Cara Menghemat Uang untuk Belanja Bingkisan Lebaran

Cara Menghemat Uang untuk Belanja Bingkisan Lebaran

Mendekati bulan Ramadhan, salah satu barang yang paling diburu masyarakat adalah Bingkisan Lebaran.

Hari raya Lebaran memang erat kaitannya dengan bersilaturahmi. Dan tradisi orang yang bersilaturahmi biasanya membawa bingkisan lebaran untuk teman atau saudara yang dikunjunginya.

Orang-orang lebih cenderung membeli parcel lebaran yang sudah jadi. Alasannya karena membeli bingkisan yang sudah jadi jauh lebih simpel dan praktis. Namun Kamu perlu hati-hati saat membeli!

Selain perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa setiap produk yang ada dalam bingkisan, Kamu juga perlu memilih bingkisan dengan harga yang sesuai. Biasa lah, karena permintaan sedang banyak, harga bisa dipermainkan di pasar.

Nah, agar bisa menghemat pengeluaran untuk belanja bingkisan, Kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

Pakai Voucher Diskon

Biasanya momen lebaran banyak digunakan oleh pedagang, pusat perbelanjaan dan aplikasi e-commerce untuk berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran.

Waktu ini cocok banget kalau Kamu mau berburu produk-produk diskonan untuk melengkapi parcel lebaran.

Untuk mendapatkan diskon ini nggak susah, kok! Sebagian besar penjual dari berbagai platform memberikan diskonnya cuma-cuma untuk para pembelinya. Meski ada juga aplikasi ecommerce yang mewajibkan penggunanya untuk mendaftar sebelum menikmati diskon, namun pendaftarannya mudah juga.

Apalagi potongan harga yang disediakan biasanya nggak tanggung-tanggung! Jadi Kamu bisa belanja sepuasnya tanpa takut bikin boros.

Mulai Belanja Lebih Awal

Semakin dekat dengan lebaran, semakin sulit untuk menghemat uang membeli kebutuhan bingkisan. Bukan hanya karena kebutuhan lebaran semakin banyak, tapi harga barang kebutuhan juga semakin naik.

Takutnya walau ada banyak diskon, setelah belanja untuk keperluan lebaran lain, keperluan bingkisan tidak terbeli karena budget habis.

Belanja kebutuhan bingkisan jauh-jauh hari sebelum lebaran bisa jadi trik untuk menghemat pengeluaranmu saat menjelang lebaran nanti.

Membuat Bingkisan Sendiri

Trik yang satu ini cocok bagi Kamu yang punya keterampilan membuat parcel lebaran sendiri.

Kalau membeli bingkisan yang sudah jadi, harga bingkisan tersebut biasanya sudah ditambah biaya untuk menyusunnya.

Beda dengan membeli produk-produk bingkisan secara terpisah kemudian menyusunnya sendiri dalam bingkisan. Kamu nggak akan dibebankan oleh biaya “tenaga” yang harus dibayarkan.

Selain lebih menghemat pengeluaran, dengan menyusun bingkisan sendiri Kamu bisa membuatnya lebih personal. Misalnya Kamu bisa menyisipkan foto yang memorable bersama orang yang Kamu beri bingkisan, atau sekadar dengan ucapan-ucapan bermakna.

Ikut tabungan bingkisan lebaran

Biasanya banyak nih ibu-ibu yang mengadakan tabungan bingkisan lebaran. Nantinya uang yang ditabung oleh para anggota akan dibelanjakan bingkisan lebaran.

Cara ini akan meringankan beban para ibu yang ingin belanja bingkisan hari raya. Metode “menabung untuk bingkisan” ini akan mewajibkan anggotanya untuk membayar iuran tiap bulan. Nah, uang yang terkumpul tersebut akan dibelanjakan bingkisan lebaran oleh penyelenggara.

Dalam pengadaan tabungan ini biasanya para anggota juga bisa meminjam uang dari penyelenggara, yang uangnya bersumber dari tabungan anggota lain. Jadi mirip sistem koperasi ya?

Yuk, persiapkan parcel lebaran dengan hemat dari sekarang!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi
Ajukan Pinjaman Mudah, Tanpa Install Aplikasi


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of