sakit pada bagian tenggorokan membuat orang yang sering makan di malam hari bisa mengalami gangguan pencernaan. Bila gangguan pencernaan akan semakin akut maka sebaiknya dibawa ke dokter. Namun, seringkali kita tidak memiliki uang yang cukup untuk pergi ke dokter. Maka dari itu kredit pintar memberikan solusi melalui pinjaman dana tunai. Di kredit pintar ini nasabah dapat meminjam secara online melalui Kredit Pintar. Dana yang dicairkan dapat langsung diambil dengan menggunakan pinjaman dana tunai. Kredit pintar sudah pasti menjadi solusi bagi masyarakat yang kesulitan dalam pembiayaan.

2. Susah Tidur

Selain gangguan pencernaan bahaya makan malam tentu saja bisa membuat kita tidak bisa tidur saat malam. Hal ini disebabkan tubuh tidak mampu mencerna bahan makanan kurang baik. Selain itu,  makan terlalu dekat dapat menurunkan kualitas tidur. Dampaknya seseorang tidak bisa tidur dan membuat kualitas tidur kurang baik. Kondisi ini membuat tubuh merasa sangat loyo dan kurang bergairah pada saat bangun pagi.

3. Berat badan naik

Makan terlalu malam tentu saja dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan. Menurut penelitian makan tengah malam dapat menyebabkan penyakit kronis yang sangat berbahaya bagi tubuh seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Melansir Sleep Advisor, penambahan berat badan signifikan baru terjadi apabila Anda makan asupan tinggi kalori saat makan tengah malam atau mengudap camilan tinggi kalori saat larut malam.

Jenis makanan atau camilan tinggi kalori yang menyebabkan penumpukan lemak di tubuh di antaranya keripik, kue kering, gorengan, makanan cepat saji, minuman manis, dll.

4. Lelah fisik

Efek lainnya bila terlalu sering makan tengah malam adalah selalu merasa lelah disaat akan beraktivitas. Ketika kamu tidur tubuh masih dalam kondisi mencerna makanan dan menguras energi. Hal ini tentu saja dapat membuat kamu kelelahan dan kekurangan energi. Orang yang sering makan tengah malam bisa membuat orang itu selalu bermimpi buruk akibat kelelahan.

5. Pola Makan Jadi Kacau

Bahaya makan malam yang paling serius adalah dengan kacaunya pola makan yang tidak teratur. Makan malam berpotensi mengurangi rasa lapar pada keesokan harinya. Dengan melewatkan makanan yang teratur sebelumnya dapat membuat sarapan kamu akan lebih banyak pada siang ataupun sore hari. Hal ini tentu saja membuat berat badan kamu bisa naik dengan seketika.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bahaya makan malam yang tidak boleh kamu lakukan setiap harinya. Sebaiknya mulailah memakan makanan yang bergizi setiap harinya selalu tepat waktu. Untuk informasi selanjutnya bisa kunjungi Kredit Pintar.

kredit pintar