Tips Keuangan Untuk Perencanaan Keuangan Lebih Baik di Tahun 2019

Dengantahun 2018 mengujung, Sobat Pintar mau nggak mau harus siap menghadapi tahun 2019 dengan segala tantangannya yang menunggu. Baik itu tantangan dalam dunia pekerjaan, dalam kehidupan, maupun dalam keuangan. Untuk menghadapi segala tantangan keuangan yang mungkin muncul di tahun 2019 mendatang, sekaligus untuk memperbaiki kondisi keuangan pribadi, simak tips keuangan ampuh untuk diaplikasikan di tahun 2019 nanti!

Tips Keuangan No.1: Tak selamanya memiliki itu indah

Bagi Sobat Pintar yang sudah memiliki rencana pembelian di tahun depan, sudah harus siap-siap mengumpulkan uang dari awal tahun, ya! Memang harus banyak pengorbanan demi membeli barang yang ingin dimiliki. Namun Sobat Pintar perlu sadar kalau memiliki suatu barang yang diinginkan tak selamanya jadi solusi atau bisa memperbaiki kondisi keuangan pribadi. Contohnya Sobat Pintar ingin membeli kendaraan bermotor karena ingin memangkas biaya transportasi sehari-hari. Perlu dihitung dengan matang berapa lama biaya tranportasi dapat menggantikan harga kendaraan tersebut, ditambah dengan uang beli bensin, service rutin, pajak kendaraan hingga biayan untuk bikin SIM. Jadi sebelum membeli barang baru, hitung dengan baik dulu ya pengeluaran yang akan ditimbulkan!

Tips Keuangan No.2: Hanya pinjam uang untuk keperluan mendesak

Meski Sobat Pintar perlu menghindari pinjam uang demi keuangan pribadi yang lebih baik, namun kalau kebutuhan sudah mendesak seringkali pinjaman uang jadi pilihan terakhir. Sobat Pintar perlu membatasi diri dalam mengajukan pinjaman! Pinjaman uang yang diajukan hanya untuk menutup kebutuhan mendesak saja, atau untuk modal usaha demi tambah pendapatan. Hindari pinjaman uang untuk keperluan konsumtif, agar terhindar dari hutang yang memberatkan.

Tips Keuangan No.3: Tentukan rasio pengeluaran

Setiap bulan kan Sobat Pintar dapat penghasilan rutin. Dari penghasilan tersebut perlu ditentukan rasio pengeluaran untuk semua kebutuhan dalam satu bulan. Sobat Pintar bisa mengikuti rasio 50/30/20 untuk memenuhi kebutuhan bulanan sekaligus untuk menambah uang dalam tabungan. 50% gaji untuk kebutuhan sehari-hari seperti konsumsi, transportasi hingga uang pulsa dan paket data. 30% dari gaji untuk keperluan konsumtif kalau Sobat Pintar hobi nonton di bioskop atau nongkrong bareng teman. Sedangkan 20% dari gaji bisa digunakan untuk menabung.

Dari 20% rasio tersebut, Sobat Pintar masih bisa membagi dua: setengah untuk ditabung, dan setengahnya untuk investasi dalam pendanaan P2P Lending di Kredit Pintar. Sudah banyak orang yang merasakan keuntungan dengan menyimpan uangnya di Pendanaan Kredit Pintar. Caranya praktis! Cukup daftar di website-nya atau download aplikasinya di Playstore. Kredit Pintar menawarkan produk Pendanaan Fleksibel dengan kebebasan tarik dana kapan pun dan Pendanaan Berjangka dengan bunga keuntungan hingga 18% p.a.

Tips Keuangan No.4: Mulai alokasikan uang untuk tambah penghasilan

Siapa sih yang nggak mau tambahan penghasilan? Tips keuangan yang terakhir ini ingin mendorong Sobat Pintar untuk mendapat penghasilan tambahan. Misalnya dengan kerja freelance, mulai usaha atau dengan menjajal berbagai produk keuangan. Sobat pintar bisa memulai berbagai macam investasi untuk menambah keuntungan.

Yuk, mulai pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Download aplikasi Kredit Pintar for Lender di Playstore, atau kunjungi website-nya di kreditpintar.com

4 thoughts on “Tips Keuangan Untuk Perencanaan Keuangan Lebih Baik di Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *