Apa Iya Mimpi Memiliki Arti? Yuk, Cari Tahu Apa Arti Mimpi

19 Apr 2021 by Laruan
Arti mimpi

Apa itu mimpi?

Siapa disini yang ingat dengan semua mimpi-mimpinya? Pasalnya, tidak banyak yang dapat mengingat mimpi mereka secara keseluruhan dengan jelas setelah bangun dari tidur. Mimpi sering sekali dicap sebagai sebuah bunga tidur, secara langsung atau tidak langsung, untuk menyampaikan sebuah pesan khusus bagi seseorang. Mimpi pada umumnya memiliki rangkaian cerita yang tidak berhubungan dan memiliki alur yang berantakan.

Seorang neurologi bernama Sigmund Freund menetapkan teorinya, bahwa mimpi adalah pesan yang tersembunyi dalam alam bawah sadar seseorang. Selain teori beliau, berbagai macam teori juga bermunculan mengenai apa arti mimpi itu sendiri. Sebuah penelitian pada tahun 1980-an menjelaskan bahwa mimpi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh otak untuk membuang memori yang tidak lagi dibutuhkan. Di lain sisi, terdapat penelitian lain yang menyatakan bahwa mimpi memberikan dampak positif berupa peningkatan pembelajaran dan fungsi otak. Ahli psikologi Ian Wallace dan Russel Grant meyakini bahwa mimpi adalah sebuah simbol akan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup seseorang.

Apa saja jenis-jenis mimpi beserta artinya?

Dari sekian banyak orang dan mimpi-mimpi yang pernah dialami, ditemukan beberapa mimpi yang banyak dialami. Dan melalui hal tersebut, muncul pula berbagai jenis mitos mengenai apa saja arti mimpi-mimpi tersebut. Salah satu contohnya adalah mimpi gigi copot. Ahli psikologi, Wallace, memberikan pernyataannya yaitu mimpi tersebut adalah sebuah pesan tersembunyi bahwa orang tersebut akan melewati sebuah kejadian yang dapat menurunkan rasa percaya dirinya. Di lain sisi, ahli psikologi Grant berpendapat bahwa arti mimpi tersebut adalah sebuah pertanda yang buruk perihal sebuah hubungan.

Ada juga contoh lain, yaitu mimpi dikejar. Ahli psikologi Richard Nicoletti memberikan pernyataan mengenai arti mimpi tersebut, yaitu bahwa ada suatu peristiwa yang sedang dihindari seseorang. Maka dari itu, perlu diketahui pasti siapa atau apa yang sedang menjadi beban dan mengejar. Dan contoh terkenal lainnya adalah mimpi terjatuh. Seseorang yang baru saja bangun dari mimpi tersebut akan secara tiba-tiba terbangun dengan badan dan pikiran yang ketakutan, seolah-olah baru saja jatuh. Menurut Wallace, arti dari mimpi terjatuh adalah faktor dari posisi seseorang yang sedang dalam tekanan berat.

Itu adalah beberapa arti mimpi berdasarkan penilaian dan perspektif ahli psikologi. Perlu diketahui, mimpi adalah sebuah kondisi yang dikendalikan oleh otak saat seseorang sedang dalam keadaan tidur. Lalu, kenapa seseorang bisa lupa dengan mimpi yang baru saja dialaminya? Terdapat beberapa alasan dan penyebab seseorang bisa lupa akan mimpinya sesaat setelah bangun tidur, seperti efek samping obat-obatan, tingginya tingkat konsumsi alkohol, dan gangguan tidur seperti lingkungan tidur yang tidak nyaman, atau kebiasaan tidur yang kurang baik.

Apa yang mempengaruhi kualitas mimpi?

Tidur bermimpi sendiri merupakan suatu tanda bahwa seseorang membutuhkan istirahat, karena sebuah mimpi yang bergerak adalah hasil aktivitas intens di dalam otak. Untuk beristirahat dengan cukup, seseorang juga harus memastikan bahwa lingkungan dan kondisi tidurnya dalam keadaan yang nyaman. Beberapa yang harus diperhatikan adalah bantal dan kasur yang nyaman. Percaya atau tidak, kasur yang nyaman bisa menjadi alasan utama dari kenyamanan tidur. Apabila seseorang dapat tidur dengan nyaman, mereka juga dapat lebih mudah mengingat apa saja mimpi mereka. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, pastikan untuk bisa memilih kasur yang cocok dengan kebiasaan tidur yang sehat.

Selain dari kecocokan, harga juga pastinya menjadi sebuah faktor besar dalam pemilihan kasur. Bukan produk yang murah, tetapi bukan berarti tidak jadi membeli. Anda bisa memanfaatkan kredit pintar, pinjaman dana cepat yang dilindungi pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tanpa kartu kredit, Anda bisa membawa pulang kasur yang nyaman. Tidak perlu bersusah payah meminjam dana, kredit pintar akan memberikan pencairan dana tanpa kartu kredit dengan mudah. Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena semakin cepat Anda pinjam, semakin cepat Anda membawa pulang kasur baru.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload