Dari A Sampai Z, Istilah Fintech P2P Lending yang Perlu Kamu Tahu

Dari A Sampai Z, Ini Istilah Fintech P2P Lending yang Perlu Kamu Tahu

Dari A Sampai Z, Ini Istilah Fintech P2P Lending yang Perlu Kamu Tahu

Layanan pinjaman online dan pendanaan dari Fintech P2P Lending yang semakin banyak bermunculan di Indonesia menimbulkan dua kubu dalam masyarakat. Ada yang merasa diuntungkan, namun tak sedikit pula yang merasa dirugikan. Aduan mengenai layanan yang diberikan maupun praktik penipuan yang dilakukan Fintech P2P Lending masih saja mengalir. Meski nampak suram, hampir semua aduan yang diterima oleh YLKI berasal dari perusahaan Fintech P2P Lending ilegal atau yang belum terdaftar di OJK.

Agar Sobat Pintar tidak salah langkah dalam menggunakan layanan Fintech P2P Lending, pahami dulu yuk istilah-istilah yang biasa dipakai oleh perusahaan Fintech P2P Lending dalam memberikan layanan Pinjaman maupun Pendanaan!

Istilah Pengertian
AFTECH Singkatan dari: Asosiasi Fintech Indonesia.

AFTECH adalah wadah yang menghimpun perusahaan dan institusi para pelaku sektor jasa keuangan yang menggunakan kemajuan teknologi dalam menjalankan usahanya.

Borrower Lihat: Peminjam
Bunga Pinjaman Imbal jasa atas pinjaman uang. Bunga otomatis dibayarkan sekaligus saat melakukan pelunasan tagihan.
Bunga Keuntungan Persentase keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan pendanaan.
Denda Biaya penalti tambahan yang harus dibayarkan akibat keterlambatan pelunasan (pembayaran lewat jatuh tempo).
Escrow Account Rekening gabungan untuk para lender.
Fintech Singkatan dari: Financial Technology.

Fintech adalah inovasi dalam bidang finansial yang menggabungkan kemajuan teknologi dan berbagai macam layanan keuangan, seperti pembayaran (payment gateway), pemberian dan pengajuan pinjaman (P2P Lending), pembiayaan bersama (crowdfunding), market aggregator, investasi, dan lain-lain.

Fixed Funding Atau Pendanaan Berjangka. Pendanaan dengan periode waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan Fintech P2P Lending. Dana milik lender baru bisa diambil ketika periode pendanaan berakhir.
Flexible Funding Atau Pendanaan Fleksibel. Pendanaan tanpa periode waktu yang ditentukan oleh perusahaan Fintech P2P Lending. Dana milik lender bisa diambil kapan saja.
Funding Lihat: Pendanaan
Inklusi Keuangan Kondisi pada saat semua orang usia produktif mampu mendapatkan akses yang efektif terhadap layanan keuangan yang mencakup kredit, tabungan, sistem pembayaran dan asuransi.
Jatuh Tempo Batas waktu terakhir pinjaman harus dilunasi.
KTA Kredit Tanpa Agunan (elaborate)
Lender Pendana atau Pemberi dana atau Penanam modal
Lending Lihat: Pendanaan
Limit Kredit Maksimum pinjaman yang bisa diajukan oleh peminjam; ditetapkan oleh Fintech P2P Lending terkait sesuai dengan bagus tidaknya riwayat kredit seseorang.
Literasi Keuangan Tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai lembaga keuangan formal, produk dan jasa keuangan
Loan Lihat: Pinjaman
Mitigasi Risiko Tindakan atau usaha yang dilakukan oleh lender maupun perusahaan fintech P2P Lending terkait dalam mengurangi dampak kerugian akibat timbulnya kejadian yang tidak diinginkan
NPL Singkatan dari: Non Performing Loan atau Kredit Macet
OJK Singkatan dari: Otoritas Jasa Keuangan

OJK adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya

p.a. Singkatan dari: Per Annum.

Per Annum adalah jangka waktu yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan bunga; dalam hal ini bunga yang dimaksud adalah bunga imbal hasil yang didapatlan oleh lender

Peer to Peer Lending Metode pemberian dan pengajuan pinjaman uang via online yang mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dan penerima pinjaman (borrower) secara tidak langsung
Pelunasan Pendanaan Penarikan dana yang sudah disetorkan oleh lender. Total yang didapatkan adalah: Modal Awal Setoran + Bunga Keuntungan
Pelunasan Pinjaman Pembayaran penuh tagihan pinjaman yang sudah diajukan oleh borrower.
Pendanaan Penanaman modal kepada perusahaan untuk membantu pemenuhan kebutuhan perusahaan terkait; nantinya penanam modal (lender) akan mendapatkan imbal hasil.

Dalam Fintech P2P Lending, lender menanamkan modal kepada perusahaan Fintech P2P Lending yang selanjutnya akan disalurkan untuk pemenuhan pengajuan pinjaman kepada borrower.

Pendanaan Minimum Modal minimum untuk bisa memulai pendanaan.
Pendanaan Maksimum Batas maksimum modal yang disetorkan dalam pendanaan.
Periode Pendanaan Jangka waktu atau periode lamanya pendanaan (Fixed Funding). Semakin lama periode pendanaan, bunga yang didapatkan semakin besar pula.
Pinjaman Dana yang disalurkan oleh perusahaan Fintech P2P Lending (dari lender) kepada borrower yang mengajukan pinjaman.
Proyeksi Keuntungan Total uang yang akan didapatkan lender di akhir periode pendanaan (Fixed Funding).
Risiko Pendanaan Kemungkinan risiko yang ditanggung pendana selama melakukan pendanaan. Dalam pendanaan di Fintech P2P Lending, risiko terbesar yang dijumpai lender adalah risiko gagal bayar pinjaman oleh borrower.
Riwayat Kredit Data aktivitas pinjaman dan pembayaran pinjaman seseorang sejak pertama kali mengajukan dan mendapatkan kredit dari fintech terkait.
Registration Atau Registrasi; pendaftaran pengguna baru ke aplikasi fintech jika ingin melakukan pendanaan atau mengajukan pinjaman dengan fintech terkait.
Saldo Pendanaan Sisa saldo (deposit) milik lender yang tersimpan di akun pendanaan pribadi; bisa digunakan untuk mulai pendanaan baru ataupun bisa ditarik ke rekening bank pribadi.
SNLKI Singkatan dari: Strategi Nasional Literasi Keuangan Inklusif.

SNLKI adalah pedoman yang dikelurkan oleh OJK dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Tenor Jangka waktu kredit yang diajukan, atau lamanya waktu pinjaman hingga masa jatuh tempo.
Top Up Saldo Isi ulang saldo pendanaan.
Unbanked Sebutan untuk kalangan masyarakat yang tidak memiliki akses ke layanan perbankan.
Virtual Account Nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuka oleh Bank atas permintaan perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya (perorangan maupun non perorangan) sebagai No Rekening Tujuan penerimaan (collection).

Setelah mengetahui berbagai istilah yang sering digunakan dalam layanan Fintech P2P Lending, Sobat Pintar tidak perlu kuatir lagi untuk menggunakan layanan dari fintech. Apalagi kalau menggunakan layanan pinjaman cepat maupun pendanaan yang menguntungkan dari Kredit Pintar!

Kredit Pintar sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak April 2018, sehingga keamanan layanannya sudah terjamin.

Kalau Sobat Pintar butuh pinjaman tunai yang cepat dan aman, download aja aplikasi Kredit Pintar di Playstore!

Kalau Sobat Pintar ingin memulai Pendanaan yang menguntungkan, download aplikasi Kredit Pintar for Lender di Playstore atau kunjungi websitenya di kreditpintar.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *