9 Tips Membangun Kepercayaan Diri Bagi Introvert

02 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 02 Jul 2021
9 Tips Membangun Kepercayaan Diri Bagi Introvert

Kepercayaan diri, atau optimisme diri adalah sesuatu yang sangat penting agar seseorang dapat menentukan langkah, mengambil keputusan, dan bertindak di depan umum. Namun, terkadang ada banyak kejadian yang dapat membuat Sobat Pintar tidak percaya diri. Misalnya, Sobat Pintar yakin dapat menjadi juara pada suatu perlombaan namun ternyata gagal. Hal tersebut dapat mempengaruhi optimisme diri Sobat Pintar untuk tidak lagi mengikuti perlombaan selanjutnya. 

Apakah Sobat Pintar termasuk orang yang percaya diri? Ada banyak ciri yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki optimisme diri. Salah satu yang paling menonjol adalah ketika seseorang memiliki keyakinan atas kemampuannya sendiri. Jika Sobat Pintar merasa belum memiliki keyakinan tersebut, jangan berkecil hati karena hal tersebut dapat dilatih. Cara meningkatkan optimisme diri juga tidak susah, kok. 

Ingat! Tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan optimisme diri. Dengan rasa percaya diri, Sobat Pintar dapat menciptakan dan memberikan hal-hal positif untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi, mari bangun rasa percaya diri Sobat Pintar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan optimisme diri:

1. Fokus pada potensi

Setiap orang pasti punya keunggulan atau potensi, tidak terkecuali Sobat Pintar. Potensi diri dapat menjadi kunci utama untuk meningkatkan optimisme diri Sobat Pintar. Jika Sobat Pintar berfokus untuk mengembangkan potensi diri maka Sobat Pintar mempunyai kemampuan yang lebih daripada orang lain. Hal tersebut secara otomatis akan meningkatkan optimisme diri Sobat Pintar.

Jangan iri terhadap potensi atau keunggulan yang dimiliki oleh orang lain, hal tersebut hanya akan menurunkan rasa percaya diri Sobat Pintar. Lebih baik tingkatkan potensi yang Sobat Pintar punya sebaik yang Sobat Pintar bisa. Contoh potensi yang bisa Sobat Pintar kembangkan adalah pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi, musik, olahraga, dan lain sebagainya.

2. Jangan mudah terpengaruh perkataan orang lain

Hal yang berpengaruh sangat besar pada optimisme diri seseorang adalah saran, kritik, dan perkataan orang lain. Apalagi jika komentar tersebut datang dari orang yang dekat dengan Sobat Pintar. Maka, pintar-pintarlah memilih dan memilah perkataan orang lain tentang diri Sobat Pintar. Jangan terlalu memikirkan perkataan yang bersifat menurunkan rasa percaya diri Sobat Pintar adalah. 

Saring dan pilihlah kritik, saran, dan perkataan yang dapat berkontribusi  pada pengembangan diri Sobat Pintar. Jangan dipikirkan jika Sobat Pintar rasa ada komentar yang hanya bertujuan untuk menjatuhkan optimisme diri Sobat Pintar. Berusahalah untuk hanya mengambil hal yang bermanfaat bagi pengembangan diri Sobat Pintar.

3. Buat catatan atas keberhasilan Sobat Pintar

Meskipun terkesan sepele, cara meningkatkan optimisme diri yang satu ini mampu memberikan dampak positif pada diri Sobat Pintar. Dengan mencatat dan mengingat keberhasilan yang pernah Sobat Pintar raih, sekecil apapun itu, akan mempengaruhi Sobat Pintar dengan sudut pandang positif. Selanjutnya, Sobat Pintar akan mempunyai semangat baru untuk mengejar mimpi selanjutnya yang lebih realistis dan mampu meraihnya dengan baik.

Contoh sederhana tentang keberhasilan adalah saat Sobat Pintar berhasil menyelesaikan tugas yang Sobat Pintar anggap sulit. Atau, ketika Sobat Pintar berhasil mempelajari sesuatu yang baru seperti mengoperasikan komputer, memainkan alat musik, public speaking dan lain sebagainya. Keberhasilan-keberhasilan sederhana tersebut dapat menstimulasi optimisme diri Sobat Pintar agar tetap terjaga atau bahkan meningkat. 

4. Pentingnya rencana cadangan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Rencana yang sudah disiapkan secara matang pun tak selamanya akan berjalan mulus. Tingkatkan optimisme diri Sobat Pintar dengan rencana cadangan. Sehingga, Sobat Pintar tidak akan kebingungan jika rencana utama tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Memiliki rencana cadangan adalah cara meningkatkan optimisme diri yang lumrah untuk dilakukan. Jadi, jangan merasa minder jika Sobat Pintar memiliki rencana cadangan. Tidak ada yang sempurna didunia ini, bukan?

7. Pahami bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini

Dengan menyadari kekurangan diri akan membuat seseorang belajar untuk meningkatkannya. Maka, jangan takut untuk mengakui dan menerima kekurangan diri. Yang terpenting adalah jangan menggunakan kelemahan Sobat Pintar sebagai alasan untuk minder. Alih-alih, jadikan hal tersebut sebagai cambuk untuk mengembangkan diri. Dengan sikap tersebut, pada akhirnya Sobat Pintar akan tetap percaya diri dan semakin berkembang. 

Jika Sobat Pintar melakukan kesalahan dalam suatu hal, carilah cara untuk memperbaikinya. Kesalahan yang Sobat Pintar buat bukanlah aib ataupun hal yang mengerikan yang tidak dapat diperbaiki. Belajarlah dari kesalahan tersebut agar dikemudian hari kesalahan tersebut tidak terulang lagi. Dengan begitu, secara pelan namun pasti optimisme diri Sobat Pintar akan semakin meningkat.

6. Perhatikan penampilan

Cara meningkatkan rasa percaya diri yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan penampilan diri. Bisa dibilang ini adalah cara yang paling sederhana untuk meningkatkan optimisme diri. Hanya dengan berpakaian yang nyaman dan rapi, berdandan, atau sekedar merapikan rambut dapat meningkatkan rasa percaya diri Sobat Pintar. 

Pernahkah Sobat Pintar melihat seseorang yang hendak bertemu atau sekedar menyapa orang yang disuka? Jika diperhatikan, yang ia lakukan pertama kali biasanya adalah merapikan rambut atau bercermin dahulu. Ini adalah bukti sederhana bahwa penampilan yang baik dapat meningkatkan optimisme diri.

Namun, jangan gampang terlena dan mengandalkan penampilan Sobat Pintar yang bagus. Penampilan yang bagus adalah pendukung untuk meningkatkan percaya diri. Yang terpenting adalah kembangkan apa yang ada di dalam diri Sobat Pintar. 

7. Perluas pergaulan

Jangan membatasi diri Sobat Pintar hanya dengan tipe pergaulan tertentu. Kecenderungan yang terjadi adalah jika Sobat Pintar tipe pemalu, maka Sobat Pintar akan berkumpul dengan lingkungan pertemanan yang pemalu juga. Buka diri Sobat Pintar lebih luas lagi dengan menambah teman dengan berbagai karakter. Sehingga secara perlahan-lahan Sobat Pintar akan belajar untuk lebih percaya diri bertemu dengan banyak orang.

Beranikan diri untuk membuka percakapan dan buat suasana menjadi lebih cair. Mungkin akan terasa kurang lancar pada awalnya, namun lama kelamaan Sobat Pintar akan terbiasa dan kepercayaan diri Sobat Pintar berhadapan dengan orang lain akan semakin meningkat. Sobat Pintar dapat mengawali obrolan tentang  topik yang kemungkinan semua orang tahu. Topik tentang berita terhangat, cuaca, kondisi lalu lintas adalah topik yang sering dipakai orang untuk membuka suatu percakapan. 

Perluas pergaulan

8. Jangan takut berimajinasi

Pernah mendengar istilah “fake it until you make it”? Nah, berimajinasi tentang keberhasilan dimasa depan akan membantu Sobat Pintar untuk menghilangkan perasaan takut gagal. Dengan membayangkan keberhasilan (meski belum tercapai) seseorang akan menciptakan gambaran baru seolah-olah ia mampu melakukannya. Sehingga hal tersebut akan membangkitkan motivasi diri dan optimisme untuk bisa melakukan sesuatu. 

9. Meminta bantuan profesional

Tidak semua orang dapat mengatasi permasalahan seorang diri. Terkadang mengenali potensi diri dan mengembangkan diri terasa sangat sulit dan memerlukan bantuan orang lain. Maka, tidak usah merasa segan untuk meminta bantuan kepada psikolog demi meningkatkan kepercayaan diri. Psikolog akan membantu mengarahkan Sobat Pintar agar lebih mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri Sobat Pintar. 

Jangan takut untuk datang ke psikolog demi meningkatkan kepercayaan diri Sobat Pintar karena Kredit Pintar akan selalu siap membantu Sobat Pintar. Tidak usah khawatir dengan bunga selangit karena Kredit Pintar memiliki biaya rendah dibanding pinjaman lain dan langsung cair.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download