4 Bahan Alami Menghilangkan Stretch Marks

09 Jul 2021 by Laruan

Jika di bagian tubuh Sobat Pintar terdapat guratan yang aneh namun tidak sakit, jangan takut karena kemungkinan besar itu adalah stretch marks. Ini adalah kondisi normal yang bisa terjadi kepada siapa saja. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara lebih mendalam tentang apa itu stretch marks, penyebab, cara menghilangkan, dan langkah preventif yang bisa dilakukan. 

Stretch marks yang juga dikenal dengan istilah Striae adalah sebuah kondisi pada kulit dimana muncul guratan-guratan merah. Bentuknya seperti garis searah yang tak beraturan. Guratan kulit paling sering ditemukan pada kulit di bagian perut, payudara, pinggung, pantat, atau paha. guratan kulit tidak sakit ataupun berbahaya, namun banyak orang tidak suka karena penampakan guratan kulit yang tidak enak dipSobat Pintarng. 

Penyebab Stretch Marks

Penyebab dari guratan kulit sendiri bisa bermacam-macam. Namun yang paling sering terjadi adalah karena berat badan yang naik secara tiba-tiba. Hal-hal lain yang dapat meningkatkan risiko guratan kulit pada seseorang adalah sebagai berikut:

  1. Kehamilan, terlebih pada saat 3 bulan terakhir
  2. Masa pubertas
  3. Penurunan atau penambahan berat badan yang drastis
  4. Seorang wanita
  5. Mengalami obesitas
  6. Menggunakan krim atau tablet steroid
  7. Memiliki riwayat keluarga dengan stretch marks
  8. Memiliki gangguan genetik seperti Cushing’s Syndrome atau Marfan Syndrome

Setelah mengetahui guratan kulit dan hal apa saja yang menjadi pemicu, cara menghilangkan guratan kulit adalah yang selanjutnya kita bahas. Bisakah guratan peregangan ini dihilangkan dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah guratan kulit muncul? Mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Stretch Marks

Cara Menghilangkan 

guratan kulit sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus. Biasanya guratan-guratan tersebut seiring berjalannya waktu akan terlihat semakin samar. Namun guratan tersebut tidak benar-benar hilang. Dengan perawatan yang tepat, guratan kulit bisa lebih samar sehingga sekilas tidak terlihat adanya guratan. Jika Sobat Pintar memiliki guratan tersebut dan merasa tidak nyaman, silahkan konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter bisa membantu Sobat Pintar untuk mengetahui sebab dan penanganan yang tepat untuk hasil yang maksimal.

Tampilan dari guratan kulit bisa bermacam-macam tergantung dari lamanya guratan tersebut muncul, pemicunya, letak guratan itu dan tipe kulit penderitanya. Variasi guratan yang biasa ditemukan adalah sebagai berikut:

  1. Guratan yang muncul di perut, pinggul, paha, atau tempat lain di tubuh.
  2. Warna guratan yang kemerahan, putih, hitam, biru atau ungu.
  3. Guratan cerah yang memudar menjadi warna yang lebih terang.
  4. Guratan yang lebar dan menutupi area tubuh.

Untuk mengurangi risiko munculnya guratan kulit pada kulit, ada beberapa langkah preventif yang bisa kita lakukan. Tetapi perlu diperhatikan bahwa guratan kulit tidak selalu dapat dihindari. Cara paling baik adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Ada banyak krim dan lotion yang beredar di pasaran mengklaim bahwa produk-produk tersebut dapat menghilangkan guratan kulit. Pada kenyataannya sedikit sekali bukti bahwa produk-produk tersebut benar-benar ampuh untuk menghilangkan guratan tersebut.

Beberapa perawatan berikut dapat Sobat Pintar pakai untuk membantu agar guratan tampak lebih baik dan tersamarkan. Inilah beberapa perawatan tersebut:

  1. Retinoid atau biasa disebut tretinoin adalah sebuah krim atau asam hialuronat. Asam hialuronat sendiri adalah polisakarida alami yang menyusun jaringan ikat. Ini dapat Sobat Pintar aplikasikan pada guratan kulit yang masih baru, namun jangan gunakan krim ini jika Sobat Pintar sedang hamil.
  1. Terapi laser merupakan terapi yang sangat terkenal untuk guratan kulit. Sinar laser tersebut akan merangsang produksi kolagen dan elastin kulit. Dengan terapi ini sel-sel kulit akan tergenerasi dengan baik serta sangat efektif untuk memperbaiki struktur kulit.
  1. Mikrodermabrasi yang merupakan prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal halus dan vakum khusus. Dengan prosedur ini lapisan tipis kulit yang paling luar akan diangkat sehingga guratan menjadi tersamarkan.
  1. Perawatan laser fractional akan mempercepat proses penyembuhan dengan menggunakan teknologi Erbium YAG laser. Dengan perawatan ini secara spesifik laser akan menembus ke lapisan kolagen dan menstimulasi produksi kolagen .
  1. Excimer laser dapat membantu Sobat Pintar untuk menyamarkan guratan dari guratan kulit yang sudah lama dan memutih. Laser ini akan mengeluarkan gelombang UV pendek untuk menstimulasi sel kulit yang disebut melanocytes untuk memproduksi pigmen kulit. Melanin tersebut akan membantu menggelapkan kulit yang memutih.

Cara-cara tersebut diatas bisa Sobat Pintar dapatkan dengan bantuan tenaga profesional yang sudah pasti memerlukan biaya. Jika Sobat Pintar merasa enggan untuk meminta bantuan tenaga profesional, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah untuk merawat guratan peregangan di kulit Sobat Pintar. Bahan-bahannya pun mudah di dapatkan dan kebanyakan biasa kita temui di rumah.

Vitamin A

Masih ingat dengan retinoid? Itu adalah senyawa turunan dari vitamin A. Sebuah studi lama di tahun 1996 mengemukakan bahwa retinoid dapat membantu menyamarkan guratan peregangan. Manfaatnya untuk menjaga keremajaan kulit, mencerahkan, dan kemampuannya untuk menyusun jaringan ikat. Vitamin A dapat dengan mudah Sobat Pintar temukan di wortel, ubi, mangga, pepaya, dan masih banyak lagi.

Gula

Banyak orang percaya bahwa gula dapat digunakan untuk perawatan dengan metode mikrodermabrasi. Seperti yang sudah kita tahu dari pembahasan diatas bahwa mikrodermabrasi adalah salah satu metode yang sudah terbukti dapat menyamarkan guratan kulit di kulit. Jadi, tidak ada ruginya untuk mencoba cara ini bukan?

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan 1 cangkir gula dengan 1/4 cangkir bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa sehingga menghasilkan tekstur seperti pasir pantai yang basah.
  2. Tambahkan perasan lemon dan campur hingga merata.
  3. Selanjutnya, lumurkan campuran tersebut ke bagian tubuh Sobat Pintar yang memiliki guratan peregangan.
  4. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sebelum mandi pastikan untuk menggosok campuran tersebut ke kulit Sobat Pintar selama kurang lebih 8-10 menit.

Lidah Buaya

Walaupun hanya ada sedikit bukti yang menyatakan bahwa lidah buaya dapat menyamarkan guratan di kulit, lidah buaya dapat menyembuhkan dan menghaluskan kulit. Hal ini membuat lidah buaya layak dicoba untuk menyamarkan guratan kulit. Aplikasikan lidah buaya pada guratan kulit Sobat Pintar setiap hari setelah mandi.

Minyak kelapa

Karena guratan kulit menyerang kulit, maka minyak kelapa alternatif yang sempurna untuk membantu menyamarkan guratan di kulit dengan cepat. Minyak kelapa telah diteliti mengenai kemampuannya untuk menyembuhkan dan mempercepat penyembuhan luka di kulit. 

Dengan mengaplikasikan minyak kelapa murni pada guratan kulit Sobat Pintar setiap hari dipercaya dapat menyamarkan guratan di kulit tersebut. Kecuali Sobat Pintar alergi terhadap minyak kelapa, minyak kelapa aman untuk digunakan. Nah, itu dia penjelasan mendetail tentang guratan kulit berikut pemicu, cara menghilangkan, serta langkah preventifnya. Jika perawatan di rumah tidak membuahkan hasil yang Sobat Pintar inginkan, maka mintalah bantuan kepada pakar dermatologi. Jangan takut akan biaya mahal, karena Kredit Pintar siap membantu Sobat Pintar dengan pinjaman uang diproses dengan cepat dan mudah tanpa syarat yang berbelit-belit. Tak perlu ragu lagi, pinjaman uang di Kredit Pintar adalah jalan untuk kulit sehat Sobat Pintar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk