Cek Di Sini Bagaimana Cara Membuat Magnet Termudah

17 Sep 2021 by Laruan

Mungkin masih ada yang sampai sekarang masih berpikir tentang bagaimana cara membuat magnet. Apalagi yang waktu kecil begitu kagum, sebab ada benda yang bisa menarik benda-benda lain disekitarnya. Magnet memang punya kemampuan menarik benda dengan energi di dalamnya. Magnet biasanya dibuat dari beberapa jenis bahan. Seperti diantaranya adalah dari lapisan baja, besi, atau beberapa campuran logam lainnya. Menurut situs Gurupendidikan.co.id, dulu magnet banyak dimanfaatkan oleh orang China sebagai alat penunjuk arah atau kompas. Namun sekarang penggunaan magnet sudah cukup banyak.

Cek Di Sini Bagaimana Cara Membuat Magnet Termudah

Penggunaan Magnet Jaman sekarang

Dalam kehidupan sehari-hari, magnet cukup mudah ditemukan. Hal tersebut disebabkan karena magnet cukup besar pengaruhnya untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satu yang paling terlihat adalah manfaatnya sebagai komponen perangkat elektronik yaitu telepon, bel listrik, hingga microfon. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat dari magnet yaitu

1. Magnet Ujung Gunting

Magnet yang biasa ada pada ujung gunting sangat berguna sekali. Terutama bagi pekerjaan penjahit, karena bisa dimanfaatkan untuk mencari jaruh jahit yang hilang. Nyatanya tidak mudah mencari jarum jahit yang jatuh karena ukurannya yang cenderung kecil. Namun dengan memanfaatkan magnet yang ada pada ujung gunting, itu bisa dilakukan dengan mudah.

2. Magnet Pada Papan Catur

Cukup banyak pemain catur atau orang-orang yang menggemari permainan tersebut. Permainan catur ini membutuhkan bidak catur dan papan. Biasanya, permukaan papan yang licin membuat bidak catur lebih mudah tergeser secara tidak sengaja. Dengan menggunakan magnet pada papan catur, membuat bidak tidak mudah terguling.

3. Magnet Pada Dinamo Dan Generator

Sepeda angin biasanya menggunakan dinamo untuk sumber energi penerangan lampu listriknya. Dalam kasus ini, dinamo tidak bisa bekerja sendiri, dan magnet bisa membantunya. Dari magnet tenaga listrik bisa dihasilkan dari dinamo sehingga bisa menyalakan lampu sepeda. Begitu juga dengan konsep alat generator pada beberapa mesin.

4. Magnet Pada Bel Listrik

Mungkin ada yang masih belum tahu bagaimana rupa bel listrik. Meskipun disebut bel listrik, tetap saja perangkatnya dilengkapi dengan lonceng. Lonceng ini tidak bisa bergerak otomatis sehingga bisa bunyi. Ada bagian seperti pemukul yang harus digerakkan supaya lonceng dapat mengeluarkan suara. Magnet adalah salah komponen yang bisa menggerakkan pemukul tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Magnet?

Faktanya, cukup banyak memang peran magnet dalam mendukung kehidupan sehari-hari. Namun, pasti ada yang masih bertanya-tanya apakah bisa membuat magnet sendiri? Tentu saja bisa, bahkan hanya menggunakan alat-alat sederhana. Perhatikan saja DIY magnet dari penjelasan di bawah ini

1. Membuat Magnet Dengan Cara Menggosok

Cara paling mudah untuk membuat magnet adalah dengan cara menggosok saja. Dalam hal ini yang dibutuhkan hanya 2 bahan saja. Pertama adalah magnet permanen sebagai sumber utama serta kedua adalah benda yang ingin dialiri oleh sumber magnet. Jangan lupa benda yang ingin dialiri harus punya sifat kemagnetan.

Maksudnya adalah beda yang terdiri dari domain maupun magnet kecil (magnet elementer). Benda yang dimaksud bisa besi atau baja. Cara membuat magnet dengan cara menggosok terbilang sangat sederhana sekali. Hanya perlu menggosokkan magnet permanen tadi bagi bahan yang ingin dialiri sumber magnet.

Perlu diperhatikan adalah cara menggosoknya tidak boleh sembarangan. Pastikan menggosoknya searah dan beraturan. Teknik menggosok seperti ini bukan tidak ada maksudnya. Dengan menggosok searah dan beraturan akan membuat aliran dari magnet permanen bisa pindah ke benda yang ingin dialiri tadi.

