Pelajari Cara Membangun Kredit yang Tepat

Tanpa kredit, mungkin sulit untuk mendapatkan persetujuan untuk pinjaman atau kartu kredit. Pemberi pinjaman ingin melihat setidaknya beberapa riwayat kredit untuk menentukan kemungkinan Anda akan membayar kembali kredit yang diberikan. Jika Anda ingin mendapatkan kartu kredit, pinjaman mobil, atau pinjaman hipotek rumah β€” atau berharap untuk melakukannya di masa mendatang β€” para ahli merekomendasikan untuk membangun kredit Anda sedini mungkin untuk mencapai nilai kredit yang baik.

6 Cara untuk Membangun Kredit

  1. Ajukan permohonan untuk mendapatkan kartu kredit yang dijamin: Salah satu cara termudah untuk mulai membangun kredit adalah dengan membuka kartu kredit. Para ahli merekomendasikan penggunaan kartu kredit yang sudah dijamin untuk mulai membangun kredit. Kartu kredit yang dijamin mirip dengan kartu kredit standar – Anda akan menggunakannya untuk membeli barang, dan Anda akan dikenakan bunga jika tidak membayar harga seluruhnya. Perbedaannya adalah Anda perlu menyetorkan uang tunai untuk mendapatkan kartu kredit yang dijamin. Biasanya, jumlah setoran tersebut sama dengan batas kredit Anda, dan Anda akan mendapatkan kembali sepenuhnya saat menutup akun, asalkan Anda melakukan pembayaran secara tepat waktu. Dengan mewajibkan setoran, penerbit dapat memberikan kartu kredit terjamin yang aman kepada orang yang memiliki kredit sedikit atau tidak mempunyai kredit, sehingga bisa menguntungkan bagi orang yang baru mulai membangun kredit mereka.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kartu kredit terjamin Anda, carilah satu yang melaporkan kepada tiga biro kredit supaya riwayat kredit Anda akan terdokumentasi sepenuhnya.

  • Jadilah pengguna resmi: Pemegang kartu kredit bisa menambahkan pengguna resmi ke akun mereka. Pengguna resmi adalah siapapun selain pemegang utama kartu kredit yang telah disetujui untuk menggunakan kartu tersebut. Dengan cara metode ini, Anda akan mendapatkan keuntungan dari riwayat kredit positif tanpa harus mendapat persetujuan dari penerbit kartu. Sebagai pengguna resmi, Anda tidak diwajibkan secara hukum untuk membayar tagihan, karena tanggung jawab tersebut berada pada pemegang kartu utama. Orang tua dapat mendaftarkan anak-anak mereka sebagai pengguna-pengguna resmi pada usia berapapun. Namun, mereka harus percaya bahwa anak-anak mereka cukup bertanggung jawab untuk tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Menetapkan batas pengiriman sangat penting. Kabar baiknya adalah, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai pengguna resmi tanpa harus benar-benar menggunakan kartu tersebut. Cukup daftar sebagai pengguna resmi untuk mendapatkan dorongan sama kepada kredit Anda.
  • Carilah co-signer: Jika Anda memiliki pendapatan terbatas, coba meminta orang tua atau orang dewasa terpercaya lainnya untuk menjadi co-signer kartu kredit Anda. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk membangun kredit yang baik tanpa membayar deposit untuk kartu yang dijamin. Gunakan cara ini hanya jika Anda yakin bisa membayar kartu kredit pada tepat waktu. Siapapun yang co-sign bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran jika Anda lalai, dan nilai kredit mereka akan terpukul jika Anda lalai.
  • Ambil pinjaman pembangun kredit: Bicaralah dengan bank komunitas lokal atau serikat kredit untuk melihat apakah mereka bisa menawarkan pinjaman pembangun kredit. Pinjaman ini dirancang secara khusus untuk membantu orang membangun kredit tanpa harus menggunakan kredit baik untuk mendapat persetujuan. Pemberi pinjaman melaporkan aktifitas Anda ke biro kredit utama, dan selama Anda melakukan pembayaran secara tepat waktu dan penuh, mereka akan membantu membangun riwayat kredit Anda dengan menunjukkan tanggung jawab Anda dalam membayar kembali pinjaman. Carilah pinjaman dengan pembayaran bulanan yang Anda sanggup beli dan yang memiliki jangka waktu pembelian yang lumayan singkat, sehingga Anda tidak terjebak dengan pinjaman selama bertahun-tahun.
  • Layanan pelaporan sewa: Gunakan layanan pelaporan sewa seperti Rental Kharma atau RentTrack untuk mengambil sewa yang Anda sudah sedang membayarkan dan masukan ke dalam laporan kredit Anda. Kebanyakan tuan tanah tidak melaporkan sendiri pembayaran sewa ke biro kredit. Layanan pelaporan sewa adalah cara yang baik untuk membangun kredit tanpa kartu kredit.
  • Ambil pinjaman pelajar: Anda harus memiliki riwayat kredit yang telah ditetapkan untuk mendapatkan jenis-jenis pinjaman tertentu seperti pinjaman mobil dan pinjaman rumah. Namun, pinjaman mahasiswa merupakan contoh dan situasi yang beda. Pinjaman mahasiswa muncul sebagai pinjaman terpisah untuk setiap pencairan. Jika Anda bersekolah selama empat tahun dan mengambil pinjaman siswa setiap semester, Anda akan mendapatkan delapan pinjaman berbeda dalam laporan kredit Anda, meskipun Anda mungkin hanya melakukan satu pinjaman kepada satu agen pinjaman untuk dilunasi.

Pinjaman mahasiswa bisa merupakan cara yang efektif untuk membangun kredit, asalkan Anda membayar pada tepat waktunya. Pinjaman mahasiswa yang menunggak akan menurunkan nilai kredit Anda, dan membangun kredit skor Anda akan menjadi jauh lebih sulit ketika Anda gagal membayar pinjaman daripada ketika Anda memiliki hutang kartu kredit. 

5 kebiasaan baik yang membantu membangun kredit

Tidak ada cara yang cepat dan singkat untuk meningkatkan nilai kredit Anda. Hal tersebut membutuhkan waktu dan disiplin untuk dicapai. Berikut adalah lima kebiasaan baik yang akan membantu Anda membangun kredit:

  • Hanya beli apa yang Anda sanggup untuk membayar: Berikan diri Anda sebuah anggaran tertentu dan bangunlah beberapa tabungan di rekening terpisah untuk bulan-bulan dimana Anda telah mengeluarkan uang terlalu banyak.
  • Selalu bayar pada tepat waktunya: Membayar tagihan dan mengajukan pembayaran kredit secara tepat waktu adalah dua cara yang paling baik untuk meningkatkan kredit. Menyiapkan pengingatan atau pembayaran otomatis dapat membantu.
  • Diversifikasikan utang Anda: Anda mau melaporkan lebih dari kartu kredit dalam laporan kredit Anda untuk menunjukkan kemampuan Anda untuk membayar kembali berbagai jenis utang. Contohnya pinjaman mobil, pinjaman mahasiswa, hipotek, dan pinjaman pribadi Anda.
  • Jangan membuka terlalu banyak akun sekaligus: Beberapa akun baru yang bermunculan sekaligus bisa menurunkan skor kredit Anda.
  • Pastikan akun tetap terbuka: Jaga rekening agar tetap terbuka selama mungkin, bahkan setelah Anda sudah melunasi kredit. Ini akan meningkatkan riwayat Panjang kredit Anda dan memengaruhi skor Anda.

Jika Anda sedang mengalami masalah keuangan dan kesulitan untuk membayar tagihan, hubungi perusahaan kartu kredit atau pemberi pinjaman dan jelaskan situasi Anda. Konselor kredit yang sah juga bisa membantu kasus Anda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun kredit?

Setelah Anda membuka akun kredit atau mendapatkan pinjaman, Anda akan mendapatkan skor kredit VantageScore dalam tiga bulan. Anda membutuh enam bulan untuk mengamankan skor FICO.  

Namun, jika Anda memulai dari awal, Anda tidak akan membutuh waktu terlalu lama untuk membangun kredit. Dengan kebiasaan baik, Anda akan segera mendapatkan skor kredit yang baik. Ingat, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaiki kredit buruk daripada membangun kredit, maka itu bangunlah kredit secara segara dan pastikan Anda membangun kredit tersebut menuju arah skor yang baik dengan mengembangkan kebiasaan belanja yang bertanggung jawab dan membuat keputusan kredit yang cerdas.

Kapan sebaiknya Anda mulai membangun kredit?

Semakin cepat Anda membangun sejarah kredit Anda, semakin baik. Jika Anda berusia 18 tahun ke atas dan belum memiliki riwayat kredit, hari ini adalah hari yang tepat dan baik untuk memulai. Para orang tua bisa membuat anak-anak mereka menjadi pengguna resmi pada usia berapa pun. Ini berarti anak-anak bisa mulai membangun riwayat kredit jauh sebelum mereka berusia 18 tahun dan mendapatkan kredit jauh lebih awal.

Intinya

Cara terbaik untuk membangun skor kredit yang baik adalah dengan bertanggung jawab. Hanya ambil pinjaman dan kartu kredit yang Anda bisa membayar kembali dengan tepat waktu, dan mulailah membangun kredit lebih awal. Dengan pilihan seperti pinjaman pembangun kredit dan kartu kredit aman, Anda bisa mengalami proses yang mudah dan sederhana dalam membangun riwayat kreditmu. Jika Anda belum ada riwayat kredit, hari ini adalah hari yang tepat dan baik untuk memulai.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Β© 2019 PT Kredit Pintar Indonesia. All rights reserved.