Dijamin Hemat! Adakan Buka Puasa Bersama dengan Tips Ini

Dijamin Hemat! Adakan Buka Puasa Bersama dengan Tips Ini

Eh, besok abis THR buka puasa bersama, yuk!” usul seorang karyawan saat meeting di kantor.

Lalu beberapa menit kemudian muncul pesan di grup Whatsapp SMA, berisi tentang ajakan buka bareng plus reunian.

Datangnya bulan Suci Ramadhan juga berarti ajakan untuk buka puasa bersama pun ikut datang dari mana-mana. Dari teman-teman kantor yang menamai acara buka puasa bersama sebagai “office outing”, teman SMA yang menjadikan buka bersama sebagai kesempatan reuni, ataupun dari keluarga.

Buka puasa bersama memang menjadi tradisi bagi orang Indonesia. Orang-orang pun menggunakan kesempatan ini sebagai sarana untuk menjalin tali silaturahmi. Sehingga tak sedikit ajakan buka bersama yang berdatangan.

Apakah Sobat Pintar juga ingin mengadakan buka puasa sendiri untuk mengundang teman & kerabat?

Boleh juga, kok! Namun sebelum itu, Sobat Pintar bisa simak dulu tips mengadakan buka puasa bersama yang hemat!

1. Masak sendiri atau bersama

Terkadang menghidangkan masakan sendiri untuk menu berbuka bersama malah jadi pilihan yang paling tepat. Selain Sobat Pintar bebas memasak apa saja, tempat berbukanya pun bisa di rumah dan bisa berlama-lama sepuasnya.

Tentunya dengan memasak sendiri, Sobat Pintar bisa menghemat pengeluaran untuk menghemat pengeluaran buka puasa bersama. Malah selain menghidangkan masakan untuk teman dan kerabat yang diundang, Sobat Pintar bisa mengajak teman untuk menyiapkan masakan bersama.

Sehingga tak hanya sekedar menikmati hidangan berbuka, Sobat Pintar dan teman bisa memiliki aktivitas bersama sambil menunggu jam buka puasa.

2. Potluck

Cara menghemat buka puasa bersama selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem potluck. Cara kerja sistem ini yaitu Sobat Pintar mengharuskan tamu undangan untuk membawa satu hidangan yang nanti bisa dinikmati bersama tamu undangan lainnya.

Sebagai tuan rumah, Sobat Pintar bisa menawarkan diri untuk menyiapkan nasi dan minuman berbuka. Selebihnya biarkan tamu undangan yang menyiapkan hidangan lainnya, seperti untuk takjil, lauk pauk, sayuran, maupun dessert.

Cara ini terbukti ampuh untuk menghemat pengeluaran dalam mengadakan buka bersama. Selain itu, berbuka bersama dengan sistem potluck juga menekankan nilai berbagi dengan sesama.

3. Gunakan promo spesial Ramadhan

Kalau Sobat Pintar tidak ingin mengadakan acara buka puasa bersama di rumah dan ingin ke pergi ke restoran bersama teman-teman, promo dan diskon spesial ramadhan bisa banget digunakan untuk menghemat pengeluaran.

Biasanya saat bulan Ramadhan banyak restoran yang memberikan promo dan diskon menarik yang bisa dimanfaatkan. Meski perlu sedikit usaha untuk dapat promonya, seperti posting foto di instagram dan tag beberapa orang, diskon yang akan didapatkan tetaplah lumayan.

Beberapa aplikasi e-money juga biasanya memberikan promo berupa diskon maupun cashback. Dengan beragam promo dan diskon yang tersedia, Sobat Pintar bisa memangkas sedikit banyak budget untuk buka bersama!

4. Gunakan benefit membership

Selain promo spesial Ramadhan, beberapa restoran yang menyediakan sistem membership juga sering menyediakan diskon menarik bagi para membernya.

Benefit membership ini tentunya bisa Sobat Pintar manfaatkan untuk menghemat pengeluaran untuk mengadakan buka puasa bersama.

Selain dari restoran terkait, benefit membership juga bisa didapatkan dari aplikasi database pencari restoran.

5. Pilih menu paket hemat

Nah, kalau memang memutuskan untuk mengadakan buka bersama di restoran dan menggunakan promo, untuk lebih menghemat pengeluaran lagi, Sobat Pintar bisa memilih menu paket hemat.

Harga menu paket hemat ini memang lebih murah dari menu biasa dengan makan dan minum terpisah (ala carte). Sehingga Sobat Pintar nggak perlu pusing lagi mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk mengadakan buka bersama!

Semoga tips-tips di atas bisa membantu Sobat Pintar mengadakan buka bersama yang tidak memberatkan keuangan! Atau Sobat Pintar punya tips menghemat yang lain? Beri tahu di kolom komentar, ya!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of