5 Efek Samping Waxing Yang Perlu Sobat Pintar Ketahui

09 Jul 2021 by Laruan

Jika Sobat Pintar menginginkan kulit yang mulus dan terbebas dari rambut, waxing adalah cara yang mudah dan efektif. Namun jangan buru-buru melakukan waxing sebelum Sobat Pintar tahu efek samping waxing yang dapat timbul. Ketahuilah cara pencegahan dan pengobatan jika efek samping waxing muncul, dengan begitu manfaat waxing akan Sobat Pintar rasakan secara maksimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja efek samping yang dapat timbul dari waxing, baca artikel ini sampai habis. Di sini juga akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi efek samping tersebut.

Reaksi Tubuh Setelah Melakukan Waxing

Iritasi dan kemerahan di kulit

Efek samping waxing yang paling umum adalah iritasi dan kemerahan pada kulit. Kebanyakan orang akan mengalami kemerahan, paling tidak sesaat setelah mereka di waxing. Namun, efek kemerahan dan iritasi akan terus-menerus muncul jika kulit Sobat Pintar sensitif.

Sobat Pintar dapat menggunakan gel lidah buaya untuk meringankan kemerahan dan iritasi pada kulit Sobat Pintar. Mengoleskan pelembab setelah waxing juga dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi.

5 Efek Samping Waxing Yang Perlu Sobat Pintar Ketahui

Kulit kendur

Terlalu banyak waxing dapat mengurangi elastisitas kulit yang dapat mengakibatkan keriput. Penyebabnya adalah proses waxing dalam menghilangkan rambut dengan menarik kulit secara paksa, sehingga elastisitas-nya berkurang karena peregangan kulit yang terlalu sering. 

Disarankan untuk tetap menjaga kelembaban dan kesehatan kulit, serta tidak terlalu sering waxing. Bila memungkinkan, lakukan dengan jeda 30 hari setiap kali waxing.

Ruam dan memar

Ruam dan memar adalah reaksi setelah waxing yang sering muncul pada kulit yang sensitif. Pada beberapa kasus, terdapat pendarahan ringan pada folikel rambut di bawah kulit terutama pada daerah kemaluan.

Untuk mengatasinya, oleskan pelembab dan tidak mengenakan pakaian dengan bahan kasar yang dapat membuat kulit iritasi.

Rambut tumbuh kedalam

 Efek ini menyebabkan rambut yang baru tumbuh lemah sehingga tidak mampu untuk menembus permukaan kulit dan terjebak di bawah kulit. Akibat yang ditimbulkan adalah munculnya ruam atau benjolan yang sakit. Biasanya hal ini umum terjadi pada area yang memiliki rambut yang tebal seperti ketiak dan area kemaluan.

Eksfoliasi 24-48 jam sebelum dan setelah waxing sangat disarankan untuk menghindari reaksi setelah waxing ini.

Kulit terbakar dan bercak kehitaman

Jika waxing terlalu panas untuk kulit saat pelaksanaan prosedur, ini dapat mengakibatkan kulit kemerahan, bengkak atau bahkan melepuh. Waxing yang terlalu panas juga dapat menimbulkan bercak kehitaman pada kulit. Dalam beberapa kasus, bercak kehitaman memudar dalam waktu beberapa bulan atau bahkan tahun.

Untuk mengatasi hal tersebut, olesan krim antiseptik selama beberapa hari setelah waxing dan hindari kontak dengan panas hingga kulit sembuh.

Infeksi

Infeksi kulit dapat muncul pada area yang mengalami pendarahan ringan atau yang mengalami iritasi. Sesekali, bagian kulit dapat rusak karena waxing dan menyebabkan peradangan. Pada sedikit kasus, folikulitis atau peradangan pada folikel rambut akibat infeksi bakteri atau jamur dapat terjadi.

Infeksi ini jarang terjadi, namun biasa terjadi pada orang yang menderita diabetes. Pengobatan dengan antibiotik adalah yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Efek samping waxing yang pasti akan muncul adalah rasa sakit. Bagaimana tidak, satu rambut dicabut dari akarnya saja rasanya sudah sakit, apalagi dalam jumlah banyak secara bersamaan!

Nah, pergi ke salon yang profesional adalah salah satu yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk meminimalisir reaksi setelah waxing. Tenang, ada Kredit Pintar yang siap membantu Sobat Pintar dengan prosesnya yang cepat, syarat yang mudah, cair dananya cepat. Daftarkan diri Sobat Pintar ke Kredit Pintar sekarang!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload