Naik Gaji! Manfaatkan Kenaikan UMP 2019 Dengan Bijak

Naik Gaji! Manfaatkan Kenaikan Ump 2019 Dengan Bijak

Naik Gaji! Manfaatkan Kenaikan Ump 2019 Dengan Bijak

Tahun baru memang jadi waktu yang menyenangkan! Selain karena banyak perayaan dan banyak hari libur, momen pergantian tahun ini merupakan waktunya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ditunggu-tunggu para pekerja. Tahun ini, Kenaikan UMP 2019 sudah diumumkan sejak November 2018 lalu, namun baru diimplementasikan pada 1 Januari tahun ini.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menetapkan kenaikan UMP 2019 sebesar 8,03% untuk semua provinsi di Indonesia. Kenaikan UMP 2019 ini merupakan hasil dari penambahan UMP 2018 dikalikan tingkat inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi nasional, sesuai dengan Pasal 44 Ayat 1 dan Ayat 2 PP Nomor 78 Tahun 2015.

Meski dengan persentase kenaikan yang sama di seluruh provinsi, tiga provinsi berikut menempati posisi dengan UMP tertinggi di tahun 2019: DKI Jakarta dengan Rp 3,9 juta, Papua dengan Rp 3,2 juta, dan Sulawesi Utara dengan 3,05 Juta.

Kenaikan UMP 2019 ini seperti kenaikan pada tahun-tahun sebelumnya, mendapat penolakan dan protes dari berbagai Serikat Pekerja yang memberi tuntutan kenaikan lebih. Terlepas dari semua itu, kenaikan UMP 2019 tetap akan mempengaruhi kenaikan gaji Sobat Pintar. Dengan naiknya gaji di tahun ini, Sobat Pintar perlu bijak memanfaatkannya!

Kenaikan gaji bukan berarti peningkatan gaya hidup

Meski ada peningkatan dari gaji yang diterima karena peningkatan UMP 2019, Sobat Pintar perlu sadar kalau peningkatan tersebut seiring dengan peningkatan nilai inflasi. Jadi meskipun gaji naik, gaya hidup tidak bisa langsung ikut meningkat juga. Peningkatan ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan peningkatan gaya hidup yang Sobat Pintar inginkan.

Kenaikan UMP ini biasanya diiringi dengan kenaikan harga kebutuhan, seperti BBM maupun sembako yang segera menyusul. Dengan naiknya harga-harga barang, lebih baik Sobat Pintar berada pada gaya hidup saat ini atau justru lebih berhemat meski mendapat kenaikan gaji.

Manfaatkan kenaikan gaji sebagai modal untuk investasi

Kenaikan UMP 2019 biasanya juga dibarengi dengan kenaikan gaji atas kebijakan tiap perusahaan. Jika Sobat Pintar mendapat kenaikan gaji yang lumayan atas performa kerja yang baik selama setahun terakhir, sebaiknya ini jadi jalan untuk Sobat Pintar mendapat tambahan penghasilan dengan berinvestasi! Ya meskipun hanya 8% dari UMP tahun lalu, kenaikan ini tetap bisa Sobat Pintar gunakan untuk mulai investasi kecil. Sekarang sudah banyak investasi dengan modal awal kecil yang bisa memberi keuntungan besar! Salah satunya adalah investasi dengan model pendanaan Peer to Peer (P2P) Lending yang sedang naik daun belakangan ini.

Bicara soal Pendanaan P2P Lending, Kredit Pintar merupakan platform yang terbukti aman dan menguntungkan. Pendanaan P2P Lending di Kredit Pintar ada dua macam yang ringan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan; produknya antara lain adalah Pendanaan Fleksibel dan Pendanaan Berjangka. Pendanaan Fleksibel sangat cocok kalau Sobat Pintar ingin mendapatkan keuntungan dengan menggunakan cadangan uang darurat. Dengan bunga 9% p.a. Sobat Pintar bisa menarik uang kapan saja. Sedangkan kalau ingin mencari keuntungan yang lebih besar dan mendapat fitur keamanan kunci uang, Pendanaan Berjangka bisa jadi pilihan yang tepat! Bunga hingga 18% p.a. bisa didapatkan kalau Sobat Pintar memulai pendanaan berjangka dari Kredit Pintar.

Kenaikan gaji untuk tambah tabungan pensiun

Kenaikan gaji ini juga bisa jadi dana untuk tambahan tabungan hari tua. Memang sebagai pekerja di sektor swasta, Sobat Pintar tidak akan mendapat uang pensiun rutin seperti layaknya abdi negara. Sobat Pintar hanya akan dapat dana jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan yang dipotong 1% dari gaji dan ditanggung 2% oleh perusahaan. Jumlah ini tak seberapa sebagai modal menikmati hari tua nanti. Maka dari itu, tabungan untuk pensiun masih dirasa perlu sebagai tambahan dana agar Sobat Pintar bisa menikmati masa tua nanti!

Dikumpulkan sebagai modal usaha

Kalau Sobat Pintar sudah lama ingin memulai usaha, kenaikan gaji ini bisa jadi saat yang tepat untuk mengumpulkan uang sebagai modal usaha. Dengan kenaikan gaji ini ditambah dengan komitmen dan kedisiplinan Sobat Pintar untuk mengumpulkan uang sebagai modal usaha, tak lama lagi usaha yang diimpikan akan terlaksana! Cara ini juga menghindarkan Sobat Pintar dari pengajuan pinjaman dana sebagai modal awal memulai usaha. Sehingga tak perlu pusing memikirkan bunga dan pokok pinjaman yang perlu dilunasi jika usaha yang dimulai mendapati kesulitan dalam membuahkan hasil.


Itu dia beberapa cara memanfaatkan peningkatan gaji akibat kenaikan UMP 2019. Sobat Pintar lebih memilih cara yang mana?

Kalau ingin mendapat keuntungan tanpa perlu bekerja, mulai aja pendanaan di Kredit Pintar dan buktikan proses penyimpanan uang yang simpel, aman, dan nyaman! Download aplikasi Kredit Pintar for Lender di Playstore, atau kunjungi website-nya di kreditpintar.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *