5 Cara Menjadi Selebgram Dengan Mudah

10 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2021

Sobat Pintar! Pernah gak sih kamu bercita-cita untuk menjadi seorang selebgram tapi tidak tahu cara menjadi selebgram dengan cepat? Jangan khawatir! Kali ini, Kredit Pintar akan berbagi tips untuk memulai karir sebagai selebgram dengan mudah! Mau tahu apa saja? Yuk, langsung saja kita bahas!

Cara Menjadi Selebgram Dengan Mudah

Apa Itu Selebgram?

Selebgram merupakan akronim dari selebriti dan Instagram. Siapapun bisa menjadi seorang selebgram, mulai dari pelajar, anak muda, pengusaha, hingga ibu rumah tangga. Pada umumnya, selebgram itu tidak jauh berbeda dengan selebriti yang kita kenal di televisi. Perbedaaan antara selebriti dengan selebgram ada di medianya. Selebgram mengandalkan media sosial Instagram untuk tampil dan berbagi keseharian mereka, sedangkan selebriti tampil di layar kaca.

Perbedaan yang kedua adalah, seorang selebgram bisa dengan bebas berbagi keseharian mereka kepada para followers-nya di media sosial tanpa aturan yang terikat, sedangkan seorang selebriti membutuhkan produser, agensi, dan lain-lainnya untuk bisa tampil di layar kaca.

Bagaimana Cara Menjadi Selebgram?

  1. Buat Konsep Branding

“Lo, kita kan mau jadi selebgram bukan menjual barang. Kok harus buat konsep branding, sih?”

Jangan salah, Sobat Pintar. Jika kalian perhatikan di luar sana, ada banyak sekali selebgram yang bermunculan setiap harinya. Mereka tidak hanya serta merta membagikan foto cantik mereka, video yang lucu, atau konten-konten lainnya yang disukai oleh orang lain. Percayalah, jika kalian tidak membuat konsep branding, kalian akan kalah dengan selebgram-selebgram lain

Untuk itu, kalian harus menanyakan hal-hal berikut ini kepada diri sendiri:

  • Siapa kamu? Kenapa orang lain harus mengenal kamu?
  • Apa yang membuat kamu berbeda dengan selebgram lainnya?
  • Konten seperti apa yang ingin kalian bagikan kepada followers?
  • Bagaimana cara kamu menarik perhatian netizen untuk mengikuti kamu?

Kenapa sih, kita harus mempertanyakan ke-empat hal diatas?

Followers tidak secara sukarela untuk menyukai konten Sobat Pintar ataupun mengikuti Instagram Sobat Pintar. Jika kamu ingin mendapatkan followers yang banyak, kalian harus mengetahui, apa sih yang dicari oleh mereka? Konten yang lucu? Kepribadian yang unik? Kreativitas kita? Atau apa?

Jika kalian tidak memiliki hal-hal tersebut, maka kalian tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian netizen. Tipsnya adalah:

  1. Buatlah nama panggung yang menarik
  2. Buatlah konsep karakter kamu yang disukai oleh orang lain
  3. Buatlah konten yang menarik. 
  4. Buatlah ciri khas yang membuat orang langsung mengenal Sobat Pintar.

Setelah kalian sudah membuat konsep branding, Sobat Pintar sudah siap untuk memulai karir sebagai selebgram.

  1. Membuat Konten yang Bermanfaat

Sebagai selebgram, hal utama yang harus Sobat Pintar pikirkan adalah konten. Kenapa harus konten? Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, followers tidak dengan lapang dada mengikuti Sobat Pintar jika tidak memiliki konten yang berkualitas.

Followers cenderung mengikuti kamu jika mereka merasa mendapatkan sesuatu dari kamu. Misal, kamu merupakan selebgram spesialisasi edukasi, mereka akan mem-follow kamu jika merasa bahwa konten yang kamu bagikan sangat bermanfaat dengan mereka. Atau, kamu pintar melakukan parodi, maka kamu pasti akan mendapatkan followers yang merasa terhibur oleh kamu.

Pastikan juga, konten yang Sobat Pintar unggah memiliki kualitas yang bagus, ya!

  1. Jangan Lupa Tulis Caption

Dulu Sobat Pintar pasti sering banget, melihat postingan teman-teman Sobat Pintar di Instagram dengan tulisan “No Caption Needed,” bukan?

Kebiasaan itu kerap terjadi hingga saat ini. Tetapi, jika Sobat Pintar ingin menjadi selebgram, caption merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan. Jika Sobat Pintar tidak menulis caption yang menarik perhatian netizen, maka kesempatan Sobat Pintar untuk mendapatkan penonton, followers, atau jumlah likes akan berkurang.

