Kenali Ciri Pinjaman Online Terpercaya Sebelum Menggunakannya

Saat ini, merupakan sebuah kewajiban untuk memastikan apakah pinjaman online terpercaya atau tidak sebelum menggunakan layanannya.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, aplikasi pinjaman online sangat jadi populer digunakan di Indonesia.

Tak heran kalau kemudahan ini sering dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. 

Sobat Pintar sebagai pengguna perlu waspada dan jeli dalam memilah aplikasi pinjaman online terpercaya.

Selapanjang bulan September ini saja, Satgas Waspada Investasi sudah memblokir 126 layanan fintech ilegal yang menambah daftar panjang entitas fintech illegal dari tahun 2018 yang mencapai 2.840 entitas.

Meski tampak jumlahnya banyak, masih banyak juga aplikasi pinjaman online terpercaya yang bisa Sobat Pintar manfaatkan! Berikut ciri-cirinya:

1. Layanan pinjaman online terpercaya itu terdaftar di OJK

Hal yang wajib dilakukan untuk mengecek apakah layanan pinjaman online tersebut terpercaya adalah mengecek di direktori fintek OJK.

Tercatat hingga bulan April 2020, ada 161 entitas fintech yang terdaftar dan berizin di OJK. Artinya, ada 161 layanan fintech yang aman untuk Sobat Pintar gunakan.

Untuk memeriksa apakah layanan fintech yang akan digunakan legal, Sobat Pintar bisa memeriksa di website resmi OJK (www.OJK.go.id) atau langsung menghubungi call center OJK di nomor 157.

Memastikan apakah aplikasi pinjaman online terpercaya dan memiliki entitas legal merupakan syarat wajib sebelum menggunakan layanan pinjaman online tersebut.

2. Syarat ringan

Aplikasi pinjaman online terpercaya biasanya memudahkan, bukan malah menyusahkan penggunanya.

Syarat yang ditentukan oleh aplikasi pinjaman online terpercaya cenderung ringan.

Misalnya untuk pendaftaran akun, aplikasi pinjaman online hanya membutuhkan dokumen sederhana seperti KTP.

Untuk mendapatkan pinjaman, Sobat Pintar juga tidak perlu mengajukan jaminan apapun. Ini yang disebut dengan sistem Kredit Tanpa Agunan (KTA).

3. Bunga yang wajar dan transparan

Aplikasi pinjaman online yang baik berfokus untuk membantu penggunanya dengan menyalurkan pinjaman di saat mereka memiliki kebutuhan yang mendesak.

Maka dari itu, aplikasi pinjaman online terpercaya biasanya menangguhkan bunga pinjaman yang ringan terhadap penggunanya.

Selain itu, bunga yang diberikan akan tercantum di halaman pengajuan. Sehingga peminjam mengetahui berapa besar tagihan yang nantinya harus mereka bayarkan.

Selain bunga, wajar jika beberapa aplikasi pinjaman online juga memiliki biaya layanan. Biaya tersebut juga dicantumkan dalam halaman peminjaman jadi peminjam bisa mengetahuinya di awal sebelum pengajuan.

4. Ketentuan pinjaman yang jelas

Aplikasi pinjaman online terpercaya juga menyuguhkan informasi mengenai ketentuan pinjaman, persyaratan layanan dan kebijakan privasi secara gamblang.

Ketentuan-ketentuan tersebut seperti surat kontrak antara pihak penyedia layanan dan Sobat Pintar sebagai peminjam.

Maka dari itu Sobat Pintar perlu memahami berbagai ketentuan yang disebutkan oleh aplikasi pinjaman online dan tidak menggunakan layanan yang dirasa merugikan.

Seperti menghubungi kontak dalam ponsel untuk penagihan, di luar kontak darurat yang sudah dicantumkan.

5. Review positif

Para pengguna biasanya memiliki sentimen masing-masing terhadap layanan aplikasi pinjaman online yang biasa mereka sampaikan di kolom komentar Google Play Store maupun laman media sosial aplikasi terkait.

Ulasan pengguna ini bisa jadi informasi yang membantu sebelum Sobat Pintar sebelum menggunakan layanannya.

Aplikasi pinjaman online yang terpercaya bisa dengan mudah diketahui dari rating di Google Play Store. Selain itu, jika banyak pengguna yang memberi review positif terkait layanan aplikasi pinjaman online tersebut, bisa dipastikan kalau layanan pinjaman online tersebut bisa dipercaya.

6. Punya beberapa channel yang bisa dihubungi

Salah satu kriteria aplikasi pinjaman online yang  dapat dipercaya adalah kemudahan akses komunikasi dengan pengelola layanannya.

Aplikasi pinjaman online pada umumnya menyediakan call center sebagai saluran komunikasi antara pengguna dengan Customer Service. Sejauh ini, ketersediaan call center sebagian besar perusahaan fintech baru tersedia selama jam dan hari kerja.

Selain call center, aplikasi pinjaman online biasanya juga memiliki akun berbagai media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana berkomunikasi.

7. Prosesnya cepat dan mudah

Aplikasi pinjaman online yang bisa dipercaya juga menawarkan proses yang mudah, baik dalam pendaftaran, pengajuan hingga pelunasan.

Kecepatan prosesnya pun jadi penentu apakah aplikasi pinjaman online bisa dipercaya atau tidak.

Aplikasi pinjaman online berkualitas tidak makan waktu lama dalam setiap prosesnya. Maksimal 24 jam untuk proses verifikasi akun, persetujuan pinjaman, maupun pencairan dana pinjamannya.

Meski demikian, kecepatan dan kemudahan layanan tidak bisa dijadikan satu-satunya standar untuk menentukan apakah suatu layanan aplikasi pinjaman online bisa dipercaya atau tidak.

Salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya yang memenuhi ciri-ciri di atas adalah Kredit Pintar!

Yuk, nikmati proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman di Kredit Pintar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2019 PT Kredit Pintar Indonesia. All rights reserved.