Aman Berbelanja Online Dengan COD (Cash on Delivery)

10 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2021

Sistem pembayaran COD (cash on delivery) masih dilakukan hingga saat ini. Sayangnya, sistem pembayaran COD (cash on delivery) kerap menjadi banyak masalah.

Akibat minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia, sistem pembayaran yang di fokuskan untuk membantu pembeli yang tidak memiliki rekening dan kartu kredit berubah menjadi kesalahpahaman.

Aman Berbelanja Online Dengan COD (Cash on Delivery)

Pasalnya, sistem pembayaran tunai saat barang datang yang dahulu kita kenal adalah si penjual yang mengantarkan barang langsung kepada pelanggan. Jika pembeli merasa barang yang mereka lihat tidak sesuai dengan keinginan mereka, mereka bisa membatalkan pembelian. Akan tetapi, sistem ini sudah diimplementasikan jasa kurir. Sehingga semua orang bisa mengirim paket yang akan dibayarkan oleh pelanggan saat menerima barang.

Disinilah awal timbulnya masalah sistem pembayaran tunai saat barang datang. Pembeli merasa bahwa mereka berhak melakukan pembatalan ketika mereka melihat paket yang mereka terima oleh kurir tidak sesuai dengan harapan mereka. Akan tetapi, sistem pembayaran tunai saat barang datang yang dahulu tidak berlaku dengan sistem yang digunakan oleh jasa kurir.

Untuk itulah, artikel ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat Indonesia untuk memahami sistem pembayaran tunai saat barang datang yang diberikan oleh jasa kurir dan marketplace online saat ini.

Apa Itu COD (Cash on Delivery)?

Istilah tersebut mengacu pada jenis transaksi pembayaran dimana pembeli membayar secara tunai ketika mendapatkan paket. Bentuk pembayaran dan persyaratan yang ditawarkan berbeda-beda, sesuai dengan perjanjian perjanjian antara kedua belah pihak.

Sistem ini biasanya disepakati oleh kedua pihak sebelum proses akhir dari penjualan selesai.  Artinya, sistem pembayaran pembayaran tunai saat barang datang dilakukan saat pelanggan sudah menerima barang, bukan sebelum produk dikirim.

Aman Berbelanja Online Dengan COD (Cash on Delivery)

Sistem pembayaran COD ini menawarkan banyak keuntungan kepada pelanggan, karena sistem ini sangatlah aman, pembeli tidak akan khawatir uangnya hilang atau barangnya hilang, karena pembeli akan melakukan pembayaran setelah barang diterima.

Kelebihan dan Keuntungan  COD (Cash on Delivery)

Keunggulan pembayaran tunai saat barang datang Dari sisi Penjual

  1. Meningkatkan omzet penjualan

Penjual dapat meningkatkan segmen pembeli dengan menawarkan sistem pembayaran COD. Dengan menggunakan sistem pembayaran COD ini, penjual bisa mendapatkan calon pelanggan baru yang percaya dengan sistem pembayaran pembayaran tunai saat barang datang.

  1. Meningkatnya Potensi Calon Pembeli

Penjual bisa mendapatkan calon pembeli yang belum memiliki rekening bank atau kartu kredit. Biasanya, mereka yang tinggal di desa kecil atau anak-anak muda masih belum memiliki rekening bank.

Dengan adanya sistem pembayaran tunai saat barang datang ini, memudahkan mereka untuk membeli barang yang mereka inginkan tanpa harus meminta tolong kepada kerabat terdekatnya untuk membayarkan pesanan yang mereka buat.

  1. Menjadi Toko Yang Direkomendasikan

Untuk mereka yang sudah pernah membeli di toko Sobat Pintar dengan menggunakan COD, mereka cenderung mengingat toko Sobat Pintar kembali dan merekomendasikan toko Sobat Pintar kepada sanak saudara atau kerabat terdekat mereka.

Semakin banyak orang-orang yang merasa terbantu dengan toko Sobat Pintar, maka potensi toko Sobat Pintar dikenal semakin tinggi. Alhasil, toko Sobat Pintar akan mendapatkan exposure yang cukup tinggi yang menghasilkan profit penjualan yang tinggi.

  1. Gratis Biaya Pengembalian Barang

Sobat Pintar jangan takut kehilangan uangnya karena membayar ongkos kirim. Jika Sobat Pintar berbelanja di marketplace online terbesar di Indonesia, mereka menawarkan untuk menanggung ongkos kirim dari hasil pembatalan pesanan tersebut.

