Berbagai Macam Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Berbagai Macam Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Berbagai Macam Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Investasi adalah cara mudah yang menguntungkan untuk menambah penghasilan. Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil adalah yang paling dicari-cari, terutama bagi mereka yang masih pemula dan masih baru mulai berkecimpung dalam dunia investasi. Di awal mulai berinvestasi, para investor pemula biasanya masih meraba-raba cara kerja berbagai model investasi yang tersedia. Hingga mereka menemukan instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan finansial mereka.

Sebagai pilihan, berikut berbagai macam investasi menguntungkan dengan modal kecil yang bisa dimulai oleh para investor baru:

Investasi emas

Sebagai salah satu jenis investasi yang paling lama dikenal orang Indonesia, emas atau logam mulia memang jadi investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Instrumen investasi yang satu ini masih menguntungkan hingga sekarang karena nilainya yang terus meningkat setiap tahunnya. Investasi produk riil yang satu ini juga imun terhadap gerusan inflasi, tak seperti investasi produk keuangan yang masih rentan terhadapnya.

Investasi emas sendiri memiliki beberapa jenis, ada investasi emas perhiasan, investasi emas batangan, emas antam, berkebun emas, hingga tabungan emas. Masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Emas perhiasan misalnya, investasi logam mulia yang satu ini memang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil karena dibandingkan investasi emas batangan. Namun di sisi lain, invetasi emas perhiasan sangat rentan kejahatan dan risiko kehilangannya cukup tinggi walaupun sudah disimpan di tempat aman (baca: dalam lemari).

Investasi tabungan emas yang disediakan Pegadaian bisa jadi alternatif aman untuk investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Memulai tabungan emas di pegadaian jauh lebih aman ketimbang menyimpan emas wujud fisik di rumah sendiri. Modal yang diperlukan untuk memulai tabungan emas terbilang kecil, yaitu dengan Rp 5000 saja tabungan emas bisa dimulai. Sistem kerjanya simpel, yaitu dengan mengkonversi langsung uang yang disetorkan ke dalam besaran nilai emas yang sepadan.

Reksadana

Reksadana sekarang jadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil yang semakin menarik banyak perhatian orang, baik investor pemain lama maupun investor pemula. Sekuritas sebagai penyedia investasi reksadana menawarkan berbagai kelebihan  investasi agar menarik semakin banyak investor untuk memulai berinvestasi dengan reksadana. Kelebihan yang paling menggiurkan adalah keuntungan besar yang bisa didapatkan oleh para investor, yaitu hingga 20% per tahun.

Keuntungan ini terhitung besar, mengingat reksadana bisa dimulai dengan modal kecil, ada yang 100 ribu bahkan ada yang bisa dimulai dengan 10 ribu. Dengan membeli produk reksadana, investor juga sudah difasilitasi dengan skema diversifikasi yang aman. Dana dari para investor yang dihimpun dalam sekuritas reksadana akan dikelola seorang manajer investasi profesional.

Manajer ini yang akan menyebar uang para investor ke dalam berbagai instrumen investasi, sesuai dengan jenis reksadana yang dibeli. Dalam reksadana saham misalnya, dana para investor yang dihimpun akan dibelikan berbagai produk saham demi menurunkan risiko kerugian. Jadi jika satu aset saham turun harga, dana yang investor tidak seluruhnya terganggu.

Dengan adanya manajer investasi dalam reksadana, investor tidak perlu lagi sering-sering memonitor pergerakan pasar seperti dalam investasi saham.

Crowdfunding

Crowdfunding sebagai salah satu model bisnis dari fintech sudah mulai muncul di Indonesia. Awalnya, crowdfunding adalah metode untuk mengumpulkan uang donasi atau mengumpulkan dana untuk mendukung berbagai proyek non-profit. Seiring berkembangnya teknologi, sekarang semakin banyak perusahaan rintisan (start up) yang menghimpun dana dengan metode crowdfunding. Cara kerja skema pendanaan masal ini adalah dengan mengumpulkan dana dari banyak investor yang kemudian digunakan untuk mendanai suatu proyek. Para investor nantinya akan mendapat keuntungan sesuai dengan perjanjian di awal.

Salah satu jenis crowdfunding yang memberi keuntungan lumayan adalah equity crowdfunding. Dalam equity crowdfunding, para investor akan mendapatkan keuntungan berupa porsi saham sesuai dana yang mereka gunakan untuk men-support perusahaan tersebut. Investor juga bisa mendapatkan porsi keuntungan perusahaan yang sesuai dengan besarnya saham yang dimiliki.

Selain equity crowdfunding, ada pula crowdfunding properti yang bisa jadi pilihan jika ingin investasi properti dengan modal kecil. Cara kerjanya, platform investasi crowdfunding properti akan mengumpulkan dana dari beberapa investor untuk dibelikan satu aset properi, bisa berupa apartemen maupun rumah sesuai dengan pilihan investor. Properti yang sudah dibeli nantinya akan dijual oleh platform penyedia layanan crowdfunding dengan harga lebih yang tinggi. Investor bisa mulai crowdfunding model ini dengan modal hanya ratusan ribu saja. Keuntungan yang ditawarkan ada dua macam, yaitu persentase keuntungan sebelum properti terjual (biasanya tidak terlalu besar) dan pembagian laba dari penjualan properti.

P2P Lending

Masih dari sektor industri fintech, pendanaan P2P Lending juga jadi Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Cara kerja pendanaan P2P Lending hampir mirip dengan crowdfunding. Bedanya, kalau dana investor yang terkumpul dalam crowdfunding akan digunakan untuk men-support sebuah proyek atau perusahaan, kalau dalam pendanaan P2P Lending dana yang investor akan dialirkan kepada peminjam yang membutuhkan. Dengan kata lain, ada tiga pihak dalam investasi fintech model ini, yaitu investor (lender), perusahaan P2P Lending dan peminjam (borrower).

Masing-masing perusahaan fintech penyedia layanan P2P Lending menyediakan “cara main” yang berbeda-beda untuk para lendernya. Ada yang memberikan kuasa penuh kepada lender atas dana yang mereka setorkan. Dalam pendanaan P2P Lending model ini, lender harus memilih sendiri calon peminjam yang akan disaluri dana. Ada pula fintech yang menghimpun dana dari semua lender, kemudian akan menyalurkannya kepada borrower dengan riwayat pinjaman berkualitas baik.

Keuntungan yang ditawarkan pun bervariasi dengan modal awal yang terbilang kecil. Selain itu, likuiditas pencairan dana dalam pendanaan P2P juga bisa dipilih sesuai kebutuhan, ada yang menawarkan beragam periode pendanaan ada pula yang menawarkan pendanaan dengan likuiditas tinggi yang bisa ditarik kapan saja. Proses dari mulai registrasi akun hingga proses pendanaan terbilang praktis karena tidak memerlukan banyak dokumen dan bisa dilakukan dengan smartphone saja. Karena kemudahannya ini, pendanaan P2P Lending jadi pilihan Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil untuk investor pemula.

Investasi saham

Sebagai salah satu instrumen investasi yang paling banyak diserbu investor, investasi saham pun masuk dalam kategori Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Bagi yang menyangka investasi saham perlu modal yang besar, sekarang persepsi tersebut bisa mulai ditinggalkan. Pasalnya, harga per lembar saham terbilang murah sesuai dengan kapitalisasi pasarnya.

Saham gorengan, misalnya, bisa didapatkan dengan harga Rp 100 perak per lembarnya. Meski murah, saham gorengan memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saham gorengan biasanya berasal dari emiten baru yang baru saja melantai. Kelebihannya, biasanya harga saham emiten baru akan mengalami peningkatan drastis dalam beberapa hari, bahkan bisa ratusan persen. Meski demikian, volatilitas harga saham gorengan masih belum stabil. Hari ini bisa cuan hingga ratusan persen, besoknya bisa anjlok drastis.

Selain saham gorengan, ada pula saham bluechip. Saham bluechip berasal dari perusahaan besar dengan laba yang sudah stabil. Maka dari itu, saham bluechip biasanya memiliki fluktuasi harga yang relatif stabil yang menandakan risiko saham ini lebih rendah, namun tentunya dengan lebih mahal dari saham gorengan. Saham bluechip biasanya dibeli oleh investor pemain lama dengan tujuan untuk investasi jangka panjang.

Dengan berbagai pilihan investasi menguntungkan dengan modal kecil yang tersedia, para investor pemula bisa belajar berinvestasi sekaligus meraih keuntungan yang bisa digunakan untuk mulai investasi jangka panjang yang lebih menguntungkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *