Awas Penyakit Berbahaya, Kenali Penyebab Sakit Pinggang

01 Jun 2021 by kreditpintar
Awas Penyakit Berbahaya, Kenali Penyebab Sakit Pinggang

Kesehatan adalah hal yang paling penting bagi semua orang, berbagai macam penyakit bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui penyebabnya. Banyak penyakit yang dianggap biasa namun ternyata dapat berdampak berbahaya bagi kesehatan kita jika diabaikan. Salah satu penyakit yang paling umum dan sering dikeluhkan oleh orang-orang adalah pinggang nyeri. Penyakit ini bukan hanya dikeluhkan oleh orang tua saja tetapi anak-anak muda sekarang juga sering mengeluhkan sakit pinggang.

Sakit pinggang adalah penyakit yang sering dikeluhkan oleh beberapa orang dimana mereka merasakan nyeri disekitar tulang belakang. Nyeri yang dirasakan pun berbeda-beda tergantung dari penyebabnya misalnya, pinggang terasa seperti pegal, ditusuk, terasa kaku dan mati rasa. Dalam beberapa kasus nyeri yang dirasakan dapat menjalar hingga ke bokong dan penderita akan merasa sakit saat membungkuk, berjalan dan saat mengangkat beban berat.

PENYEBAB SAKIT PINGGANG

Kebanyakan penderita pinggang nyeri disebabkan oleh cedera otot. Cedera otot biasanya terjadi karena adanya tekanan besar akibat dari aktivitas yang berat dan gerakan yang berulang. Seperti saat berolahraga dan saat mengangkat beban berat.

penyebab lainnya juga dapat dikarenakan oleh posisi duduk yang salah dan terlalu lama. Dalam kasus ini biasanya penderita duduk dengan posisi yang tidak sesuai dan kursi yang tidak nyaman. 

Kelebihan berat  badan, faktor usia serta kurangnya berolahraga juga menjadi salah satu penyebab adanya pinggang nyeri. Namun dari beberapa Pemicu di atas, terdapat juga beberapa Pemicu pinggang nyeri lainnya, seperti :

  1. Osteoporosis
  2. Gangguan Pada Sendi
  3. Gangguan Pada Otot
  4. Adanya Penyempitan Tulang Belakang
  5. Gangguan Ginjal
  6. Cedera Pada Tulang Belakang
  7. Gangguan Pada Saraf Tulang Belakang

PENGOBATAN SAKIT PINGGANG

Pinggang nyeri yang tidak serius biasanya tidak perlu penanganan oleh dokter, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi pinggang nyeri yang dapat dilakukan sendiri :

  1. Cara mengatasi pinggang nyeri yang bisa anda lakukan sendiri yaitu dengan mengompres area nyeri dengan air hangat.
  2. Mengkonsumsi beberapa obat pereda nyeri seperti paracetamol.
  3. Anda juga harus mengistirahatkan pinggang anda.

Jika beberapa cara di atas masih belum berhasil untuk mengatasi nyeri sakit pinggang, maka anda harus melakukan konsultasi ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan Pemicu pinggang nyerinya.

Beberapa cara mencegah pinggang nyeri yang biasanya akan dianjurkan oleh dokter adalah pemberian obat dengan spesifikasi tertentu. Melakukan terapi khusus yaitu fisioterapi untuk memperbaiki postur tubuh dan mengurangi nyeri.

Dalam kasus yang sangat serius penderita pinggang nyeri yang disebabkan oleh  gangguan ginjal, gangguan tulang belakang dan beberapa kasus lainnya akan dianjurkan melakukan operasi.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai pinggang nyeri, Pemicu, dan cara mengatasinya. Jangan pernah menyepelekan rasa sakit biasa segera periksakan diri anda ke fasilitas kesehatan.

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling mahal dan berharga bagi kita semua. Ada baiknya kita semua melakukan pencegahan sejak dini agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Rasa sakit yang awalnya biasa saja jika dibiarkan pun akan menjadi berbahaya jika tidak dilakukan konsultasi secara berkala dan pemeriksaan kesehatan yang tepat.

Lakukan pemeriksaan kesehatan anda sekarang juga agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan anda nantinya. Jangan khawatir dengan biaya pemeriksaan kesehatan yang mahal, anda dapat mengajukan pinjaman di Kredit Pintar dengan bunga rendah. Kredit Pintar memberikan anda akses pinjaman yang mudah dan cepat serta bunga yang rendah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload