Rahasia Berhemat Mudah! Lakukan 7 Cara Berhemat ini Dalam 7 Hari

Rahasia Berhemat Mudah! Lakukan 7 Cara Berhemat ini Dalam 7 Hari

Masih banyak orang yang ternyata khawatir dengan kondisi keuangannya dalam satu bulan. Meskipun gajinya terbilang cukup, masih ada pula orang yang merasa kurang saat akhir bulan datang.

Apakah Sobat Pintar juga merasa demikian?

Jika permasalahan ini sedang dihadapi, tandanya Sobat Pintar perlu lebih berhemat dalam hidup! Jangan khawatir! Berhemat tidak selamanya sulit dilakukan. Tantang dirimu untuk melakukan 7 cara berhemat ini dalam 7 hari!

1. Jangan mementingkan merek!

Sudah jadi kebiasaan banyak orang untuk membeli barang apapun karena mereknya yang terkenal.

Saat Sobat Pintar masuk ke pusat perbelanjaan, bertujuan untuk membeli barang persediaan bulanan, pasti tujuan Sobat Pintar sudah terpaku kepada barang bermerek yang biasa digunakan.

Barang-barang yang dimaksud seperti bahan sembako, perlengkapan pribadi maupun pakaian.

Padahal, ada barang-barang dengan merk kurang terkenal, atau tak bermerek yang harganya cenderung lebih murah. Bahkan kualitas barang tersebut tidak berbeda dengan barang yang bermerek.

Cara berhemat ini akan menunjukkan kepadamu kalau menggunakan barang tanpa mementingkan merek sebenarnya bisa jadi cara berhemat yang efektif.

Caranya adalah:

    • Ketika berada di toko/pusat perbelanjaan, usahakan untuk membeli barang tanpa memandang mereknya. Sebagai gantinya, usahakan cari barang yang lebih murah atau yang dalam diskon meski tidak memiliki merek yang terkenal.
    • Bawa pulang dan coba gunakan sampai habis.
    • Rasakan apakah ada perbedaan yang berarti dari menggunakan barang tersebut ketimbang menggunakan barang bermerek yang biasa Kamu gunakan.
    • Jika perbedaannya tidak begitu berarti, terus menggunakan cara ini untuk berhemat!

2. Bersihkan lemarimu

Tanpa disadari, terkadang Kamu menyimpan “harta tersembunyi” yang tersimpan dalam lemarimu.

Coba periksa setiap rak dalam lemari pakaian maupun lemari yang lain dan kumpulkan barang-barang yang sudah tidak digunakan.

Kamu akan terkejut setelah menemukan berapa banyak pakaian, barang elektronik maupun barang pecah belah yang hanya tertimbun debu dalam lemari.

Nah, barang-barang yang sudah tidak Kamu gunakan tersebut bisa menjadi uang yang lumayan untuk menambah tabungan. Jual saja via online atau melalui kenalan!

Selain dapat uang, Kamu juga akan mendapati tempat tinggalmu lebih bersih dan lebih banyak ruang.

3. Tidak belanja berdasarkan keinginan

Banyak yang masih terjebak dalam kebingungan antara kebutuhan dan keinginan.

Selama masih belum bisa membedakan kedua hal tersebut, Kamu nggak akan bisa mulai untuk melakukan cara berhemat yang ampuh sekalipun!

Kebutuhan adalah barang atau jasa yang bisa memberi manfaat yang menunjang kehidupan seseorang. Dengan memenuhi kebutuhan, seseorang bisa merasa terbantu dari barang atau jasa yang dibelinya.

Keinginan adalah barang atau jasa yang yang bisa memberi kepuasan terhadap penggunanya. Biasanya jika keinginan tak terpenuhi, kualitas hidup orang tersebut tidak akan terganggu atau berubah.

Kalau sudah tahu bedanya, utamakan belanja hanya untuk kebutuhan saja!

Ada baiknya, sebelum berbelanja Kamu membuat daftar belanjaan agar tidak muncul keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan saat berbelanja.

4. Rencanakan makan seminggu kedepan

Jika Kamu bersungguh-sungguh ingin melakukan cara berhemat, Kamu perlu melakukannya hingga ke level kebutuhan dasar, yaitu makanan.

Caranya, Kamu hanya perlu merencanakan makananmu seminggu kedepan. Dan usahakan untuk buat pengeluarannya semurah mungkin!

Kamu bisa menulis secara spesifik menu untuk 3 kali makan. Misalnya sarapan dengan nasi goreng, makan siang dengan nasi plus telur dan tumis sayuran dan makan malam dengan mie goreng.

Kamu bisa mencari alternatif tempat makan yang lebih murah atau bisa juga membeli bahan makanan untuk kemudian dimasak sendiri.

Coba kebiasaan makan murah ini untuk 7 hari kedepan dan segera rasakan manfaat signifikan untuk mengurangi pengeluaran!

5. Buat makanan di rumah

Cara berhemat ini sangat efektif bagi Kamu yang sudah terbiasa membeli makan di luar.

Setelah menentukan menu makanan untuk 7 hari kedepan, Kamu bisa memasak sendiri makanan tersebut.

Ingat, seperti poin pertama, saat belanja usahakan untuk cari bahan masakan berdasarkan harga yang paling rendah!

Kamu juga bisa mengimplementasikan cara berhemat ini lebih maksimal, seperti memasak bekal makan siang untuk dibawa ke kantor.

Selain soal masakan, Kamu yang biasa membeli kopi di coffee shop bisa menggunakan cara berhemat ini untuk memangkas pengeluaran kopi harian.

Buat kopimu di rumah dan bawa dalam termos untuk bisa dinikmati di kantor!

Cara berhemat ini terbukti ampuh mengurangi pengeluaran dari kebutuhanmu yang paling mendasar.

6. Lacak pengeluaran setiap hari

Selama 7 hari kedepan, coba lacak setiap detail pengeluaran yang Kamu buat!

Baik itu pengeluaran untuk makan, transportasi, pulsa, paket internet, dan lain sebagainya.

Kamu bisa melacaknya dengan catatan sederhana atau lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi pencatat pengeluaran yang tersedia gratis.

Tujuannya, mencatat pengeluaran selama 7 hari kedepan akan memberimu gambaran akan perubahan pengeluaran selama mempraktikan cara berhemat tadi.

Dengan begini, Kamu bisa dengan jelas mengukur dampaknya bagi keuangan pribadimu!

7. Kurangi membuka media sosial

Apa hubungannya?

Begini… Salah satu kerugian yang bisa Kamu rasakan kalau terlalu sering membuka media sosial adalah pemborosan kuota paket internet.

Masih ada lagi. Terlalu sering membuka media sosial juga bisa memunculkan sindrom FOMO dalam dirimu.

Kamu akan lebih sering melihat temanmu memamerkan barang atau aktivitas mereka. Kamu juga akan lebih sering terpapar dengan iklan-iklan yang bisa mempengaruhi keinginanmu untuk berbelanja.

Lebih baik, gunakan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna. Misalnya membaca buku atau melakukan hobi.


Lakukan 7 cara berhemat tersebut selama 7 hari pertama dan coba rasakan kelebihannya dulu untuk keuangan pribadimu. Setelah tantangan 7 hari ini selesai, Kamu pun bisa membuat 7 cara berhemat tersebut sebagai kebiasaanmu!

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of