15 Ciri-ciri Orang Introvert, Sobat Pintar Punya Berapa?

10 Sep 2021 by Laruan

Secara singkat, orang dengan tipe kepribadian introvert lebih fokus pada perasaan internal yang terjadi di dalam diri ketimbang memperhatikan faktor eksternal. Ciri-ciri orang introvert secara umum adalah tenang, pendiam, serta senang melakukan introspeksi diri sendiri. 

Namun, perlu diketahui bahwa introvert tidak sama dengan pemalu. Mereka hanya lebih senang jika bisa menghabiskan waktu seorang diri. Setelah berkumpul dengan banyak orang, pribadi introvert butuh waktu menyendiri untuk kembali mengumpulkan energi. Banyak hal yang senang mereka lakukan seorang diri, seperti menonton film, mendengarkan musik, dan berolahraga.

Info lengkap Promo Shopee 9.9

Ciri-ciri Orang Introvert

Sobat Pintar perlu mengenali ciri-ciri pribadi introvert, bisa jadi tanpa sadar Sobat Pintar termasuk orang introvert. Berapa ciri-ciri di bawah ini yang Sobat Pintar punya?

1. Merasa terkuras energinya jika berkumpul dengan banyak orang

Bagi pribadi introvert, interaksi sosial dengan orang lain butuh banyak energi dan effort. Maka dari itu, setelah selesai bertemu orang mereka akan merasa sangat lelah. Apalagi jika mereka bertemu dengan orang baru di lingkungan yang juga asing.

Namun, hal ini tidak lantas menandakan orang introvert benci bersosialisasi. Mereka bisa bertemu orang dan mengobrol banyak hal, tetapi setelahnya mereka butuh menyendiri untuk mengembalikan energi.

2. Senang menyendiri

Waktu bersama diri sendiri merupakan momen bagi pribadi introvert untuk mengembalikan tenaga, mood, dan semangat. Mereka nyaman saja menonton film di bioskop, berbelanja, dan makan di foodcourt seorang diri. 

Tidak ada yang salah dengan itu. Me time menjadi terapi sederhana sebelum mereka keluar dari cangkang dan menghadapi hiruk-pikuk dunia.

15 Ciri-ciri Orang Introvert, Sobat Pintar Punya Berapa?

3. Hanya punya sedikit teman dekat

Karena cepat merasa lelah jika berkumpul dengan orang banyak, maka secara lambat laun sosok introvert hanya punya sedikit teman dekat. Lingkaran pertemanan itu terus mengecil hingga mereka merasa nyaman dengan sejumlah orang.

Pribadi introvert lebih senang berkumpul dengan orang-orang yang sudah mereka kenal daripada bertemu dengan orang baru. Mereka bisa nyaman berada di berbagai segmen, tetapi hanya punya beberapa teman di setiap segmen tersebut.

4. Mudah terdistraksi saat di keramaian

Orang introvert lebih nyaman menghabiskan waktu sendiri, sehingga mereka mudah terdistraksi saat berada di keramaian. Saat sedang bekerja di kedai kopi, suara-suara remeh seperti teriakan anak kecil, desis mesin kopi, dan decit kursi bergeser sudah cukup untuk membuyarkan fokus mereka. 

Mereka bisa mengembalikan fokus dengan mendengarkan musik melalui earphone. Hal ini tentu berbeda dengan orang ekstrovert yang justru mendapatkan banyak energi ketika duduk di tengah keramaian.

5. Sering dianggap pendiam

Banyak orang yang masih kerap mengasosiasikan sikap introvert dengan pendiam. Faktanya, tidak semua orang introvert itu pendiam. Mereka hanya tidak pandai berbasa-basi dan memilih untuk berbicara saat dibutuhkan.

Jika ingin membuat seorang introvert nyaman mengobrol, jangan tempatkan mereka di tengah orang banyak. Duduk di kelompok kecil 2-3 orang sudah cukup bagi sosok introvert untuk nyaman berbicara.

6. Baru menyuarakan pendapat jika diminta

Masih berhubungan dengan ketidaknyamanan untuk berbicara di depan orang, sosok introvert baru akan memberikan pendapat jika diminta. Mereka bisa jadi memiliki gagasan yang bagus terhadap sebuah permasalahan, tetapi memilih untuk menunggu orang lain berbicara terlebih dahulu.

Secara tidak langsung, orang introvert juga merupakan pendengar yang baik. Banyak orang yang meminta pandangan karena sosok introvert terbiasa menganalisis masalah secara mendalam.

7. Sering terlihat bengong

Salah satu hal yang dilakukan oleh orang introvert saat menyendiri adalah membiarkan pikiran melanglang buana kesana kemari. Ini merupakan cara untuk menenangkan pikiran dari kondisi yang tidak nyaman. 

Maka dari itu, tanda yang mudah dikenali adalah mereka sering terlihat bengong. Tidak ada yang salah dengan ini. Setiap karakter punya ciri khas masing-masing.

8. Mudah menyadari kesalahan sendiri

Orang introvert adalah pribadi yang introspektif dan senang tenggelam dalam pemikiran. Salah satu topik yang kerap dipikirkan adalah mengenai diri sendiri. Mereka terbiasa untuk mengaji ulang apa yang telah dilakukan, sehingga mudah menyadari kesalahan sendiri.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa orang introvert cocok sebagai tempat curhat. Mereka terbiasa melakukan self talking dan menganalisis sebuah pertanyaan.

9. Menyukai profesi yang menawarkan kebebasan

Jika bisa memilih, orang introvert tidak terlalu senang dengan pekerjaan yang melakukan banyak interaksi sosial, seperti teller bank, guru, dan semacamnya. Pribadi introvert lebih senang melakukan pekerjaan yang memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan ide.

Profesi yang mereka senangi seperti seniman, fotografer, perancang busana, atau penulis. Sobat Pintar memang masih bisa menemukan orang-orang introvert yang bekerja di bidang eksternal. Namun, selepas jam kerja mereka akan butuh banyak waktu sendiri.

10. Lebih senang tipe pekerjaan individu

Orang introvert merasa lebih produktif jika mengerjakan tugas individu. Namun, ini bukan berarti mereka tidak bisa diajak bekerjasama. Mereka hanya lebih kreatif dan berenergi jika sedang bekerja seorang diri.

Apabila bekerja dalam kelompok, mereka akan segera menyendiri untuk mengerjakan tugasnya. Pun jika mengerjakan pekerjaan pribadi, orang introvert akan lebih mandiri dan solutif, sama seperti Kredit Pintar yang selalu siap jadi solusi finansialmu untuk segala kebutuhan. 

11. Senang melakukan observasi sebelum mencoba

Saat sedang mempelajari sesuatu, pribadi introvert lebih senang melakukan observasi mendalam terlebih dahulu sebelum turun untuk mencoba. Observasi ini bisa berupa melihat atau membaca buku petunjuk.

Kemudian, saat mencoba secara langsung, mereka lebih senang melakukannya seorang diri tanpa dilihat oleh orang lain. Saat sendiri seperti itu mereka bisa bertindak dan berpikir secara lebih jernih.

12. Tidak latah mengikuti tren terbaru

Ada orang yang selalu harus mengikuti tren terbaru agar tidak ketinggalan zaman, tetapi itu jelas bukan ciri-ciri orang introvert. Kaum introvert kebal terhadap stres sosial dan tidak peduli untuk terlalu terlibat dalam keterbaruan. Mereka tetap nyaman berada di cangkang sendiri dimana mereka tidak akan merasa cepat lelah.

13. Lebih kreatif saat sedang sendiri

Hal ini masih berkaitan dengan sifat alami orang introvert yang memperoleh banyak energi saat sedang sendiri. Momen-momen menyendiri merupakan saat terbaik bagi mereka untuk mengeluarkan gagasan dan ide cemerlang. 

Tidak jarang pribadi introvert berkecimpung di bisnis yang menuntut penyelesaian masalah rumit seorang diri, seperti programmer atau sastrawan. Jika bekerja dengan orang introvert, berikanlah mereka cukup waktu dan ruang untuk bekerja sendiri.

14. Bukan pengambil risiko

Secara natural, seorang introvert tidak senang mengambil risiko. Mereka adalah pribadi yang menghindari konflik. Mereka memikirkan sebuah masalah secara mendalam, berikut dengan berbagai konsekuensinya. 

15. Lebih nyaman menyampaikan pendapat melalui tulisan

Berbicara di hadapan orang bisa menjadi momok yang menakutkan bagi seorang introvert. Maka dari itu, mereka lebih nyaman menyampaikan pendapat melalui tulisan. Mereka berusaha menyampaikan ide dengan runtut dan hati-hati, sehingga tulisan menjadi media yang lebih cocok.

Dari 15 ciri-ciri orang introvert di atas, ada berapa yang Sobat Pintar punya? Orang introvert tidak mudah bosan saat sedang sendiri karena justru itulah momen bagi mereka untuk me-recharge tenaga dan fokus. 

Cari tahu daftar Fintech Legal OJK Terbaru 2021

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload