7 Metode dan Cara Menghilangkan Rasa Takut

05 Aug 2021 by Laruan

Ketakutan bisa bersumber dari banyak hal, mulai dari kejadian-kejadian mengerikan, pengalaman menyeramkan, bahkan takut akan kehilangan seseorang yang disayangi. Manajemen rasa takut menjadi hal penting terutama untuk pengendalian diri. Sehingga cara menghilangkan rasa takut pun tak kalah penting untuk dipahami. 

7 Metode dan Cara Menghilangkan Rasa Takut

Rasa takut secara ilmiah terjadi dalam dua fase, yakni biokimia dan emosional. Ketika merasa takut, tubuh akan merilis hormon adrenalin yang merupakan hormon stres dalam jumlah banyak. Reaksi ini kemudian memicu serangkaian reaksi lain yang berujung pada respon fisik seperti jantung berdebar hingga keringat berlebih.

Sedangkan takut secara emosional terekspresi dalam aktivitas sehari-hari seperti takut untuk bertemu orang baru. Takut untuk berbicara di depan umum hingga fobia-fobia sosial lainnya. Dalam rangka mengatasi rasa takut, berikut adalah beberapa metode yang dapat dilakukan agar tidak diekspresikan secara berlebihan hingga membahayakan.

Menghilangkan rasa takut dengan 6 cara ini

  1. Hadapi rasa takut

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika merasa takut adalah dengan menghadapinya. Meski terdengar sulit, namun cara ini bisa menjadi metode tercepat untuk menghilangkan rasa takut itu sendiri. Awalnya mungkin akan terasa berat dan sulit, namun ketika sudah berhasil menghadapi rasa takut tersebut, semua hal akan terasa lebih mudah.

  1. Menenangkan diri

Perasaan takut umumnya juga diikuti oleh serangkaian gejala fisik lain yang mengganggu. Maka untuk mengatasinya, tubuh perlu berada dalam kondisi yang tenang. Mengatur napas, minum air, hingga melakukan kegiatan yang bisa mengalihkan rasa takut seperti berjalan-jalan atau mendengarkan musik menjadi beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri. 

Ketika diri sudah merasa tenang, maka rasa takut akan lebih mudah untuk dikendalikan. Cara yang satu ini cukup efektif untuk membebaskan diri dari rasa takut yang terus-menerus membebani.

  1. Kenali pemicu rasa takut

Dalam upaya mengatasi rasa takut, seseorang perlu mengenali hal-hal yang dapat memicu timbulnya rasa takut itu sendiri. Untuk mempermudah, tuliskan hal-hal yang pernah membuat rasa takut yang berlebihan itu muncul. Dari hal ini kemudian bisa diperkirakan kapan saja keadaan tersebut bisa terjadi dan merencanakan apa yang harus dilakukan ketika rasa takut itu muncul untuk mengatasinya.

  1. Berpikir lebih positif

Cara menghilangkan rasa takut yang cukup efisien adalah dengan berpikir dengan lebih positif. Rasa takut cenderung membuat pikiran dipenuhi oleh prasangka negatif yang dapat memperburuk keadaan. Maka sebaiknya kendalikan diri dan usahakan untuk memikirkan hal-hal positif yang dapat terjadi. Meyakini bahwa semua akan baik-baik saja bisa jadi salah satu caranya.

  1. Menerima kenyataan

Sikap menerima tidak selamanya buruk. Hal ini terkadang dapat lebih membantu untuk mengatasi rasa takut. Tubuh dapat merasa lebih tenang dan dapat berpikir lebih jernih. Tanamkan dalam pikiran bahwa setiap hal pasti memiliki sisi baik dan buruk. Usahakan untuk dapat mengendalikan keadaan agar rasa takut dapat diatasi.

  1. Hindari pelampiasan pada rokok, alkohol, atau obat-obatan

Ketika perasaan takut dan cemas mulai datang sebaiknya jangan terburu-buru untuk melampiaskan pada hal-hal yang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Rokok, alkohol, hingga obat-obatan hanya akan mengatasi rasa takut secara sementara, namun dampaknya bisa terasa hingga masa tua. Sebagai gantinya, manajemen stres dengan istirahat yang cukup dapat dilakukan untuk mengatasi rasa takut.

  1. Bersyukur

Mensyukuri kehidupan menjadi salah satu cara menghilangkan rasa takut yang cukup ampuh. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan hal-hal atau kejadian baik yang pernah dialami. Aktivitas ini sekaligus membentuk kesadaran bahwa masih banyak hal indah dalam hidup dan setiap diri manusia itu berharga.

Itulah delapan cara menghilangkan rasa takut yang dapat diterapkan untuk mengurangi kecemasan berlebih. Apabila rasa takut sekiranya sudah tidak dapat ditangani secara mandiri dengan metode-metode di atas, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga ahli seperti psikolog, terapis, atau psikiater.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload