KTA Online Kredit Pintar Salurkan Rp 1 Triliun Pinjaman

KTA Online Kredit Pintar Salurkan Rp 1 Triliun Pinjaman

KTA Online Kredit Pintar Salurkan Rp 1 Triliun Pinjaman

Jakarta — Kredit Pintar sebagai salah satu Fintech penyedia KTA online terdepan di Indonesia telah menyalurkan pinjaman kepada warga Indonesia yang mencapai Rp 1 Triliun. Tercatat sekitar 500.000 orang dari 34 porvinsi di Indonesia yang sudah mendapat pinjaman dari KTA online Kredit Pintar.

Vice President Kredit Pintar Boan Sianipar mengatakan pinjaman disalurkan yang telah mencapai Rp 1 triliun adalah bukti para peminjam puas dan percaya terhadap layanan Kredit Pintar.

“Mungkin perusahaan lain masih terbatas di beberapa kota, tapi kami telah menjangkau semua orang dari Aceh sampai Merauke,” kata Boan.

Saat ini profil peminjam Kredit Pintar masih didominasi pria yang mencapai 55%, sedangkan sisanya wanita. Tujuan mereka meminjam kredit beragam, dari biaya pendidikan 8,4%, pengeluaran sehari-hari 6,3%, modal kerja 17,7%, biaya pengobatan 4,% dan lain-lain.

Jumlah pengguna layanan KTA online Kredit Pintar penyebarannya masih didominasi daerah Jawa, seperti Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Timur. Sedangkan dari segi usia, jumlah peminjam yang berusia 26 tahun – 40 tahun masih mendominasi sebagai pengguna Kredit Pintar, yaitu sebesar 60%. Kemudian disusul usia peminjam antara 18 tahun – 25 tahun, dan usia 41 tahun – 61 tahun.

Di lihat dari profil peminjamnya, Kredit Pintar yang mengusung sistem Peer to Peer Lending ini mengungkapkan bahwa tingkat kredit macet atau NPL (Non Performing Loan) masih di batas yang aman untuk skala industri. Cara yang ditempuh perusahan penyedia KTA online ini untuk mitigasi risiko semakin bertumbuhnya angka NPL adalah dengan menggunakan teknologi artificial intelligence dan algoritma mutakhir dalam proses seleksi calon pengguna layanannya.

Terlepas dari semua itu, Kredit Pintar sudah tidak mempunyai target penyaluran kredit di sisa tahun 2018 ini. Menurut Boan Sianipar, saat ini yang terpenting bagi Kredit Pintar adalah membantu pemerintah meningkatkan indeks inklusi keuangan melalui penyaluran KTA online bagi segmen masyarakat Indonesia yang belum bisa menikmati layanan perbankan.

“Kami tidak mempunyai target khusus, tapi hanya ingin menyalurkan kredit kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena di era digital ini, semua orang bisa memilih platform pinjaman yang mereka mau, dari platform yang menyediakan bunga rendah, proses gampang hingga tanpa jaminan,” jelas Boan.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh:

1 thought on “KTA Online Kredit Pintar Salurkan Rp 1 Triliun Pinjaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *