Tips Ramadhan Hemat: Jauhi Kebiasaan yang Bikin Boros Ini Selama Puasa

Tips Ramadhan Hemat: Jauhi Kebiasaan yang Bikin Boros Ini Selama Puasa

Memasuki bulan puasa, selain harus berbekal niat untuk menahan lapar, Sobat Pintar juga perlu tahu tips Ramadhan hemat agar tidak boros selama bulan ini!

Meski terlihat lebih hemat dari bulan biasa (karena sehari hanya makan dua kali), bulan Ramadhan justru bisa membuatmu jauh lebih boros. Kalau nggak dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang, tips-tips ramadhan hemat, dan pengendalian diri yang baik bisa-bisa pengeluaranmu nggak terkendali selama bulan puasa ini.

Pengeluaran justru lebih banyak di bulan ini karena Kamu punya banyak keperluan tambahan untuk dipenuhi. Pengeluaran tambahan saat bulan ramadhan mencakup beli tiket mudik lebaran, beli baju baru untuk diri sendiri dan keluarga, ditambah belanja keperluan sehari-hari di saat harga barang mulai naik.

Selain itu, saat bulan puasa orang-orang lebih cenderung melakukan aktivitas di luar rumah dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Kebiasaan inilah yang menyebabkan pengeluaran di bulan ini bisa membengkak.

Kamu perlu simak tips ramadhan hemat berikut ini yang berisi kebiasaan boros yang perlu kamu hindari selama bulan ramadhan!

Acara buka bersama

Buka puasa bersama sudah menjadi seperti tradisi baru yang hadir berbarengan dengan bulan ramadhan.

Momen buka bersama biasanya dijadikan sebagai ajang silaturahmi, baik bersama teman kantor, teman sekolah dulu, maupun untuk seluruh anggota arisan.

Acara buka bersama ini memang bisa menguras isi dompetmu, lantaran acara ini biasanya mengambil tempat di restoran yang agak mahal. Alasannya: agar bagus untuk difoto.

Ajakan buka bersama pun nggak cuman datang sekali aja. Beda lingkaran pertemanan, beda juga acara buka bersamanya!

Meski ada kemungkinan kalau ajakan buka bersama tersebut juga merupakan traktiran, namun kemungkinan ini jarang terjadi.

Kalau menyangkut acara buka bersama, tips ramadhan hemat yang bisa Kredit Pintar bagikan sih untuk Kamu memilih acara yang ingin Kamu hadiri. Jangan langsung menerima semua ajakan karena Kamu juga masih harus mempersiapkan keuanganmu untuk menyambut lebaran nanti!

Terlalu memanjakan diri

Nggak sedikit orang yang terlalu mengikuti nafsu makannya untuk berbuka puasa ataupun untuk sahur. Biasanya kecenderungan ini terjadi di awal bulan puasa. Namun nggak menutup kemungkinan kecenderungan ini terus terjadi sepanjang bulan.

Banyak orang yang beranggapan setelah menahan rasa lapar seharian, saat buka puasa nanti rasanya wajib menghadiahi diri dengan makanan mewah.

Memang saat ramadhan banyak makanan lezat yang dijual, namun bukan berarti semuanya harus dibeli, kan?

Kamu perlu bisa mengendalikan diri selama bulan puasa. Makan untuk buka atau sahur nggak harus yang mewah, yang penting kan kenyang dan bergizi agar bisa jadi energi.

Termakan diskon ramadhan

Bulan puasa juga identik dengan diskon-diskon yang diberikan oleh pusat perbelanjaan ataupun aplikasi e-commerce.

Memang menggiurkan karena diskon dan promo yang diberikan jumlahnya besar-besaran. Apalagi saat menjelang lebaran banyak keperluan tambahan yang perlu dipenuhi. Sehingga konsumen menganggap adanya diskon ini waktunya sangat tepat.

Meski demikian, Sobat Pintar perlu jeli dan hati-hati dalam memanfaatkan diskon yang ada. Jangan sampai karena banyaknya diskon, Sobat Pintar malah tidak bisa mengendalikan keinginan belanja.

Tips ramadhan hemat dalam kasus berhadapan dengan diskon adalah dengan merencanakan pembelian sebelum belanja. Selain itu, bersabar dan membandingkan berbagai diskon dari berbagai sumber juga perlu dilakukan.

Terlalu sering buka puasa di luar

Waktu buka puasa memang jadi waktu yang paling dinanti-nanti semua orang. Tak heran banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan di luar dengan alasan kepraktisan dan kecepatan.

Meski demikian, kebiasaan makan di luar bisa jadi sumber pemborosan yang baru selama bulan ramadhan.

Untuk menyiasatinya, Kamu bisa memasak sendiri makanan untuk berbuka yang dijamin lebih murah.

Nah, ikuti tips ramadhan hemat ini, hindari kebiasaan pemborosan agar pengeluarananmu tidak membengkak selama Ramadhan!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Eka AnnisaGunawan sumiarjo Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Gunawan sumiarjo
Guest
Gunawan sumiarjo

Tdak bisa dibuka aplikasinya

Eka Annisa
Editor

Hi Gunawan,

Mohon maaf untuk pinjaman di Kredit Pintar anda dapat unduh aplikasi di playstore link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kreditpintar, apabila anda mengalami kendala mengenai pinjaman dapat menghubungi layanan hotline Customer Service Kredit Pintar di 021 50598882 / email: cs@kreditpintar.com.