2018, Pengelolaan Keuangan Generasi Milenial Harus Maksimal

11 Jan 2018 by Edwin

Beberapa tahun terakhir, istilah ‘milenial’ sering banget dibahas di mana-mana. Social media, blog, bahkan portal berita, semuanya ngebahas tentang behavior milenial yang cukup ‘berbeda’ dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Sikap dan sudut pandang yang progresif bisa mendatangkan keuntungan, tapi juga bisa merugikan kalo nggak paham dengan kondisi.

Perhatian yang cukup terfokus di kalangan milenial adalah sistem pengelolaan keuangan yang dirasa kurang. Bahkan beberapa expert di bidang finansial menyuarakan perhatiannya dengan memberikan saran pada generasi milenial untuk mengelola keuangannya dengan lebih baik.

Agustina Fitria Aryani, sebagai perencana keuangan yang sering menyarankan sistem pengelolaan keuangan yang baik, menyarankan agar generasi milenial untuk segera mulai menyiapkan dana tabungan, atau bahkan berinvestasi. Kedua hal tersebut terus jadi fokus dalam pengelolaan keuangan karena nantinya bisa mengoptimalkan kebutuhan pokok di masa mendatang. Kita juga nggak tau hal apa yang akan terjadi di masa depan, perencanaan jauh-jauh hari tentang keuangan tentunya jangan sampai dilupakan.

Kamu bisa mulai menabung atau berinvestasi di awal bulan setelah menerima gaji atau insentif. Dengan menyisihkan alokasi budget untuk tabungan dan investasi, pengelolaan keuanganmu jadi lebih mudah. Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat yang terpisah dari rekening pokokmu. Langkah memisahkan dana darurat dari dana pokok diambil untuk mempermudah mengakses dana darurat tanpa harus memotong dana pokok yang sudah dialokasikan ke budget lain.

Lebih jauh lagi, Agustina menyarankan untuk menyiapkan dana darurat dengan saldo minimal 3 kali pengeluaran bulanan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan proteksi kesehatan seperti BPJS, asuransi swasta, maupun fasilitas tambahan dari kantor. Nah, untuk Kamu yang ingin punya properti sendiri, mulailah menabung karena harga properti setiap tahun terus meningkat tajam. Kalo nggak disiapkan sejak jauh-jauh hari, generasi sekarang bakal terancam sulit memiliki rumah.

Dunia yang makin modern dan tingkat konsumerisme yang meningkat juga menuntut generasi-generasi baru untuk terus beradaptasi dan mengimplementasikan pengelolaan keuangan yang efektif. Yuk, maksimalkan pendapatanmu dengan mengelola keuangan secara pintar, efektif, dan menguntungkan!

mobile-closeKredit PintarDownload