8 Cara Mengurangi Mata Minus yang Baik dan Efektif

05 Jul 2021 by Laruan
8 Cara Mengurangi Mata Minus yang Baik dan Efektif

Mata yang merupakan salah satu dari panca indera manusia merupakan organ yang tentunya sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, banyak sekali orang yang memiliki organ mata yang kurang bisa melihat objek di jarak yang jauh dengan jelas atau biasa juga disebut penyakit atau gangguan mata minus. Namun, jika Sobat Pintar adalah salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki mata minus tanpa merasakan gejala yang signifikan, maka Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi hal tersebut. Simaklah 8 cara mengurangi mata minus atau rabun jauh yang baik dan efektif berikut ini.

1. Mengkonsumsi wortel

Cara mengurangi mata minus yang pertama dan sangat populer serta selalu dianjurkan oleh para dokter mata adalah mengkonsumsi wortel. Seperti yang sudah diketahui, wortel mengandung banyak sekali kandungan vitamin A di dalamnya dan seperti yang sudah Sobat Pintar ketahui juga, vitamin A adalah jenis vitamin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan mata. Oleh karena itu, sangat baik bagi para penderita mata minus untuk mengkonsumsi wortel secara rutin. Namun, mengingat rasanya yang bisa dibilang tidak terlalu enak jika dikonsumsi secara langsung, maka mengolah wortel menjadi bentuk sup ataupun jus pun sangat direkomendasikan agar Sobat Pintar bisa lebih mudah mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

2. Mengkonsumsi lidah buaya

Selain baik untuk kesehatan rambut, ternyata lidah buaya juga berkhasiat untuk mengurangi mata minus jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Hanya saja dalam hal ini, tampaknya perlu pengolahan khusus agar dapat mengkonsumsi lidah buaya seperti mengolahnya ke dalam bentuk jus lidah buaya, mengingat wujudnya yang berupa tanaman sehingga tidak dapat dikonsumsi secara langsung.

3. Mengkonsumsi buah bit

Selain mengkonsumsi wortel dan lidah buaya, cara meredakan rabun jauh yang selanjutnya adalah mengkonsumsi buah bit. Jika Sobat Pintar belum tahu, ternyata buah bit juga memiliki khasiat yang tidak kalah manjurnya dibandingkan wortel dan lidah buaya dalam mengobati mata minus. Sama seperti lidah buaya, buah bit juga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh jika diolah menjadi bentuk jus. Selain itu, menambahkan campuran wortel  serta belimbing ke dalam jus buat bit juga bisa menambah kemanjuran buah ini dalam mengobati mata minus.

4. Mengompres mata dengan daun sirih

Cara mengurangi mata minus yang selanjutnya yang bisa Sobat Pintar coba adalah dengan mengompres mata dengan daun sirih. Hal ini dilakukan dengan cara mencuci meletakkan daun sirih yang sudah dicuci hingga bersih di kedua kelopak mata sambil memejamkan mata. Karena aktivitas ini membutuhkan Sobat Pintar untuk memejamkan mata selama aktivitas ini berlangsung, maka dapat dipastikan bahwa Sobat Pintar tidak akan bisa melakukan sebagian besar aktivitas Sobat Pintar sambil melakukan aktivitas ini. Oleh karena itu, cara yang satu ini lebih baik dilakukan saat akan sedang tidur agar tidak mengganggu aktivitas Sobat Pintar yang lainnya.

5. Berlatih senam mata secara rutin

Salah satu penyebab dan gejala mata minus adalah mata lelah. Saat mata lelah, tentunya daya  penglihatan pun akan menurun dan jika diakumulasikan akan mengakibatkan mata minus. Oleh karenanya, saat mata sudah mulai terasa lelah, ada baiknya Sobat Pintar rehat sejenak dan berlatih senam mata secara rutin. Senam mata ini sangatlah mudah untuk dilakukan, yaitu dengan membuka mata lebar-lebar dan menggerakkan ke kiri, kanan, atas, dan bawah secara teratur selama beberapa saat. Jika sudah selesai, Sobat Pintar bisa memejamkan mata Sobat Pintar sejenak untuk mengistirahatkan mata Sobat Pintar setelah melakukan senam mata tersebut. Dengan begitu, rasa lelah pada mata Sobat Pintar pun akan bisa segera hilang.