Tulislah deskripsi singkat tentang konten yang kamu unggah, buatlah semenarik mungkin sehingga followers kamu merasa tertarik. 

  1. Manfaatkan Hashtag

Sobat Pintar tahu tidak, kalau hashtag memiliki peran yang cukup penting untuk meningkatkan visibilitas Sobat Pintar di Instagram?

Kalau belum tahu, kali ini Kredit Pintar akan menjelaskan lebih lengkap tentang penggunaan hashtag di Instagram.

Dilansir dari Wikipedia, Hashtag adalah tag metadata yang diawali dengan simbol hash, #. Hashtag banyak digunakan pada microblogging dan layanan berbagi foto seperti Twitter dan Instagram sebagai bentuk penandaan yang dibuat pengguna yang memungkinkan referensi silang konten berbagi subjek atau tema.

Sobat Pintar bisa membuat hashtag yang mempresentasikan diri sendiri. Kalau Kredit Pintar, biasanya menggunakan #SuperKepi. Jadi, ketika followers mengetuk hashtag tersebut, mereka dapat melihat setiap unggahan yang menggunakan #SuperKepi. 

Jika Sobat Pintar mengincar audiens dalam jumlah besar, maka ada baiknya untuk melakukan riset hashtag terlebih dahulu. Atau Sobat Pintar bisa menggunakan hashtag yang bersifat umum seperti #videoviral #belajarmarketing #pinjamanonline #instagood, dan lain-lain. Selain kedua cara tersebut, Sobat Pintar juga bisa mencontek hashtag yang digunakan oleh para selebgram lainnya.

  1. Waktu Terbaik Mengunggah Konten

Tips menjadi selebgram yang kelima adalah mengetahui waktu terbaik untuk mengunggah konten.

Riset konten sudah, mengeksekusi konten sudah, edit konten yang menarik sudah, caption dan hashtag sudah ada, usaha tersebut akan terbuang percuma jika Sobat Pintar tidak mengetahui jam ramai Instagram.

Likes, engagement, traffic, dan followers merupakan hal yang paling dicari oleh seorang selebgram. Hanya karena salah waktu saja, kalian tidak akan mendapatkan semua hal tersebut. 

Tapi jangan khawatir, Kredit Pintar akan membagikan waktu yang tepat untuk mengunggah konten di Instagram:

  • Jam 11.00 – 13.00
  • Jam 19.00- 21.00

Selain itu, beberapa ahli media sosial menyatakan waktu-waktu dibawah ini adalah waktu terbaik untuk mengunggah konten:

  1. HubSpot – menyarankan waktu 14.00 – 15.00 adalah waktu terbaik dan hari Kamis adalah hari yang bagus.
  2. Sprout Social – menyarankan untuk mengunggah konten pada hari Rabu jam 11.000 dan Jumat pada jam 10.00 – 11.00
  3. Expert Voice – menyarankan hari Rabu pada Jam 11.00 dan jam 15.000.
  4. Later – menyarankan bahwa jam 09.00 – 11.00 adalah waktu yang terbaik.

Pastikan mengikuti 5 cara menjadi selebgram di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa Saja Alat Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Selebgram?

  1. Smartphone atau laptop

Alat pertama yang dibutuhkan untuk menjadi selebgram adalah smartphone atau laptop untuk melakukan riset konten dan mengunggah konten di Instagram.

  1. Kamera
Cara Menjadi Selebgram Dengan Mudah

Selain kamera profesional, Sobat Pintar juga bisa menggunakan kamera bawaan smartphone untuk memotret atau merekam kegiatan Sobat Pintar.

  1. Aplikasi Edit

Aplikasi edit dibutuhkan untuk mempercantik foto maupun video yang telah dibuat dengan menambahkan filter atau elemen-elemen lainnya.

  1. Social Media Management Tool

Tidak harus, tetapi jika Sobat Pintar sudah menjadi selebgram yang terkenal, Sobat Pintar akan membutuhkan aplikasi ini untuk mengunggah konten secara otomatis yang sudah di atur jadwalnya.

  1. Koneksi Internet

Ini adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap selebgram, yaitu koneksi internet. Tanpa adanya internet, Sobat Pintar tidak akan bisa mengunggah konten di Instagram dan berkomunikasi dengan followers. Maka dari itu, pastikan Sobat Pintar memiliki konektivitas internet yang bagus, ya.

Terapkanlah 5 cara menjadi selebgram yang sudah dijelaskan di atas. Dijamin, dalam waktu singkat, Sobat Pintar akan mendapatkan jumlah followers yang sangat banyak. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download