Tapi, jika terdapat kesalahan seperti pesanan cacat atau tidak sesuai, Sobat Pintar jangan langsung marah kepada kurir, ya. Sobat Pintar bisa mengakses kembali aplikasi marketplace yang digunakan dan kirim pesan komplain disana.

Mereka akan dengan senang hati menerima komplain Sobat Pintar dan menawarkan solusi mulai dari pergantian barang hingga pengembalian dana ke Sobat Pintar.

Kekurangan COD (Cash on Delivery) Dari Sisi Penjual

Meskipun sistem pembayaran tunai saat barang datang memberikan banyak keuntungan yang menghasilkan profit lebih tinggi, ternyata sistem pembayaran ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah:

  1. Waktu dan Tenaga

Memberikan opsi pembayaran COD memang membuka peluang untuk mendapatkan calon pembeli yang banyak. Tetapi sebagai penjual juga harus siap untuk mempersiapkan waktu dan tenaga yang lebih ketika mendapatkan pembatalan pesan dari pembeli.

Selain mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih, penjual juga mendapatkan kerugian dalam packing produk tersebut.

  1. Resiko Barang Cacat

Kasus pembatalan pesanan biasa terjadi jika produk yang diterima dalam keadaan cacat atau rusak. Kerusakan ini bisa terjadi antara penjual tidak melakukan quality control dan mengirim barang yang rusak. Atau, kerusakan terjadi pada saat pengiriman. Entah itu terjatuh, terkena basah, atau lain-lainnya.

Sebagai penjual yang baik, pastikan selalu barang yang akan dikirim memiliki kualitas yang sangat baik dan masih berfungsi. Dengan begitu, penjual bisa terbebas dari masalah pengembalian barang yang merugikan tokok Sobat Pintar.

  1. Produk Hilang

Masalah produk hilang ini cukup sering terjadi. Biasanya, produk hilang ini terjadi ketika kurir melakukan kesalahan yang semestinya barang dikirim ke Kota Bandung, tetapi mereka mengirimkannya ke Kota Malang.

Meskipun ini bukan kesalahan toko Sobat Pintar melainkan jasa kurir yang digunakan, kehilangan produk jualan ini juga mengakibatkan banyak kerugian bagi toko. Pembeli mulai tidak percaya dengan toko Sobat Pintar, dan Sobat Pintar sebagai penjual harus mengganti produk yang hilang tersebut.

Kelebihan Pembayaran Tunai Saat Barang Datang dari Sisi Pembeli

  1. Bebas Resiko Kehilangan Uang dan Barang

Jangan takut menjadi korban penipuan saat berbelanja online. Dengan sistem pembayaran tunai saat barang datang, pembeli hanya akan membayar ketika barang yang dipesan sudah sampai di tangan.

  1. Tidak Perlu Membayar Pada Saat Memesan

Kemudahan sistem pembayaran pembayaran tunai saat barang datang ini tidak mengharuskan pembeli melakukan pembayaran di awal melalui m-Banking, atau melakukan pembayaran di minimarket.

  1. Dapat Membatalkan Pesanan

Meskipun barang yang telah dipesan sudah sampai ke lokasi, pembeli dapat melakukan pembatalan pesanan jika:

  1. Barang yang diterima cacat
  2. Barang yang diterima tidak sesuai

Namun, proses pembatalan tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung dengan kurir, melainkan melalui aplikasi marketplace tempat kamu membeli barang tersebut, ya. 

Kekurangan pembayaran tunai saat barang datang Dari sisi Pembeli

  1. Resiko Penalti

Setiap marketplace online memiliki kebijakan, jika pelanggan melakukan pembatalan pesanan secara berturut-turut, pihak marketplace berhak untuk menonaktifkan akun untuk sementara waktu.

Selain itu, kurir juga bisa melakukan pembatalan pengantaran jika pelanggan yang membeli barang tersebut jarang berada di rumah.

  1. Harus Mempersiapkan Uang Tunai

Karena menggunakan sistem pembayaran tunai saat barang datang, sebagai pembeli harus mempersiapkan uang tunai ketika pesanan sudah datang. Hal ini cukup repot jika pembeli tidak memiliki uang tunai yang pas dengan harga pesanan yang diterima.Semoga setelah membaca artikel tentang pembayaran tunai saat barang datang ini, kejadian yang tidak diinginkan mulai berkurang ya. Be a smart buyer, ya semua!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download