6. Berlatih melihat objek yang jaraknya jauh

Salah satu penyebab mata minus adalah seringnya kita memaksakan mata kita untuk melihat objek tertentu dari jarak dekat sehingga mata kita lebih terbiasa melihat objek yang jaraknya dekat dan menjadi lebih sulit untuk melihat objek yang jaraknya jauh. Salah satu gejala rabun jauh adalah kesulitan melihat objek yang terletak jauh. Oleh karena itu, ada baiknya kita sering-sering berlatih melihat objek yang jaraknya jauh sebagai salah satu cara meredakan rabun jauh. Berlatih melihat objek yang jaraknya jauh ini bisa dalam bentuk apa saja selama objek yang dilihat jaraknya jauh, seperti melihat papan reklame yang jaraknya jauh ataupun melihat layangan yang terbang jauh di langit yang cerah.

7. Membiasakan diri untuk tidak membaca sambil tiduran dan memicingkan mata

Penyebab mata minus lainnya yang sangat signifikan adalah kebiasaan membaca sambil tiduran dan memicingkan mata saat hendak melihat objek lebih jelas. Membaca sambil tiduran sangatlah berbahaya bagi kesehatan mata karena pada saat kita dalam posisi tiduran, otak kita tidak dapat bekerja maksimal sehingga respon yang diberikan otak kepada mata menjadi lebih lambat sedangkan mata tetap dipaksa untuk bekerja keras. Selain itu, sudut pandang yang buruk serta jarak objek yang terlalu dekat seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya pun semakin memicu rusaknya mata kita karena kebiasaan ini.

Sedangkan untuk kebiasaan memicingkan mata, kebiasaan ini dapat membuat bentuk bola mata semakin lonjong karena pada saat memicingkan mata, mata kita ditekan oleh bagian atas dan bawah soket mata sehingga jika terus-terusan dilakukan secara rutin akan membuat bola mata menjadi lonjong yang dampaknya adalah berubahnya titik fokus pada mata. Oleh karena itu, dengan segala dampak buruk yang ditimbulkan oleh dua kebiasaan tersebut, sangat disarankan untuk menghindari kebiasaan membaca sambil tiduran dan memicingkan mata saat hendak melihat objek dengan lebih jelas.

8. Operasi lasik mata

Cara mengurangi mata minus yang selanjutnya memang bukanlah cara yang alami seperti cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya karena melibatkan sebuah operasi dengan teknologi canggih di bidang kesehatan mata, yaitu dengan cara operasi lasik mata. Lasik mata adalah sebuah metode pengobatan mata dengan menggunakan teknologi laser dengan cara mengikis kornea mata agar bentuknya menjadi ideal kembali. Operasi lasik mata ini sangat baik untuk dilakukan pada para penderita mata minus yang sudah cukup parah yang sangat sulit untuk diobati dengan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya di artikel ini.

Prosesnya pun terbilang cukup instan tapi sayangnya biaya untuk operasi lasik mata ini terbilang cukup mahal sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Namun, jika Sobat Pintar memang sangat peduli dengan daya penglihatan mata Sobat Pintar dan harus mengobatinya secepat mungkin namun Sobat Pintar belum memiliki uang untuk biayanya, maka Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman uang online ke perusahaan-perusahaan kredit pinjaman online seperti Kredit Pintar sehingga biaya operasinya yang terbilang cukup mahal tidak menjadi masalah lagi bagi Sobat Pintar.

Itulah 8 cara meredakan rabun jauh yang baik dan efektif. Semoga kesehatan mata Sobat Pintar bisa semakin baik dan terjaga dengan menerapkan cara-cara yang sudah kami jabarkan para artikel ini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk