5 Manfaat Daun Salam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

19 May 2021 by kreditpintar
manfaat daun salam

Hadir sebagai salah satu tanaman tradisional, manfaat daun salam sangatlah luar biasa. Selain digunakan sebagai bumbu makanan, ia juga dapat Sobat Pintar gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menggunakannya sebagai obat tradisional.

Daun salam sendiri dikenal dengan beberapa sifat alami, seperti halnya antiseptic, antioksidan, hingga antikanker. Dengan sifat-sifat yang dimilikinya tersebut, ada banyak manfaat yang bisa Sobat Pintar dapatkan dari daun salam. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

Manfaat daun salam untuk atasi masalah rambut

Manfaat daun salam yang paling pertama adalah untuk mengatasi masalah rambut. Seperti halnya mengatasi ketombe yang selalu muncul pada rambut. Kemudian ia juga dapat Sobat Pintar gunakan untuk mengurangi tingkat kerontokan rambut.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah. Sobat Pintar hanya perlu merebus daun salam tersebut. Apabila air rebusan tersebut telah dingin, maka Sobat Pintar tinggal menggosokkannya pada bagian kulit kepala. Namun sebelum melakukan hal tersebut, pastikan agar rambut Sobat Pintar berada dalam kondisi bersih.

Redakan batuk dengan daun salam

Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Keberadaannya sendiri seringkali menular pada orang di sekitar dengan mudah. Karena itulah seringkali terjadi satu keluarga yang mengalami masalah sama di waktu bersamaan.

Dengan manfaat daun salam, masalah batuk tentunya dapat Sobat Pintar atasi secara mudah. Cukup dengan merebus daun salam, kemudian diamkan air rebusan selama 10 menit. Setelah itu masukkan kain pada air rebusan tersebut dan usapkan ada bagian dada Sobat Pintar. Cara ini sangat mudah dan dapat dilakukan untuk meredakan batuk serta flu.

Rebusan daun salam atasi asam urat

Masalah kesehatan lainnya yang juga terasa sangat mengganggu bagi para penderitanya adalah asam urat. Masalah kesehatan ini menimbulkan rasa nyeri serta pembengkakan sekitar area sendi. Namun dengan daun salam, Sobat Pintar dapat meredakan nyeri serta pembengkakan tersebut.

Caranya terbilang mudah, cukup merebus daun salam dengan menggunakan 10 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja. Setelah itu minumlah air rebusan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

Apabila penggunaannya dilakukan dengan takaran yang tepat. Tentunya masalah asam urat pun akan menghilang dengan mudah.

Turunkan berat badan

Bagi Sobat Pintar yang ingin melakukan program diet dengan mudah, kini ada cara sederhana yang dapat Sobat Pintar lakukan. Cara tersebut adalah menggunakan daun salam sebagai bahan penunjangnya. Hal ini berkaitan dengan kebaikan alami dari daun salam untuk menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan dengan daun salam. Sobat Pintar dapat membuat ramuan yang terdiri dari 1 liter air, 6 lembar daun salam, 1 sendok kayu manis dan juga 1 sendok madu alami. Campur bahan tersebut dengan cara direbus. Setelah itu, konsumsi air rebusannya pada pagi hari secara rutin.

Turunkan tekanan darah tinggi dengan daun salam

Salah satu kandungan senyawa berkhasiat yang ada pada daun salam adalah flavonoid. Jenis senyawa tersebut dikenal baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Karena itulah bagi Sobat Pintar yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi, cobalah untuk menggunakan daun salam.

Cara penggunaannya sederhana, Sobat Pintar hanya perlu merebus sekitar 8 hingga 10 daun salam. Kemudian konsumsi air rebusan tersebut 1 kali sehari secara rutin untuk dapatkan hasil yang lebih optimal.

Dengan melihat beberapa kebaikan alami daun salam tersebut. Sobat Pintar dapat melihat bahwa ada banyak sekali tanaman alami yang berkhasiat tinggi. Salah satunya adalah daun salam yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan mudah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload