work from home

Tips Supaya Nggak Boros Saat Work From Home

Kebanyakan kantor sudah memberlakukan work from home atau kerja dari rumah untuk karyawannya di tengah pandemi corona ini.

Prosedur kerja work from home ini diberlakukan supaya karyawan bisa tetap sehat dan aman, terhindar dari penularan COVID-19.

Namun kebanyakan karyawan yang belum terbiasa bekerja dari rumah merasa beberapa sisi negatif, seperti keterbatasan untuk berkomunikasi, kurang motivasi dan produktivitas dan keborosan yang sulit dikendalikan.

Kredit Pintar mau bagi tips supaya Sobat Pintar nggak boros selama work from home!

Masak sendiri

Kalau ada dapur di tempat tinggal, Sobat Pintar bisa memasak untuk menghemat pengeluaran selama masa work from home ini.

Apalagi kalau Sobat Pintar makan di luar setiap hari. Masak sendiri di rumah atau di kost bisa sangat menghemat pengeluaran jika Sobat Pintar tetap bijak saat belanja bahan-bahannya.

Selain itu, dengan memasak sendiri, Sobat Pintar juga mengurangi risiko terjangkit corona karena semua proses memasak terjamin kebersihannya.

Cari kegiatan untuk menghindari kebosanan

Musuh terbesar orang-orang yang melakukan work from home adalah kebosanan. Karena tidak keluar rumah selama berminggu-minggu, akibatnya bosan pun melanda.

Memang tak bisa dielakkan. Namun kebiasaan buruk yang sering datang seiring dengan rasa bosan adalah belanja keperluan yang tidak dibutuhkan.

Contohnya saat bosan seseorang bermain game. Di dalam game, orang tersebut tergoda untuk membeli skin untuk memberkuat hero-nya.

Atau kasus yang cukup sering terjadi adalah menjelajahi aplikasi belanja online untuk mengusir rasa bosan. Akibatnya malah belanja barang-barang atas dasar keinginan.

Tentu hal ini bisa merugian finansial Sobat Pintar.

Maka dari itu, Sobat Pintar bisa mencari kegiatan dalam rumah yang bisa mengusir rasa bosan seperti melakukan hobi indoors, menambah skill, atau sekadar beres-beres rumah.

Hemat penggunaan internet

Internet merupakan komoditas krusial bagi para karyawan yang melakukan work from home.

Karena itu, penggunaan internet harus sangat bijak selama bekerja di rumah. Kalau Sobat Pintar tinggal di kost yang memiliki fasilitas internet, itu merupakan kemewahan yang bisa disyukuri selama masa work from home ini.

Namun bagi Sobat Pintar yang masih mengandalkan koneksi data dari ponsel, ada baiknya untuk menghemat penggunaan.

Cara yang paling simpel adalah dengan membatasi penggunaan media sosial setiap harinya. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa membatasi bermain game online atau nonton video streaming agar kuota paket internet tidak cepat habis.

Hemat penggunaan listrik

Selain internet, listrik juga merupakan faktor penunjang utama saat kerja di rumah.

Kalau biasanya Sobat Pintar meninggalkan rumah atau kamar kost untuk bekerja di kantor, kini harus menggunakan listrik 24/7.

Tak heran kalau tagihan listrik juga ikut membengkak selama work from home.

Sobat Pintar bisa menghematnya dengan cara mengurangi konsumsi penggunaan listrik.

Bisa dengan mematikan AC dan membuka jendela saat siang hari, atau sekadar membatasi penggunaan lampu sehari-hari.

Semangat work from home, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2019 PT Kredit Pintar Indonesia. All rights reserved.

Warning: A non-numeric value encountered in /var/www/html/wp-content/plugins/mailtarget-form/include/mailtarget_popup.php on line 7