4 Penyebab Perut Kembung Serta 6+ Cara Untuk Mengatasinya

15 Jun 2021 by kreditpintar
4 Penyebab Perut Kembung Serta 6+ Cara Untuk Mengatasinya

Perut kembung tentu membuat siapapun merasa tidak nyaman. Seseorang yang mengalami hal seperti ini maka akan merasa seperti perut penuh yang terkadang akan disertai dengan rasa mual dan juga sakit. Namun, Sobat Pintar tidak perlu cemas sebab kondisi seperti ini kerap kali melanda sebagian orang, entah itu orang dewasa maupun anak-anak.

Pada umumnya, kondisi perut yang begah seperti ini akan diatasi dengan menggunakan obat tradisional yakni seperti mengkonsumsi jahe dan juga peppermint oil. Bukan hanya itu saja, selalu menjaga pola hidup agar tetap sehat serta terhindar dari stress juga menjadi salah satu langkah tepat dalam pengobatan serta mencegah produksi gas yang berlebihan.

Penyebab Serta Cara Mengobati Perut Kembung

Perut yang kembung dapat pula dikarenakan boleh berbagai macam hal karena gejalanya pun juga berbeda-beda. Biasanya hal seperti ini juga mampu menimbulkan komplikasi yang cukup serius. Pada umumnya kondisi seperti ini memang lebih baik segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Apabila gejala yang timbul tidak segera usai. Nah, di bawah adalah penjelasan tentang sebab dari perut yang kembung:

1. Riwayat Maag

Pemicu kembung bisa jadi dikarenakan seseorang memiliki riwayat maag. Untuk gejala yang seringkali timbul bagi orang yang mengalami kembung adalah sakit perut, mulut akan terasa asam, merasakan mual dan pada bagian dada akan terasa nyeri seperti terbakar.

Maag atau disebut sebagai indigestion juga bisa menjadi pemicu berbagai macam hal seperti irritable bowel syndrome, dikarenakan kehamilan, tukak lambung, infeksi perut, penyakit tiroid dan juga GERD. Penyakit maag dapat menyerang siapapun dari segala usia, terlebih lagi untuk orang-orang yang memiliki pola hidup tidak sehat serta sering kelelahan ataupun mengalami stress.

2. Gangguan Pencernaan

Pemicu lain dari perut begah adalah sering mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan seperti konstipasi, alergi dan juga intoleransi pada makanan yang dapat memicu gas berlebihan pada perut. Untuk masalah seperti ini biasanya dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup yang jauh lebih sehat. Dengan mengetahui sebabnya serta cara mengatasi maka akan lebih mudah dan tepat dilakukan.

3. Saat Melakukan Diet

Ketika melakukan diet yang penuh dengan karbonasi, sodium ataupun gula bahkan tidak memenuhi syarat yang mencukupi untuk tubuh dapat menjadi pemicu terjadinya kembung pada perut.

4. Perubahan Hormon

Hormon yang tidak seimbang serta retensi air pada siklus menstruasi juga menjadi faktor terjadinya kembung pada perut. Yang mana hal seperti ini memang cukup umum dialami oleh para wanita.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Setelah kita mengetahui pemicunya, maka cara mencegah perut yang kembung harus sesuai. Karena beberapa orang menganggap jika mengalami kembung merupakan hal biasa jadi tidak perlu melakukan pengobatan secara serius. Nah, jika Sobat Pintar ingin mengatasinya maka di bawah ini adalah tips yang bisa diikuti:

1. Jangan Makan Terlalu Cepat

Langkah pertama yang bisa diikuti dalam mengatasi perut yang mengalami kembung adalah makan ataupun minum tidak terlalu cepat. Karena makan terlalu cepat dapat meningkatkan jumlah udara yang ditelan bersama makanan ataupun minuman.

Saat mengunyah makanan pun juga mampu mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu secara otomatis akan terhindar masuknya gas secara berlebihan ke dalam perut. 

2. Berhenti Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Kembung? Bisa jadi meminum soda merupakan pemicu dari kondisi ini. cara mencegah perut yang kembung ialah dengan tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman yang berkarbonasi tentu akan membuat gas karbondioksida lepas kemudian mengakibatkan perut menjadi kembung.

3. Perhatikan Gula Alkohol dalam Makanan

Berikutnya untuk bisa mengatasi permasalahan kembung pada perut adalah dengan memperhatikan gula alkohol yang ada di makanan. Makanan sugar free ataupun terbuat dari gula memang kerap kali dikonsumsi oleh orang yang menjalankan proses diet karena memiliki jumlah kalori cukup sedikit.

Tapi apakah Sobat Pintar pernah berpikir mengapa makanan rendah gula tetap manis? Karena memang di dalamnya memakai gula alkohol ataupun gula buatan seperti maltitol, sorbitol, mannitol, xylitol, yang terakhir merupakan eritritol. Bentuk karbohidrat yang ada di dalam gula alkohol memang sangat sulit dicerna sehingga mengakibatkan perut kerap kali mengalami kembung, kram bahkan sampai diare.

4. Pakai Suplemen Probiotik

Suplemen probiotik kerap kali dipakai dalam pencegahan maupun mengobati perut begah, terlebih lagi untuk orang-orang yang sering kali mengalami intoleransi pada makanan. Probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri sehat di dalam saluran pencernaan sehingga mampu membantu proses pencernaan makanan. Mengkonsumsi suplemen probiotik tidak hanya dalam bentuk tablet, tapi bisa Sobat Pintar dapatkan pada makanan seperti daun parsley, buah nanas dan juga yogurt.

5. Rajin Berolahraga

Mengatasi perut begah juga bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga. Kegiatan fisik mampu mengaktifkan kontraksi pada usus serta membantu pengeluaran gas beserta limbah semakin lancar. Untuk keringat yang keluar dari olahraga dapat mengurangi retensi air yang dikarenakan hormon tidak seimbang beserta kelebihan stadium. Untuk olahraga bisa melakukan yang cukup ringan seperti berjalan santai ataupun yoga untuk membantu relaksasi.

6. Berhenti Merokok

Punya kebiasaan merokok? Bisa jadi itu adalah sebab kembung di perut, cara mengatasi ialah dengan berhenti merokok terlebih dahulu. Rokok sendiri mengeluarkan racun sehingga merupakan penyebab dari inflamasi perut yang terasa membuat perut keras dan juga kembung.

Untuk penyebab yang satu ini bukan hanya mengakibatkan kembung pada perut saja, tapi juga dapat merusak fungsi organ pada tubuh. Asap rokok mampu mematikan bakteri sehat yang ada di saluran pencernaan. Hal tersebut mengakibatkan pencernaan mudah terkena bakteri dan terus-menerus mengalami kembung.

Cara Atasi Kembung Secara Alami

  1. Teh Fennel

Untuk cara alami dalam mengatasi perut yang mengalami kembung, bisa juga menggunakan teh fennel. Teh ini merupakan jenis biji yang kerap kali dipakai untuk menjadi obat perut. Fennel pada umumnya akan dikonsumsi untuk penderita maag, penderita penyakit crohn,  penyakit IBS serta kondisi lain yang menyerang perut.

Biji fennel dapat langsung dikunyah atau diseduh seperti halnya teh untuk diminum sehari-hari. Kandungan oksigen serta sifat anti bakteri yang ada di dalam obat tersebut membuat kesehatan tubuh semakin baik. Dan mampu melakukan regulasi gula darah, mengurangi permasalahan penyumbatan pada pembuluh darah serta bisa melancarkan sistem reproduksi wanita.

  1. Jahe

Obat berikutnya merupakan jahe, yang sangat ampuh untuk mengobati permasalahan perut yang kembung. Dari studi yang telah dilakukan, suplemen jahe ini mampu mempercepat pengosongan lambung serta bisa meredakan gejala dari gangguan pencernaan.

Memakai jahe segar ataupun teh jahe pada perut yang mengalami kembung dengan rasa mual. Akan lebih baik jika mencampurnya dengan madu dan cuka lemon, sebab tersebut akan membuat kondisi perut semakin nyaman dan mampu mengurangi rasa pedas pada jahe.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai penyebab perut kembung yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Pastikan untuk mengikuti cara pengobatan di atas sehingga tidak salah dan mengakibatkan penyakit serius.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload