International Potato Chip Day, Perayaan Nikmatnya Keripik Kentang Sedunia!

13 Mar 2018 by Edwin

Besok, 14 Maret dirayakan sebagai “National Potato Chip Day 2018”, dimana potato chip atau keripik kentang sebagai makanan cemilan favorit banyak orang di dunia dirayakan tiap tahunnya.

kentang

Sejarah Potato Chip (Keripik Kentang)

Dimulai pada 24 Agustus 1853, ada seorang pelanggan restoran yang nggak bahagia dan mengeluh kalau kentang yang dipesannya terlalu tebal dan basah, lalu mengembalikannya kembali ke dapur. Karena sedikit tersinggung, Crum akhirnya memutuskan satu rencana balas dendam yaitu dengan membuat kentang goreng setipis mungkin. Tujuannya adalah untuk menyulitkan tamu tersebut dalam menusuk si kentang goreng menggunakan garpu. Namun tak disangka, pelanggan malah suka dan jadi menu andalan dengan nama “Saratoga Chips.”

“Potato Chips” sampai sekarang tidak pernah dipatenkan, lho! Emang sih Chef Crum menemukan kesuksesan dengan penemuannya dan bahkan membuka restorannya sendiri pada tahun 1860. Tapi pada saat itu, susah untuk mengeluarkan hak paten atas penemuan mereka.

William Vanderbilt, salah satu klien Crum yang sering memesan menu khasnya tersebut, memutuskan untuk memproduksi keripik kentang dalam jumlah banyak dan kemudian dijual di toko-toko. Seperti ide Vanderbilt, saat itu juga banyak orang yang memiliki ide untuk berjualan cemilan tersebut. Namun, Vanderbilt berhasil menjadi yang pertama. Ia memasarkan potato chipsnya ke di toko-toko tetangganya.

Berkat potato chips yang booming sejak ‘usaha balas dendam’ yang nggak sengaja, ada juga revolusi industri dari kemasannya yang dibuat dari tas kertas lilin untuk menjaga kualitas cemilan tersebut.

Pada abad ke-20, potato chip menyebar luas, nggak cuma di restoran sebagai masakan kebanggaan banyak koki, tapi juga diproduksi secara massal untuk konsumsi di rumah.

Diperkirakan per-tahunnya pendapatan di industri tersebut bisa mencapai $ 15 miliar, di seluruh dunia! Pas banget deh, jadi ide untuk memulai bisnis keripik kentang Sobat Pintar. 😀

Ingin memulai bisnis dengan modal terbatas? Yuk, ajukan pinjaman uang online dengan Kredit Pintar! 😉
Cukup download, install, dan isi data pribadi Sobat Pintar di https://goo.gl/NpwFBz

mobile-closeKredit PintarDownload