Bagaimana Jika Pendapatan Sebulan Tidak Mencukupi Kebutuhan?

Bagaimana Jika Pendapatan Sebulan Tidak Mencukupi Kebutuhan?

Ada orang yang pendapatan sebulannya hanya berada di angka standar namun sudah bisa mencukupi semua kebutuhannya dalam sebulan, bahkan masih sempat menyisihkan uang untuk ditabung. Namun ada juga orang dengan pendapatan sebulan setara manager namun masih mengeluhkan kalau banyak kebutuhannya yang belum terpenuhi. Jumlah pendapatan sebulan tiap orang bisa berbeda-beda, begitu pula kepuasan terhadap jumlah yang didapatkan.

Kekurangan ini bisa jadi sangat negatif untuk dibicarakan, apalagi kalau Sobat Pintar yang mengalaminya. Berapapun jumlah pendapatan sebulan yang Sobat Pintar peroleh, kalau biaya hidup yang diinginkan lebih besar dari total penghasilan sebulan artinya Sobat Pintar dalam keadaan genting dan perlu segera memperbaikinya! Tidak hanya tambah penghasilan, berikut caranya agar pendapatan sebulan bisa mencukupi semua kebutuhan hidup.


Bayar tagihan dan sewa terlebih dahulu

Seberapa sulitnya itu, tagihan sewa harus dibayarkan langsung setelah mendapat gaji, bahkan sebelum menetapkan budget untuk makan sebulan. Pendapatan sebulan paling tidak bisa menutup uang tagihan maupun sewa, yang bisa berupa sewa tempat tinggal, tagihan listrik dan air, maupun tagihan atas cicilan kendaraan bermotor.

Setelah itu pendapatan sebulan baru bisa dibagi ke untuk kebutuhan lainnya, seperti untuk makan, transportasi dan untuk kebutuhan lain. Setelah itu Sobat Pintar baru bisa mengetahui berapa kekurangan untuk menutup kebutuhan sebulan dan kebutuhan apa saja yang belum tercukupi.


Pangkas pengeluaran yang tidak perlu

Ada kemungkinan kalau kebutuhan Sobat Pintar yang tidak tertutup sebenarnya adalah kebutuhan yang tidak terlalu penting dan bisa dipangkas saat itu juga. Seperti tagihan Netflix dan Spotify yang terus memangkas rekening setiap bulannya; kebiasaan untuk makan enak setelah hari gajjian; atau langganan di pusat kebugaran yang mungkin mulai perlu dipertimbangkan untuk dihilangkan. Mungkin Sobat Pintar memiliki argumen bahwa dengan berlangganan situs dan aplikasi streaming tersebut bisa menjauhkan diri dari aktivitas yang justru lebih menguras uang, seperti nonton di bioskop. Ditambah dengan berlangganan di gym yang bisa mengalihkan keinginan untuk nongkrong dan minum kopi 50 ribuan. Namun, selama ada provider hiburan gratis seperti YouTube dan olahraga gratis di luar pusat kebugaran, Sobat Pintar bisa menekan pengeluaran dan mengalihkan uangnya untuk hal yang lebih penting.


Pindah kerja atau kerja sampingan

Jika pendapatan sekarang dirasa kurang memuaskan, maka alternatifnya adalah mencari pekerjaan baru atau mencari pekerjaan sampingan. Namun sebelum itu, Sobat Pintar bisa minta kepada atasan untuk naik gaji jika dirasa sudah layak mendapatkannya. Kalau tidak memungkinkan, barulah mulai untuk terima panggilan kerja yang menawarkan peningkatan pendapatan sebulan. Cara yang paling cepat untuk menambah penghasilan adalah dengan bekerja sampingan. Jika sudah bekerja selama 8 jam dan merasa masih memiliki waktu luang yang bisa digunakan untuk hal produktif, Sobat Pintar bisa mulai mempertimbangkan untuk mulai kerja sampingan.


Tetap terhubung dengan internet

Layaknya air dan listrik, internet kini merupakan kebutuhan primer yang wajib Sobat Pintar penuhi. Bukan untuk menyebar keluhan kondisi pribadi di media sosial, namun internet jadi pintu yang membuka berbagai kesempatan untuk Sobat Pintar bisa menambah penghasilan. Siapa tau dengan tetap terhubung di internet, Sobat Pintar bisa menemukan lowongan untuk pekerjaan sampingan, pekerjaan baru yang memberi gaji lebih layak atau kesempatan lainnya untuk memperoleh tambahan penghasilan. Selain itu, dengan tetap terhubung dengan internet, Sobat Pintar jadi punya jalan untuk mengembangkan kemampuan, baik secara otodidak maupun dengan mengikuti kelas online. Pengembangan kemampuan ini sangat diperlukan jika menginginkan peningkatan pendapatan sebulan.


Tambah passive income

Di saat pendapatan sebulan Sobat Pintar tidak bisa menutupi seluruh kebutuhan dalam sebulan, maka penghasilan tambahan merupakan pilihan yang lebih ‘manusiawi’ ketimbang menurunkan gaya hidup. Pekerjaan sampingan tentu sudah jadi pertimbangan untuk menambah penghasilan. Namun ada cara lain untuk menambah penghasilan tanpa perlu bekerja, yaitu dengan menambah passive income. Passive income bisa diperoleh dengan mulai berinvestasi.



Jangan tergiur uang cepat

Memang Sobat Pintar sedang terhimpit kebutuhan, namun jangan mudah tergoda dengan tawaran untuk mendapatkan uang cepat! Tawaran tersebut bisa dalam bentuk pekerjaan dengan bunyi penawaran seperti: “Hasilkan 10 Juta dalam 1 bulan dari rumah!” Biasanya tawaran tersebut hanya akan berujung pada penipuan investasi bodong atau jeratan MLM tanpa sepenuhnya memberi penghasilan yang dijanjikan. Tawaran lain bisa dalam bentuk pinjaman tunai cepat. Meskipun sedang kesusahan finansial, sebelum mengajukan pinjaman Sobat Pintar harus tahu dulu kemampuan dalam mengembalikan uang tersebut. Jangan ajukan pinjaman kalau tidak yakin akan bisa melunasinya. Selain itu, jika mengajukan pinjaman sudah jadi keputusan final, cari tahu dulu seluk beluk penyedia pinjamannya. Kalau yang menyediakan pinjaman tersebut adalah perorangan, maka cari tahu apakah orang tersebut punya predikat lintah darat atau benar-benar ingin membantu Sobat Pintar. Jika pinjaman tersebut disediakan oleh perusahaan fintech, pastikan fintech tersebut sudah terdaftar di OJK dan kenali terlebih dahulu produk pinjaman yang disediakan.


Maksimalkan berbagai kesempatan untuk berhemat

Tidak perlu menolak jika ada tawaran untuk makan bersama di rumah teman. Atau menolak tawaran pulang bareng. Memang terdengar oportunis, namun di saat seperti ini Sobat Pintar perlu memanfaatkan kesempatan untuk berhemat semaksimal mungkin. Tidak perlu mempertagankan gengsi, justru Sobat Pintar tidak akan dapat apapun dari gengsi!

Dengan mengetahui cara memenuhi kebutuhan tersebut, berapapun jumlah pendapatan sebulan yang Sobat Pintar hasilkan tidak akan jadi masalah lagi!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Pinjam Sekarang!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of