Apa itu Feng Shui? Kenali Manfaatnya Bagi Kehidupan

11 Jun 2021 by kreditpintar
Apa itu Feng Shui? Kenali Manfaatnya Bagi Kehidupan

Apa itu Feng Shui

Secara harfiah kata Feng Shui berasal dari bahasa Tiongkok, yang terdiri dari dua unsur kata yaitu kata Feng yang berarti angin dan Shui berarti air. Jadi dapat kita simpulkan sebagai ilmu topografi kuno dari Cina yang mempelajari bagaimana manusia dapat hidup selaras dengan alam semesta dan lingkungan sekitarnya untuk membantu meningkatkan kehidupan.  

Dimasa sekarang Feng Shui sudah sangat populer sehingga banyak orang yang menggunakannya untuk menentukan tempat tinggal dan tata cara mengatur desain atau interior bagunan, tata kota serta monumen-monumen publik bahkan digunakan dalam meramal atau menganalisis masa depan. sedangkan dalam dunia bisnis atau usaha letak suatu bagunan selalu berada diatas dari posisi jalan, hal ini dikarenakan supaya bangunan tersebut lebih terlihat sehingga dapat memudahkan pelanggan untuk mampir di tempat usaha tersebut.

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai pengertiannya beserta fungsinya, mari simak dua konsep dari Feng Shui berikut ini:

1. Qi 

Qi adalah energi di alam yang tidak terlihat yang mengekspresikan kekuatan alam sebagai bentuk objek, termasuk sinar matahari, pengaruh kosmik, kombinasi warna, gerakan dan kualitas udara, arus air, pikiran bawah sadar, dan emosi manusia. Energi ini juga dapat mempengaruhi suasana suatu tempat dan bagaimana perasaan kita terhadap tempat itu.

2. Yin dan Yang

Yin dan Yang merupakan filosofi yang menggambarkan semesta alam sebagai kekuatan yang saling melengkapi bagaikan siang dan malam, artinya segala sesuatu yang ada di alam semesta ini memiliki dua kekuatan yang saling bertentangan satu dengan yang lain. Dimana Yin adalah energi negatif dan Yang adalah energi positif. Meskipun bertentangan Yin dan Yang saling terkait. 

Manfaat Feng Shui

Nah, berikut ini adalah beberapa fungsinya:

  1. Yang pertama yaitu dapat meningkatkan karir. Dalam Feng Shui, bagian utara rumah melambangkan karir pemilik rumah tersebut. Tidak boleh ada hal-hal negatif di bagian rumah ini dan tidak boleh ada kekurangan ruang kosong.
  2. Secara psikologis, rumah yang memiliki tanaman dengan mengecat rumahnya dengan cat warna-warni, dapat memberikan rasa self-satisfied, energik, dan lebih dinamis.
  3. Yang ketiga adalah kita dapat melihat dan mengenali karakter seseorang maupun mengenali kehidupan pribadi serta kebutuhan sebuah perusahaan dalam memaksimalkan sumber daya manusianya.
  4. Mampu mengetahui kesempatan dan peluang di masa depan.
  5. Dapat mengetahui potensi, bakat atau talenta, bisnis masa depan, hubungan, dan menentukan pasangan hidup.
  6. Dapat menganalisis ikatan batin seseorang baik dengan orang tua maupun anak, dan mengetahui kelemahan fisik seseorang terhadap penyakit tertentu.
  7. Mampu membangun hubungan atau relasi yang lebih baik.
  8. Dapat mengetahui ancaman-ancaman yang mungkin terjadi dimasa depan.
  9. Yang terakhir yaitu, bagi perusahaan Feng Shui berfungsi meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja karyawan, seperti: mengetahui potensi karyawan, pemberdayaan human capital yang unggul dan mampu mencapai kesuksesan secara maksimal, mampu mengenali tingkat ketahanan emosi, cara bekerja, ketepatan dan gaya kepemimpinan semua karyawan.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu Feng Shui dan apa saja manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload