Rayakan Imlek 2019 Lebih Meriah Dengan Tips Hemat Ini

Rayakan Imlek 2019 Lebih Meriah Dengan Tips Hemat Ini

Tahun baru Imlek 2019 sudah tinggal hitungan hari, nih! Berbagai ornamen berwarna merah dan emas khas Imlek sudah mulai menghiasi berbagai tempat, dari tempat kerja, pusat perbelanjaan, maupun rumah Sobat Pintar yang merayakannya. Ini artinya, sebentar lagi berbagai daerah di Indonesia juga akan diterangi cahaya lampion khas Imlek dan kembang api serta suara petasan dan musik dari Barongsai yang siap memeriahkan suasana.

Perayaan Imlek memang syarat akan kemeriahan. Berbagai tradisi syarat makna pun sudah menunggu untuk semakin memeriahkan suasana. Mulai dari makan malam khusus, festival lampion, arak-arakan Barongsai hingga yang paling ditunggu-tunggu: pembagian angpao. Sobat Pintar juga pasti nggak mau ketinggalan kan merayakan Tahun Baru Imlek 2019 secara meriah?

Simak tips berikut agar perayaan Imlek 2019 tetap meriah dan aman untuk keuangan pribadi!

1. Pulang kampung tanpa boros

Seperti hari raya lain di Indonesia, Imlek juga jadi waktunya untuk pulang kampung dan merayakan kemeriahan Imlek bersama keluarga. Tradisi pulang kampung ini juga berarti ongkos berbagai moda transportasi antar kota maupun antar pulau akan naik harga. Nah, bagi Sobat Pintar yang ingin merayakan Imlek 2019ini di kampung halaman sebaiknya membeli tiket untuk pulang kampung jauh-jauh hari sebelum Imlek. Biasanya harga tiket pesawat, kereta maupun kapal akan berada pada tarif harga peak season menjelang, saat, dan sesudah Imlek karena tingginya arus pulang-balik masyarakat untuk merayakan Imlek di kampung halaman masing-masing.

Kalau Sobat Pintar belum membeli tiket untuk pulang kampung, beberapa situs penjualan tiket biasanya menyediakan berbagai promo diskon yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran mudik. Selain itu, kalau di kampung halaman Sobat Pintar harus menginap di hotel, cari juga hotel-hotel yang menawarkan promo selama liburan Imlek. Dengan begini perayaan Imlek 2019 ini bisa tetap hangat dan meriah bersama keluarga tanpa terlalu menyiksa keuangan.

2. Manfaatkan promo belanja

Demi menambah kemeriahan imlek, berbagai dekorasi pun wajib dipasang. Selain itu, berbagai hidangan wajib yang jadi tradisi harus dihidangkan di atas meja makan. Sobat Pintar pun tak boleh ketinggalan mengenakan pakaian baru demi menyambut hari raya Imlek! Banyaknya kebutuhan untuk menyambut Imlek mengharuskan Sobat Pintar untuk merencanakan pengeluaran belanja dengan baik agar tidak memberatkan keuangan.

Untungnya berbagai pusat perbelanjaan dan eCommerce menyediakan promo menarik khusus menyambut Tahun Baru Imlek. Sobat Pintar bisa membeli dekorasi lampion, petasan, kembang api, maupun cheongsam dengan menggunakan promo yang tersedia.

3. Memasak sendiri hidangan Imlek

Makan malam Imlek dipercaya sebagai makan malam yang paling penting sepanjang tahun bagi kebudayaan Cina. Dalam makan malam tersebut terhidang berbagai makanan wajib yang syarat makna. Seperti kue keranjang yang berarti kemakmuran dan keluarga yang erat, Yu Sheng (salad ikan segar) yang melambangkan terwujudnya harapan yang tinggi, Siu Mie (mie panjang) yang melambangkan panjang umur, dan masih banyak hidangan lainnya yang wajib hadir.

Hidangan-hidangan tersebut nggak boleh absen dari meja makan saat makan malam Imlek! Untuk menghemat pengeluaran untuk makan malam ini, Sobat Pintar lebih baik memasaknya sendiri ketimbang makan di restoran yang cenderung mahal. Selain jadi lebih hemat, perayaan Imlek 2019 nanti akan lebih berkesan karena menyantap masakan sendiri di rumah.

4. Siapkan angpao jauh-jauh hari

Angpao adalah elemen wajib dalam setiap perayaan Imlek. Biasanya angpao diberikan orang dewasa (yang sudah menikah) kepada anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah. Angpao sendiri khas dengan uang cetakan baru yang dimasukkan ke dalam amplop merah khas Imlek. Selain itu, angpao biasanya diberikan dalam nominal yang mengandung angka 8 (80 ribu, 800 ribu, dst.) karena angka 8 dianggap sebagai angka keberuntungan dalam kebudayaan Cina.

Nah, kalau Sobat Pintar sudah memberi angpao, uang untuk angpao bisa disiapkan jauh-jauh hari sebelum Imlek tiba. Apalagi kalau Sobat Pintar memiliki banyak keponakan atau saudara yang belum menikah. Dengan menabung untuk uang angpao, Sobat Pintar juga bisa merencanakan berapa banyak angpao yang akan dibagikan pada Imlek 2019 besok.

5. Berwisata hemat

Menyambut datangnya Imlek 2019 nanti, Sobat Pintar pasti mengajukan cuti panjang kan agar bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluarga? Untuk memanfaatkan liburan Imlek 2019 ini sudah pasti Sobat Pintar merencanakan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti melakukan tradisi Imlek di rumah maupun berwisata bersama keluarga. Bagi yang merencanakan untuk berwisata, jangan terlalu konsumtif ya karena bulan Februari masih panjang!

Sobat Pintar tentunya bisa memanfaatkan promo pesawat dan hotel jika ingin berwisata ke luar kota atau ke luar negeri. Namun, Sobat Pintar juga bisa membawa keluarga ke tempat wisata lokal yang ada di daerah masing-masing. Biasanya di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing untuk menyambut Imlek. Acara maupun festival kota tersebut bisa Sobat Pintar manfaatkan untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga tercinta. Karena pada dasarnya yang berharga bukan kunjungan ke tempat wisatanya, namun waktu yang berkualitas bersama keluarga.

Sudah siap untuk merayakan kemeriahan Imlek 2019?


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman dan menjadi platform pendanaan yang menguntungkan. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Pinjam Sekarang!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of