Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah: Tunaiku, MauCash dan Kredit Pintar

19 Jan 2021 by Andro

Meminjam uang merupakan sesuatu yang sulit dan ribet. Dahulu, kita harus datang ke bank secara langsung dan mengisi berlembar-lembar aplikasi hanya untuk meminjam uang. Setelah itu, kita akan diminta untuk menunggu hanya untuk pengecekan identitas dan profil kita. Lalu? Aplikasi peminjaman uang kita masih bisa ditolak karena tidak “kredibel”. Namun, maraknya pertumbuhan fintech seperti Kredit Pintar, Tunaiku, dan MauCash mempermudah kita untuk meminjam uang.

Selain diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ketiga aplikasi fintech ini juga menawarkan kenyamanan dalam meminjam uang. Ketiga fintech ini simpel, praktis, dan cepat sehingga nyaman untuk digunakan. Nah, apa yang membedakan ketiga hal ini? Sekarang dalam tulisan ini kita akan membandingkan ketiga fintech ini dari sisi bunga. Aplikasi pinjaman online bunga rendah merupakan sesuatu yang sering dicari oleh banyak orang dan berikut adalah perbandingan bunga dari Kredit Pintar, Tunaiku, dan MauCash.

1) Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Kredit Pintar merupakan aplikasi peminjaman berbasis online yang terpecaya. Pendaftaran instan dan pengajuan peminjaman dana juga tidak rumit. Syaratnya hanya berupa mengupload foto KTP, mengisi data latar belakang (terutama pekerjaan atau pendapatan yang stabil), serta berusia lebih dari 18 tahun. Anda dapat meminjam sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat meminjam hingga sampai 20 juta rupiah dalam waktu 10 menit saja!

Untuk bunganya sendiri, tersedia jangka waktu yang bervariatif dari 14 hari hingga tiga bulan dengan suku bunga harian yang cukup rendah yaitu 0.5% saja. 

2) Maucash

Maucash merupakan aplikasi pemberi pinjaman uang dari Astra dan WeLab. Syarat peminjaman di Maucash juga tergolong mudah yaitu terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan telah menikah serta memiliki E-KTP, dan memiliki pekerjaan sebagai karyawan atau wirausaha. Maucash juga hanya dapat melayani peminjaman di daerah yang sudah dilayani oleh maucash. Wilayah ini dapat dilihat di website mereka.

Bagaimana dengan bunga yang ditawarkan oleh Maucash? Terdapat dua produk yang ditawarkan oleh Maucash yaitu:

  • Maucepat

Produk ini menawarkan uang pinjaman tanpa pinjaman dengan nominal minimal Rp 500.000 dan maksimal Rp 3.500.000 dengan cara pembayaran sekaligus dalam jangka waktu sampai 61 hari. Bunga yang dikenakan untuk produk ini adalah 0.55% per harinya.

  • Mauringan

Untuk produk ini, Anda dapat meminjam mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 10.000.000 dengan waktu peminjaman 3-12 bulan. Bunga yang dikenakan adalah 6% per bulannya.

3) Tunaiku

Aplikasi tunaiku merupakan aplikasi fintech lainnya yang mengajukan peminjaman uang secara online. Adapun syarat mengajukan peminjaman uang berupa berusia 21-55 tahun, merupakan WNI, memiliki rekening bank, mempunyai pekerjaan atau penghasilan, dan alamat KTP atau berdomisili di dalam area layanan tunaiku. Berbeda dengan Maucash, wilayah area layanan tunaiku lebih terbatas yaitu di Jawa, Sumatera, Makassar, dan Denpasar saja. Aplikasi ini terpecaya karena diawasi oleh OJK sejak tahun 2014 dan telah memberikan pembiayaan sebesar lebih dari empat triliun rupiah.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat meminjam minimal 2 juta hingga 20 juta dengan lama peminjaman berkisar 6 bulan hingga 20 bulan. Suku bunga dari Tunaiku dapat mencapai 3-4% per bulannya. Selain dari suku bunga, terdapat biaya-biaya lainnya yang perlu diperhatikan dalam meminjam di tunaiku. Terdapat biaya administrasi sebesar Rp 540.000 dan denda keterlambatan pembiayaan sebesar Rp 150.000 per bulannya.

mobile-closeKredit PintarDownload