Menentukan mana kutub positif dan negatifnya juga cukup mudah. Perhatikan saja ujung magnet permanen yang tadi digosokkan. Benda yang dipakai sebagai penerima aliran magnet akan memiliki kutub berlawanan dengan ujung magnet permanen tadi. Jadi, tidak perlu bingung menentukan jenis kutubnya.

2. Membuat Magnet Dengan Cara Elektromagnetik

Bagaimana cara membuat magnet pun bisa dicoba pakai metode electromagnetic. Apabila dilihat dari namanya saja sudah terlihat jika cara membuat magnet yang satu ini mengandalkan aliran arus listrik. Lalu apa yang dipergunakan sebagai sumber listrik? Pengguna bisa menggunakan sumber listriknya dari baterai segala ukuran atau yang tersedia saja.

Semua juga sudah tahu, jika energi elektromagnetik hanya bisa dibuat jika ada arus listrik searah (direct current). Atas dasar tersebut, artinya ketika ingin buat magnet pakai elektromagnetik butuh sumber baterai paling tidak 2 buah. Tidak hanya itu saja, sebelum mulai membuatnya sediakan juga benda yang ingin dipergunakan sebagai magnet baru seperti misalnya paku besi.

Jangan lupa juga siapkan kabel kumparan secukupnya serta kawat besi. Kawat besi itu sendiri gunanya adalah sebagai perantara aliran nantinya. Langkah pertama adalah silahkan tumpuk 2 baterai tadi dihubungkan dengan kabel kumparan pada kutub positif dan negatifnya. Ujung kabelnya jangan lupa dikupas dengan gunting.

Selanjutnya tinggal lilitkan saja kabel dengan paku besi sebagai benda media magnet baru. Dengan begitu, magnet sudah bisa digunakan. Cara menentukan mana kutub positif dan negatif bisa menggunakan kaidah tangan kanan. Coba genggam saja paku besi pada tangan kanan dengan posisi ibu jari terbuka.

Sementara jari lain dalam posisi menggenggam. Ibu jari tadi sebagai penentu kutub utara magnet. Satu lagi yaitu sifat magnet yang dibuat dari elektromagnetik ini hanya sementara saja. Artinya jika nanti arus listriknya sampai terputus, sifat kemagnetan pada benda yang dialiri sumber magnet tadi juga akan hilang.

Cara Membuat Magnet Dengan Induksi

Cara lain untuk membuat magnet adalah dengan jalan induksi. Induksi ini terjadi karena pengaruh gaya magnetik pada sebuah benda elementer atau disebut dengan konduktor. Langkah untuk membuat magnet dengan cara ini juga tidak kalah mudah. Tinggal siapkan saja magnet permanen, serta sebuah benda yang ingin dibuat menjadi magnet.

Selanjutnya apabila semua sudah siap. letakkan saja kedua benda tersebut secara berdekatan dan dalam posisi vertikal. Lalu letakkan benda lain yang setidaknya berpotensi bisa ditarik oleh magnet misalnya seperti jarum. Biarkan sejenak, dan pelan-pelan perhatikan posisi jarum tersebut. 

Pastikan posisi magnet permanen dan konduktor tidak berubah-ubah. Lama-lama jarum akan bergerak dan berpindah pada konduktor. Coba perlahan jauhkan magnet permanen, maka bahan konduktor tadi akan otomatis kehilangan sifat kemagnetannya. Tandanya adalah jarum tadi tidak bisa ditarik kembali oleh konduktor.

Namun, ada kasus yang berbeda. Terutama saat bahan konduktor yang dipilih adalah dari batang baja. Kemungkinan besar walaupun magnet permanen dijauhkan, sifat kemagnetannya mungkin masih besar. Buktinya jarum tetap bisa ditarik oleh konduktor batang baja tersebut padahal posisi magnet permanen sudah cukup jauh.

Itu dia tadi penjelasan tentang bagaimana cara membuat magnet. Membuat magnet sendiri memang cukup mudah. Bahan-bahannya relatif sederhana. Meskipun begitu, tetap saja butuh dana untuk membelinya. Kredit Pintar adalah solusi bagi siapa saja yang butuh dana cepat dengan persyaratan mudah.

Waspadai Penipuan Dengan Selfie KTP, Perhatikan Cirinya

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload