Untuk Perencanaan Keuangan yang Baik, Pilih Asuransi Atau Investasi?

Untuk Perencanaan Keuangan yang Baik, Pilih Asuransi Atau Investasi?

Untuk Perencanaan Keuangan yang Baik, Pilih Asuransi Atau Investasi?

Hidup memang penuh ketidakpastian, apalagi kalau menyangkut masa depan. Demi menjamin masa depan—atau paling tidak memberi ketenangan hati—Sobat Pintar harus memiliki perencanaan keuangan yang matang. Dalam setiap perencanaan keuangan yang baik, pasti melibatkan produk-produk keuangan yang membawa keuntungan sesuai kebutuhan masing-masing orang. Selama ini, produk keuangan yang paling menguntungkan ada dua, yaitu Investasi dan Asuransi. Pilihan untuk memulai investasi atau beli asuransi sebenarnya soal preferensi, dan semuanya tergantung kebutuhan masing-masing individu.

Sobat Pintar pakai yang mana nih untuk perencanaan keuangan pribadi jangka panjang?

Asuransi bagi yang butuh proteksi

Kalau Sobat Pintar membutuhkan proteksi diri dan memang tidak memiliki tanggungan yang mendesak di masa depan, asuransi bisa jadi pilihan yang tepat agar perencanaan keuangan bisa lebih maksimal. Memiliki asuransi, terutama asuransi jiwa memang memberi banyak keuntungan tersendiri, seperti meringankan beban finansial keluarga yang ditinggalkan, hingga memberi ketenangan hati karena hidup terjamin.

Kalau Sobat Pintar masih ingin merasakan manfaat investasi namun tetap mendapatkan proteksi asuransi, bisa beli asuransi jenis unit link. Asuransi ini memberi imbal hasil kepada para pemegang polis setiap tahunnya. Hanya saja, keuntungan investasi dengan asuransi unit link tidak sebesar investasi pada umumnya. Risikonya, kalau investasi dari asuransi unit link tidak membawa untung, maka klaim uang pertanggungannya pun tidak terlalu besar.

Pilihan lain, Sobat Pintar bisa membeli jenis asuransi endowment (dwiguna) sebagai bentuk asuransi yang sekaligus menyediakan fitur tabungan jangka panjang. Sehingga Sobat Pintar bisa mendapatkan manfaat menabung selagi masih dapat perlindungan dari asuransi. Meski begitu, asuransi endowment masih punya nilai negatif tersendiri, seperti premi yang dibayarkan terbilang tinggi dan penarikan dana hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu beberapa tahun sekali, tergantung perjanjian antara pemegang polis dan perusahaan asuransi.  

Investasi bagi yang masih punya tanggungan

Investasi cocok kalau Sobat Pintar masih memiliki rencana pengeluaran yang jelas di masa depan. Kalau masih punya tanggungan, mayoritas orang juga otomatis berpikiran kalau asuransi bukanlah kebutuhan primer mereka. Apalagi kalau mereka sudah mendapat jaminan dari BPJS kesehatan. Sehingga banyak orang yang masih punya tanggungan lebih memilih asuransi untuk membantu perencanaan keuangan mereka.

Investasi saham merupakan salah satu produk yang paling favorit dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Meski terbilang berisiko dan fluktuatif, imbal hasil investasi saham cenderung lebih besar dari model investasi lainnya. Likuiditas yang tinggi dari investasi saham juga merupakan poin plus yang diminati banyak orang. Dengan begini, investasi saham bisa jadi wadah perencanaan keuangan yang menguntungkan sekaligus versatile untuk berbagai kebutuhan.

Bagi pemula dalam dunia investasi, memulai investasi saham untuk membantu perencanaan keuangan jangka panjang memang bisa jadi langkah yang kurang tepat. Maka dari itu, Sobat Pintar yang belum familiar dengan investasi namun ingin mencari keuntungan tanpa bekerja bisa mulai dengan Pendanaan P2P Lending dari Kredit Pintar! Pendanaan di Kredit Pintar ada dua macam yang bisa disesuaikan dengan urgensi kebutuhan; produknya antara lain adalah Pendanaan Fleksibel dan Pendanaan Berjangka.

Pendanaan Fleksibel sangat cocok kalau Sobat Pintar ingin mendapatkan keuntungan dengan menggunakan cadangan uang darurat. Dengan bunga 9% p.a. Sobat Pintar bisa menarik uang kapan saja. Sedangkan kalau ingin mencari keuntungan yang lebih besar dan mendapat fitur keamanan kunci uang, Pendanaan Berjangka jadi pilihan yang tepat! Bunga hingga 18% p.a. bisa didapatkan kalau Sobat Pintar mulai pendanaan berjangka dari Kredit Pintar.

Yuk, mulai pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Download aplikasi Kredit Pintar for Lender di Playstore, atau kunjungi website-nya di kreditpintar.com!

1 thought on “Untuk Perencanaan Keuangan yang Baik, Pilih Asuransi Atau Investasi?

  • Saya tidak bisa mendaftar no bank saya
    Karna terblokir
    Saya mencoba daftar dengan no bank sodara saya knp tidak bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *